Thursday, April 26, 2018

Es krim



 Es krim ialah sebuah makanan beku diciptakan dari produk susu laksana krim (atau sejenisnya), digabungkan dengan perasa dan pemanis. Campuran ini didinginkan dengan mengaduk sambil meminimalisir suhunya untuk menangkal pembentukan kristal es besar. 

Tradisionalnya, suhu dikurangi dengan menaruh gabungan es krim ke suatu wadah dimasukkan ke dalam gabungan es pecah dan garam. Garam menciptakan air cair bisa berada di bawah titik beku air murni, menciptakan wadah itu mendapat sentuhan merata dengan air dan es tersebut.

es-krim,www.healthnote25.com
es krim - www.healthnote25.com


Meskipun istilah es krim sering dipakai untuk menunjuk ke "dessert" beku dan makanan ringan, namun sebenarnya dipakai unuk menunjuk ke "dessert" beku dan makanan enteng yang terdiri dari lemak susu. Banyak negara, tergolong Amerika Serikat, memberi batas pemakaian istilah itu menurut kuantitas dari bahan dasar makanan tersebut.

Es krim canggih komersial tercipta dari gabungan bahan di bawah ini:

  • 10-16% lemak susu
  • 9-12% milk solids-not-fat: komponen ini, pun dikenal dengan serum solids, berisi protein (casein dan whey protein) dan karbohidrat (laktosa) ditemukan dalam susu
  • 12-16% pemanis: seringkali kombinasi dari sukrosa dan/atau pemanis sirup corn menurut-glukosa
  • 0.2-0.5% stabilizer dan emulsifiers e.g., supaya atau carrageenan diambili dari rumput laut
  • 55%-64% air yang berasal dari susu padat atau bahan lainnya
es-krim,www.healthnote25.com
es krim - www.healthnote25.com



Resep dan teknik membuat es krim susu yang sangat mudah ialah sebagai berikut. Susu kental manis dua sachet, gula pasir cocok selera, tiga sachet es blender beraroma (pop ice) atau semacamnya, susu coklat atau bubuk coklat, boleh ditambahkan tidak banyak garam, santan matang atau santan instan. 

Campurkan seluruh bahan dengan air hangat dua gelas (sekitar separuh atau sepertiga liter) dalam wadah plastik, aduk rata, simpan dalam freezer. Setelah sejumlah jam, gabungan akan menjadi beku, blender sampai lembut tetapi tidak boleh menjadi cair, sajikan es krim dalam mangkok, gelas atau cocok selera kita. 

Bagi memngambil es krim yang sudah beku guna diblender, letakkan wadah plastik es krim beku dalam wadah semacam baskom kemudian tuangkan air panas disekitarnya. Setelah sejumlah saat, es krim beku dapat diambil, lantas diblender.

0 Comments: