Thursday, April 26, 2018

Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan


 
manfaat-buah-markisa-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat buah markisa bagi kesehatan - www.healthnote25.com
Buah Markisa mempunyai karakteristik dengan rasanya yang kecut tidak banyak manis. Buah markisa paling nikmat andai dinikmati disaat cuaca panas dengan diperbanyak es batu maka rasanya menjadi paling segar serta dapat meningkatkan semangat tubuh. 


Buah markisa dengan format buahnya bulat didalamnya ada biji yang diselubungi oleh daging buahnya. Tanaman buah markisa ini merambat sampai-sampai dapat disusun sesuai kemauan yang menanamnya dengan diberi lanjaran sebagai lokasi untuk merambat tumbuhan markisa. Tanaman markisa berhabitat pribumi dari wilayah pegunungan yang sejuk, tetapi tumbuhan ini juga dapat ditanam dan berbuah di wilayah dataran rendah.

manfaat-buah-markisa-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat buah markisa bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Buah markisa dengan nama latin “passiflora quadrangularis L.” Mempunyai tidak sedikit manfaat guna kesehatan sebab kandungan nutrisi yang ada di buah markisa. 

Buah markisa di Indonesia ada sejumlah jenis yang dibudidayakan yakni markisa ungu (passiflora edulis var. Edulis), markisa konyal (passiflora lingularis), markisa kuning (passiflora edulis var. Flevicarpa), serta markisa erbis (passiflora quadrangularis). Dalam ulasan kali ini akan diterangkan lebih spesifik tentang guna buah markisa kuning (passiflora edulis var. Flevicarpa).

Kandungan Markisa Kuning

manfaat-buah-markisa-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat buah markisa bagi kesehatan - www.healthnote25.com

Setelah diselenggarakan penelitian invitro di Universitas of Florida ternyata buah markisa kuning berisi zat fitokimia yang dapat membunuh sel kanker. Kandungan zat fitokimia dalam buah markisa kuning yakni diantaranya laksana polifenol, karotenoid, harman, harmol, harmalin, passaflorine, harmine, karotenoid, viteksin, krisin, dan isoviteksin. 

Sementara kandungan gizi didalam buah markisa kuning yakni diantaranya laksana energi, lemak, protein, serat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, tiamin, riboflavin, niasin, asam askorbat serta asam sitrat.

Kandungan guna serta kandungan gizi yang ada didalam buah markisa kuning menjadikan buah ini mempunyai tidak sedikit manfaat guna kesehatan tubuh kita. Beberapa guna buah markisa kuning yaitu inilah ini :

1. Memperlancar dan menyehatkan pencernaan

Buah markisa kaya akan guna serat yang terdapat didalam daging buahnya. Kandungan serat tersebut tergolong serat yang tinggi. Serat bakal menyehatakan serta memperlancar pencernaan. Biji buah markisa juga dapat dimakan sebab berisi serat yang tinggi juga. Dengan rajin mengkonsumsi buah markisa maka pencernaan fasih serta usus menjadi bersih.

2. Mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh

Buah markisa pun berisi guna antioksidan yang paling baik guna tubuh dalam menangkal tumbuhnya sel kanker didalam tubuh. zat antioksidan ini bakal bertugas dalam menghambat perkembangan sel-sel kaner didalam tubuh manusia.

3. Baik guna penderita asma

Bagi penderita asma maka disarankan untuk mengkonsumsi buah markisa, sebab kandungan zat yang ada didalamnya dapat mendinginkan serangan asma. Buah markisa pun mempunyai sifat yang dapat menutup histamin yang menyebabkan fenomena asma.

4. Memiliki efek relaksasi

Kandungan zat yang ada didalam buah markisa ternyata dapat menyerahkan efek tenang dalam benak serta bisa mengendurkan saraf sehingga dapat membuat perasaan kamu menjadi lebih tenang. Karena guna tersebut sampai-sampai buah markisa bisa dijadikan sebagai minuman relaksasi dan disajikan dengan suasana yang dingin.

5. Baik guna penderita insomnia

Jika kamu termasuk orang yang tidak jarang dilanda insomnia, buah markisa bakal membantu kamu dalam menanggulangi insomnia yang melanda anda. Buah markisa mempunyai efek yang dapat menciptakan sistem saraf tenang serta merilekskan benak sehingga bakal menjadikan saraf kamu menjadi gampang mengantuk. 

Anda bisa minum segelas juz markisa sebelum tidur supaya anda dapat terhindar dari fenomena insomnia.

6. Sumber nutrisi yang baik

Buah markisa berisi tidak sedikit zat-zat baik didalamnya sampai-sampai adalahsumber nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh anda. Beberapa kandungan buah markisa laksana vitamin C. 

Satu porsi buah markisa 100 gram (3,5 ons) berisi 30 mg vitamin C. Satu porsi 100 gram buah markisa berisi 1275 IU vitamin A, vitamin A ini paling baik guna kesehatan kulit serta menambah kualitas penglihatan. Buah markisa pun berisi sumber kalium (348 mg dalam 100 gram buah markisa). Itulah kandungan nutrisi baik dalam buah markisa.

7. Mengontrol desakan darah

Buah markisa berisi kalium yang memiliki peran urgen dalam vasodilator. Kalium bakal bekerja mendinginkan pembuulh darah serta dapat menambah aliran darah. Didalam tubuh gerakan antara membran terjadi pada drainase yang ditata oleh kalium.

8. Mengoptimalkan sistem imunitas

Buah markisa berisi guna vitamin C, karoten dan crytoxanthin. Ketiga zat tersebut paling baik dalam mengawal serta mengoptimalkan kekebalan dalam tubuh manusia. Kekebalan tubuh dalam tubuh insan akan menangkal penyakit yang bakal menyerang tubuh serta menolong menyembuhkan penyakit yang telah ada didalam tubuh.


9. Buah yang baik guna diet

Buah markisa adalahsolusi tepat guna orang yang sedang menjalani program diet. Orang yang sedang diet mesti mengkonsumsi buah, khususnya buah markisa supaya dietnya sukses dengan baik dan tetap sehat. 

Buah markisa berisi kalori yang rendah yakni 97 kalori per 100 gram buah markisa. Buah markisa pun rendah bakal sodium dan lemak sehingga paling baik guna diet, selain tersebut buah markisa berisi karbohidrat serta gula alami yang lumayan untuk tubuh sampai-sampai tidak memunculkan gemuk.

Buah markisa akan paling efektif dalam menolong menurunkan kolesterol tubuh, serta kandungan serat tinggi dalam buah markisa akan menyerahkan efek kenyang sampai-sampai tidak bakal membuat kamu menjadi hendak makan terus-menerus.

10. Melawan kanker

Berdasarkan riset yang telah dilaksanakan terbukti bahwa buah markisa berisi zat fitokimia yang dapat menolong melawan sel-sel kanker yang terdapat didalam tubuh manusia. Dari hasil riset tersebut maka ekstrak dari buah markisa dapat menolong menyembuhkan penyakit kanker dengan dijadikan obat kanker.

11. Kaya bakal kandungan zat besi

Ternyata buah markisa adalahbuah yang berisi guna zat besi lumayan tinggi yakni dalam satu cawan buah markisa berisi selama 4 mg zat besi. Zat besi ini paling baik dalam mengisi gizi tubuh untuk mengawal kesehatan tubuh anda.

12. Mengandung folat

Buah markisa berisi guna asam folat yang baik guna kesehatan mental dan otak, serta dapat menangkal terjadinya cacat pada bayi sekitar masih dalam kandungan.

13. Baik guna kesehatan kulit

Kandungan vitamin C serta antioksidan di dalam buah markisa dapat menciptakan kulit menjadi lebih muda serta memicu pertumbuhan sel muda pada kulit wajah sampai-sampai wajah bakal tampak tahan lama muda dan segar alami.

14. Sumber vitamin C

Kandungan vitamin C yang ada didalam buah markisa sangat tidak sedikit sehingga dapat memenuhi keperluan tubuh 50% dari keperluan vitamin C harian. Maka konsumsi buah markisa bakal memenuhi keperluan tubuh bakal vitamin C yang paling baik guna kesehatan tubuh anda.

15. Kaya bakal beta karoten

Kandungan zat beta karoten didalam buah markisa mempunyai guna yang besar untuk kesehatan tubuh diantaranya yakni mendorong pertumbuhan tulang dan gigi, perbaikan jaringan tubuh yang rusak, meminimalisir resiko terpapar penyakit athritis, penyakit parkinson dan depresi.

0 Comments: