Tuesday, April 17, 2018

Manfaat Pete Untuk Kesehatan

pete,petai,manfaat pete,khasiat pete
pete - www.healthnote25.com



Pete, atau bisa juga disebut sebagai petai, termasuk dalam suku polong-polongan yang populer digunakan dalam masakan Thailand, Singapura, Malaysia, dan juga Indonesia.


Meskipun pete dapat diolah menjadi makanan yang enak dan disukai banyak orang, tak sedikit pula yang tidak menyukainya karena pete memiliki bau yang khas. Terlepas dari hal tersebut, pete dapat memberikan berbagai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Berikut artikel mengenai manfaat pete untuk kesehatan dan efek sampingnya.


Di Indonesia, pete atau petai ini sangat populer di pulau Sumatera dan Jawa, terutama di kalangan orang Sunda dan Minangkabau. Dalam masakan Sunda, pete biasa dikonsumsi secara mentah yang dihidangkan bersama sambal pete, digoreng, ataupun dipanggang.


Di Jawa dan Sumatera, pete juga dapat ditambahkan ke dalam masakan sayur lodeh, diolah menjadi nasi goreng dengan daging kambing dan ditambah petai, serta diaduk dan dicampur dengan oncom. Dalam masakan Minangkabau sendiri, pete biasa digunakan dan menjadi bagian dari sambal Minang untuk ayam goreng ala Padang.


pete,petai,manfaat pete,khasiat pete
pete - www.healthnote25.com



MANFAAT PETE

Berikut 9 manfaat pete bagi kesehatan :


1. Mencegah dan Mengatasi Depresi

Sesuai dengan studi yang dilakukan oleh MIND pada individu yang mengalamai gangguan depresi, banyak yang merasa jauh lebih baik setelah mengkonsumsi pete. Hal ini dikarenakan pete mengandung triptofan, yaitu sejenis protein yang diubah tubuh menjadi sertonin, yang dapat membuat Anda merasa lebih rileks, meningkatkan mood, dan rasa bahagia .


2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kandungan triptofan pada pete juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan asam amino esensial, seperti pete ini dapat menginduksi tidur, membantu memberikan efek menenangkan, dan juga membantu mengatasi kecemasan yang pada akhirnya dapat membuat Anda memperoleh kualitas tidur yang lebih baik .


3. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Kalium yang juga terkandung dalam pete merupakan salah satu mineral yang penting bagi tubuh Anda. Kalium diperlukan tubuh untuk menjaga cairan dalam tubuh dan menjaga keseimbangan elektrolik. Peningkatan kadar nutrisi ini memungkinkan oksigen untuk mencapai otak, sehingga dapat meningkatkan fungsi kognitif dan merangsang aktivitas saraf .


4. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain dapat meningkatkan fungsi kognitif. Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) juga menyarankan bahwa mineral kalium ini dapat mendorong kesehatan kardiovaskular dan dapat membantu mengurangi tekanan darah .


5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Bagi orang-orang yang mengkonsumsi makanan yang tinggi akan serat memiliki risiko yang lebih rendah terkena sembelit daripada orang-orang yang tidak mendapat asupan serat yang cukup. Pada kasus ini, pete mengandung serat yang dapat membantu Anda dalam mencegah sembelit dan memperoleh pencernaan yang lebih baik .


6. Mencegah Anemia

Pete mengandung zat besi yang cukup tinggi, yang dapat membantu dalam merangsang pembentukan hemoglobin dalam darah. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi pete dapat membantu Anda dalam mencegah anemia .


7. Meredakan Gangguan Menstruasi pada Wanita

Manfaat pete untuk wanita. PMS seringkali dapat membuat seorang wanita mengalami perubahan suasana hati yang tidak menentu. Pada kasus ini, mengkonsumsi pete secara rutin dapat membantu Anda dalam mengontrol suasana hati atau mood, yang berkaitan dengan kandungan triptofannya .


8. Meredakan Rasa Sakit Akibat Gigitan Nyamuk

Tidak hanya bagian buah dan bijinya yang memiliki manfaat, bagian kulit pete juga memiliki kegunaan. Kulit pete dapat digunakan untuk mengurangi dan mengatasi rasa sakit yang diakibatkan karena gigitan nyamuk. Untuk penggunaannya, Anda dapat menggosokkan bagian dalam kulit pete pada bagian yang terkena gigitan nyamuk .


9. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Pete mengandung antioksidan kuat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Kandungan antioksidan ini dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat membantu Anda dalam mencegah terserangnya berbagai macam penyakit .



Peringatan dan Efek Samping Pete


Meskipun pete memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya karena dapat berbahaya bagi organ ginjal. Hal ini dikarenakan pete mengandung asam amino yang cukup tinggi. Selain itu, sebelum menggunakan pete untuk dimasak, pastikan bahwa Anda membagi biji pete menjadi dua bagian untuk memastikan bahwa tidak terdapat ulat di dalamnya




0 Comments: