Wednesday, April 25, 2018

Manfaat Buah Pala Bagi Kesehatan


manfaat-buah-pala-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat buah pala bagi kesehatan - www.healthnote25.com


 Pala adalah tumbuhan pribumi Kepulauan Banda, Indonesia. Sampai pertengahan abad ke-19, kumpulan pulau kecil di Kepulauan Banda, yang pun dikenal dengan nama “Spice Islands,” ialah satu-satunya tempat produksi pala di dunia. Pala diketahui sudah menjadi rempah-rempah yang berharga dan mahal pada abad pertengahan. Berikut tulisan mengenai guna buah pala guna kesehatan.

Asal Usul Buah Pala

Menjelang peralihan abad ke-7, sesudah dari Arab pala diperkenalkan ke Eropa melewati Venesia. Pada akhir 1400-an saat Portugis berkeliling ke Tanjung Harapan di Afrika, mereka mengejar Kepulauan Banda dan memungut kontrol atas perniagaan rempah-rempah. Kemudian sesudah Belanda melancarkan perang, Belanda telah mengerjakan perbudakan atas warga Kepulauan Banda guna mendapatkan kekuasaan perdagangan rempah-rempah.

manfaat-buah-pala-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat buah pala bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Orang Prancis, Pierre Poivre, menyelundupkan bibit pala dan menanamnya di Mauritius dan menyelesaikan monopoli Belanda. Kemudian di Pulau Run (bagian Kepulauan Banda), Inggris dan Belanda berebut guna menguasai pulau dan memonopoli pala. Inggris akhirnya sukses menaklukkan Pulau Run, yang sekarang disebut sebagai Pulau Pala.

British East Company telah mengenalkan pala ke Penang, Singapura, India, Sri Lanka dan Hindia Barat. Kemudian, mereka menyebar budidaya pala ke pulau-pulau beda di India Timur dan Karibia. 

Kini, produsen utama serta eksportir pala ialah Indonesia dan Grenada dibuntuti oleh India, Malaysia, Papua Nugini, Sri Lanka dan Kepulauan Karibia. Pala adalahrempah-rempah populer yang memiliki susunan panjang guna kesehatan. Berikut ini guna buah pala untuk kesehatan.

manfaat-buah-pala-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat buah pala bagi kesehatan - www.healthnote25.com



MANFAAT BUAH PALA

Berikut 9 guna pala guna kesehatan.

1. MENGURANGI RASA SAKIT

Salah satu komponen pala ialah senyawa serupa dengan mentol, yang memiliki ciri khas penghilang rasa sakit alami. Oleh sebab itu, dengan menambahkan pala sebagai bumbu masakan Anda, kita dapat meminimalisir rasa sakit yang berhubungan dari luka, cedera, strain, dan peradangan kronis dari situasi seperti arthritis.

2. KESEHATAN PENCERNAAN

Ketika kita menggiling biji pala menjadi bubuk akan menjaga kandungan serat yang bisa menstimulasi proses pencernaan dengan menambah gerakan peristaltik pada otot polos usus. Selain tersebut juga menginduksi sekresi lambung dan usus yang memudahkan proses pencernaan.

3. KESEHATAN OTAK

Pala berisi miristisin dan macelignan yang sudah terbukti dapat meminimalisir degradasi jalur saraf dan faedah kognitif yang lazimnya menimpa orang dengan demensia atau penyakit Alzheimer. Penelitian telah mengindikasikan miristisin dan macelignan bisa menjaga faedah otak Anda.

4. KESEHATAN GINJAL DAN HATI

Pala dapat beraksi sebagai tonik yang menambah kesehatan tubuh secara keseluruhan, terutama hati dan ginjal dimana tidak sedikit racun yang disimpan. Selanjutnya, bahan aktif dalam pala pun membantu melarutkan batu ginjal, meningkatkan faedah ginjal dan hati secara keseluruhan.

5. KESEHATAN MULUT

Dalam software medis tradisional, pala dirasakan sebagai raja rempah-rempah. Komponen antibakteri aktif pada pala dapat menolong melawan situasi seperti halitosis (bau mulut), membunuh bakteri, menambah kekebalan gusi dan gigi. Inilah sebabnya kenapa pala seringkali ditemukan dalam pasta gigi dan obat kumur, khususnya dalam varietas organik atau herbal.

6. MENGATASI INSOMNIA

Pala sudah direkomendasikan sebagai obat rumahan guna gangguan susah tidur dan insomnia. Pala mempunyai kandungan magnesium, mineral urgen dalam tubuh yang meminimalisir ketegangan saraf, dan bahkan memicu pelepasan serotonin yang membuat perasaan relaksasi atau sedasi.

Serotonin ini diolah menjadi melatonin di otak, yang adalahinducer tidur, menghilangkan orang dari masalah insomnia dan kecemasan di malam hari. Pala pun mempunyai elemen narkotika, yang tidak mempunyai efek mengharukan kecuali dikonsumsi dalam jumlah besar.

7. MEMBANTU DALAM MENGOBATI KANKER

Penelitian telah mengindikasikan bahwa senyawa metanol tertentu dalam pala dan minyak esensial bisa menginduksi kematian sel (apoptosis) pada sel leukemia, sampai-sampai menghentikan penyebaran dan metastasis sekian banyak  kanker yang lazimnya menimpa anak-anak.

8. MENJAGA TEKANAN DAN SIRKULASI DARAH

Kandungan mineral pala paling berharga guna menjaga faedah organ. Kalium ialah vasodilator, yang merenggangkan pembuluh darah, sehingga meminimalisir tekanan darah dan menurunkan desakan pada sistem kardiovaskular. Di samping itu, memfasilitasi penyerapan nutrisi dari makanan, menciptakan pencernaan dengan proses tepat guna dan cepat.

Kalsium ditemukan di pala dapat menambah kesehatan tulang kita dengan menyerahkan kontribusi guna perbaikan dan perkembangan dan menghilangkan fenomena osteoporosis. Sedangkan kandungan besi dalam pala dapat menambah jumlah sel darah merah dan mengurangi fenomena anemia.

9. KESEHATAN KULIT

Pala sering dipakai sebagai pasta yang digabungkan  dengan air, atau madu yang paling ideal guna perawatan kulit. Hal ini dapat meminimalisir peradangan dan iritasi pada kulit, mendorong hidrasi, menghaluskan kulit, serta untuk meminimalisir tanda bisul atau jerawat.

0 Comments: