Sunday, April 29, 2018

, , , , , , , , ,

Manfaat Ganyong Bagi Kesehatan


Tanaman ganyong dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional guna menyembuhkan sejumlah penyakit. Tanaman ini dapat tumbuh binal di ladang maupun dikebun yang mempunyai tanah lembab dan sejuk. Di samping itu, tumbuhan umbi ini pun sering dijadikan sebagai dekorasi taman, sebab mempunyai bunga yang indah.

manfaat-ganyong-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat ganyong bagi kesehatan - www.healthnote25.com


gambar

Umbi ini tergolong dalam tanaman berbatang basah dan mempunyai sifat bergerombol dan menahun. Umbi ini berwarna kemerahan dan beruas. Saat ini tidak tidak sedikit yang membudidayakan tumbuhan tersebut. Khasiat ganyong belum tidak sedikit yang diketahui oleh mayoritas masyarakat Indonesia.


Karena untuk mereka yang bermukim di perkotaan akan paling sulit guna mendapatkannya. Tetapi untuk mereka yang bermukim di pedesaan, umbi ini dapat dijadikan sebagai sumber pilihan saat paceklik. Pada ketika bahan makanan pokok merasakan kenaikan, umbi ini dapat menjadi di antara pilihan sebab harganya lumayan murah dan bergizi.

Cara pengolahannya pun masih sederhana, yakni melulu direbus atau dipungut sari patinya saja. Padahal umbi ini termasuk di antara bahan makanan non beras yang bergizi tinggi, khususnya kandungan fosfor, karbohidrat, dan kalsium. Didalam pati umbi ini mempunyai kandungan 18% air dan 80% karbohidrat.

Kadar pati yang tinggi ini dimanfaatkan guna bahan baku industri, laksana alkohol dan sirup glukosa. Berikut ini ialah beberapa guna dan khasiat ganyong yang baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya :

1. Baik Untuk Tulang

Kalsium yang terdapat di dalam umbi ganyong sangat bermanfaat untuk membetulkan dan membina tulang. Kandungan kalsiumnya paling tinggi, yaitu 21,00 gram guna 100 gramnya. Di samping itu, tekstur patinya pun sangat gampang untuk dicerna, dan tentunya sangat baik guna kesehatan usus dan pencernaan.

2. Bisa Mengatasi Gizi Buruk

Kandungan nutrisi pada umbi ganyong dapat membantu menanggulangi masalah gizi buruk pada balita. Di samping itu dapat mencukupi keperluan nutrisi yang kurang dampak susah makan.

3. Mengobati Radang Lambung

Untuk mengobati radang lambung, Anda dapat meramunya dengan mencampurkan sejumlah bahan laksana temulawak, sambiloto, dan air. Semuanya direbus dan disaring, minum selagi hangat.

4. Menghentikan Mimisan

Anda dapat menggunakan umbi yang telah dihancurkan dan direndam setelah tersebut dilembutkan dengan air. Ramuan tersebut dapat menghentikan dan menghilangkan mimisan.


5. Sebagai Makanan Diet

Pada ketika diet tubuh diwajibkan menghindari makanan yang berkarbohidrat tinggi. Pati ganyong dapat dijadikan pilihan pengganti beras yang rendah gula. Di samping itu, kandungan karbohidrat di dalamnya pun tidak akan menciptakan gemuk dan dapat memberikan efek kenyang sekitar 24 jam.

6. Mengobati Diare

Kandungan nutrisi pada umbi ganyong dapat di pakai untuk menghentikan dan menangkal diare. Karena umbi ini berisi serat yang tinggi.

7. Mengobati Panas Dalam

Umbi ini dan rimpang temu lawak dapat dijadikan obat ampuh guna menyembuhkan panas dalam. Anda dapat merebusnya hingga mendidih dan diminum selagi hangat.

8. Diolah Menjadi Aneka Camilan

Anda dapat meningkatkan kreatifitas dalam mengubah umbi ganyong menjadi pati. Setelah itu, mengolahnya menjadi ragam makanan dan camilan yang nikmat.

9. Bahan Makanan Bayi

Tepung ganyong yang bertekstur lembut dapat digunakan untuk ekstra pada bubur bayi. Karena bayi memerlukan makanan yang lembut dan bernutrisi guna tumbuh kembangnya. 

Di samping itu, berisi karbohidrat yang lumayan dan kaya nutrisi lainnya. Anda dapat menambahkan sekian banyak  bahan yang bergizi tinggi laksana makanan sumber protein. Bagi pelengkap dapat ditambahkan susu bubuk bayi serta tambahan tidak banyak garam dan gula.

10. Sebagai Obat Tradisional

Di Indonesia tidak sedikit sekali tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional. umbi ganyong salah satunya, sebab mempunyai kandungan nutrisi dan zat penting yang dapat mengobati sekian banyak  macam penyakit.

0 Post a Comment:

Follow by Email