Sunday, April 29, 2018

, , , , , , , , , ,

Manfaat Umbi Gadung Bagi Kesehatan



 Umbi gadung ialah salah satu jenis umbi-umbian yang terbagi menjadi dua jenis, yakni jenis umbi beracun dan yang tidak beracun. Ada tidak sedikit jenis varietas, laksana gadung kunyit, sentil dan lainnya. 

Keduanya dapat dikonsumsi insan asalkan teknik pengolahannya baik dan benar. Hal ini dilakukan supaya racun di dalamnya hilang dan aman guna dikonsumsi. Karena racunnya dapat menyebabkan rasa pusing serta muntah andai tidak diubah dengan benar. Gadung mentah sebesar buah apel dapat membunuh lelaki dewasa. Meski beracun ternyata khasiat gadung guna kesehatan insan sangat banyak.


manfaat-umbi-gadung-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat umbi gadung bagi kesehatan - www.healthnote25.com



Pohon umbi gadung tumbuh merambat dan melilit pada pohon didekatnya. Umbiini dapat ditemukan di hutan dan dikebun. Meski berisi racun yang membahayakan namun ia pun memiliki sejumlah khasiat yang baik untuk kesehatan. 

Umbi ini mempunyai kandungan alkaloid dioskorina, zat pati, furanoid norditerpena, dan tannin. Oleh karena itu, walau dikenal beracun namun kuga berkhasiat guna kesehatan tubuh manusia. Berikut ialah beberapa guna dan khasiat gadung yang baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya :

1. Sumber Bahan Makanan Pokok

Umbi gadung dapat dijadikan sebagai di antara sumber makanan pokok dan makanan pengganti nasi. Meski eracun, namun racunnya dapat di netralisir dengan teknik pengolahan yang baik dan benar. Setelah itu, Anda dapat menikmatinya sebagai pengganti nasi ataupun camilan yang gurih, nikmat, dan lezat.


2. Sebagai Tambahan Energi dan Kalori

Anda bakal mendapatkan ekstra energi yang besar melulu dengan mengonsumsi umbi gadung. Karena mempunyai kandungan kalori yang paling tinggi. Kandungan berikut yang membuatnya sebagai sumber energi. Di samping itu, kandungan kalorinya memiliki keserupaan dengan umbi-umbi lainnya, laksana singkong, talas dan kentang.

3. Sebagai Insektisida dan Pestisida

Selain guna bahan makanan, umbi gadung juga berfungsi untuk pertanian. Karena sifat alaminya yang beracun, menjadikan umbi ini menjadi di antara bahan baku penciptaan insektisida dan pestisida. 

Dengan memanfaatkan racun pada umbi ini, maka hama di kebun dapat dibasmi dengan mudah. Sehingga tumbuhan akan aman dari serangan dan gangguan hama.

4. Menyembuhkan Rematik

Di samping beracun umbi gadung juga berfungsi untuk menyembuhkan rematik. Rematik ialah sejenis penyakit generative yang hadir seiring meningkatnya usia. Mengonsumsi umbi ini dapat mencegah terjadinya gejala-gejala dari penyakit encok yang tidak jarang muncul.


5. Menyembuhkan Kejang Pada Perut

Meski umbi gadung beracun namun umbi ini baik guna kesehatan, khususnya lambung. Umbi ini dapat membantu menangkal dan bakal menyembuhkan fenomena kejang otot di unsur perut. kejang-kejang pada otot perut dapat menyebabkan perut menjadi sakit yang menyiksa, serta dapat mengganggu kelancaran proses pencernaan dalam tubuh.

6. Sebagai Racun Pada Mata Kail

Racun pada umbi gadung tidak jarang dimanfaatkan guna memancing. Di samping memancing pun dioleskan pada anak panah guna perburuan hewan liar. Dengan menggunakan racun dari umbi satu ini, maka hewan-hewan bakal dilumpuhkan dan gampang untuk ditangkap.

7. Menyembuhkan Penyakit Kusta

Penyakit kusta adalahpenyakit kulit yang mengerikan. Akan namun tidak butuh dikawatirkan karena fenomena dari penyakit ini dapat disembuhkan atau diminimalisir dengan memanfaatkan umbi gadung.

8. Mengurangi Kemungkinan Penyakit Jantung

Umbi gadung memiliki sifat alami yang dapat mengontrol dan membantu untuk menurunkan kandungan kolesterol di dalam darah. Hal berikut yang dominan pada kesehatan jantung dan aman guna dikonsumsi untuk mereka yang mempunyai kandungan kolesterol tinggi.

0 Post a Comment:

Follow by Email