Thursday, April 26, 2018

Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan



manfaat-kacang-tanah-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat kacang tanah bagi kesehatan - www.healthnote25.com


 Manfaat kacang tanah menjadi di antara kacang-kacangan yang populer di Indonesia. Olahan kacang tanah tidak sedikit kita temui dalam format yang direbus atau digoreng. Dalam kuliner Indonesia, olahan kacang tanah pada gado-gado sangat disukai turis mancanegara. 

Kacang tanah dijadikan laksana saus pada salad yang mencampur sekian banyak  jenis sayuran. Tentu saja tidak sedikit khasiat yang sekaligus anda dapatkan dari sayuran tersebut, seperti guna kacang panjang, guna kentang, dan guna ketimun. Kacang tanah sendiri menyimpan kandungan dan guna yang baik untuk tubuh, yang bakal kita kupas dalam tulisan ini.

manfaat-kacang-tanah-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat kacang tanah bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Kandungan Gizi Kacang Tanah

Kacang-kacang pada lazimnya menyimpan nutrisi urgen dan lengkap untuk tubuh. Kacang tanah adalahsalah satu yang mempunyai gizi terbaik pada kumpulan kacang-kacangan. Nutrisi pada guna kacang tanah ini dipercayai sebanding dengan guna kacang kedelai (soya). 

Satu cawan kacang mentah berisi selama ((healthyeating.sfgate.com, Health Benefits of Raw Peanuts, diakses 26 November 2014)) :

  • 828 kalori (8% dari keperluan harian)
  • 72 gram lemak (110% dari keperluan harian)
  • 37 gram protein (73% protein dari keperluan harian)
  • 24 gram karbohidrat (8% dari keperluan harian)
  • 12 gram serat (19% dari keperluan harian)
  • 10 gram lemak bosan (50% dari keperluan harian)


Lemak

Kacang mentah berisi lemak, namun melulu 19 persen lemak jenuh, sedangkan 81 persen lainnya berasal dari lemak tak bosan tunggal dan tak bosan ganda. Lemak bosan meningkatkan kadar kolesterol dan berkontribusi terhadap diabetes 2 dan penyakit arteri, namun lemak tak bosan bekerja secara terbalik, malah menurunkan kolesterol dan meminimalisir risiko diabetes tipe 2 dan penyakit arteri koroner.

manfaat-kacang-tanah-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat kacang tanah bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Mineral

Secangkir kacang tanah mentah, berisi 58% magnesium, 44% fosfor, 43% seng, 37% zat besi, 22% kalium dan 10% kalsium. Mineral ini menolong ulang dan kesehatan gigi, kontraksi otot, pembekuan darah, metabolisme dan faedah kekebalan tubuh. Mereka pun mengurangi risiko kanker tertentu, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Vitamin

1 porsi kacang tanah mentah memasok 110% dari asupan makanan referensi guna niacin, 88 persen guna folat, 81 persen guna vitamin E, 78 persen guna tiamin, 30 persen guna vitamin B-6 dan 15 persen guna riboflavin. 

Vitamin ini membantu mengayomi tingkat vitamin A dan C dalam tubuh, menata nafsu makan, mengawal pencernaan yang sehat dan metabolisme dan menolong kulit, matadan kesehatan neurologis. Folat menurunkan risiko penyakit jantung dan menolong mencegah cacat bermunculan tulang belakang dan saraf.

Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan

Manfaat kacang untuk kesehatan tidak sedikit didapatkan dalam sekian banyak  cara. Memakan paling tidak dua sendok santap selai kacang masing-masing minggu guna menjaga sekian banyak  penyakit riskan pergi dan mengawal kesehatan. 

Berikut ini sejumlah manfaat kacang tanah guna kesehatan ((stylecraze.com, 29 Amazing Benefits Of Peanuts For Skin, Hair And Health, diakses 26 November 2014)) :

1. Baik untuk ibu hamil

manfaat-kacang-tanah-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat kacang tanah bagi kesehatan - www.healthnote25.com

Asam folat pada kacang-kacangan butuh dikonsumsi untuk wanita hamil, lagipula diawal-awal kehamilan. Kandungan tersebut, menyerahkan pencegahan terhadap bayi bermunculan dalam situasi cacat. 

Bagi perempuan hamil mengkonsumsi sekian banyak  jenis kacang-kacangan, dibutuhkan juga untuk pertumbuhan bayi laksana kandungan pada guna kacang merah dan guna kacang hijau.

2. Mengurangi rasa depresi

Pada guna kacang tanah pun ada kandungan asam amino esensial dengan kandungan tryptophan yang dapat memicu sorotonin mengendalikan mood tetap baik. Efek tryptophan menjadi anti depressant dan bila digabungkan  dengan guna coklat, bakal menjadi kolaborasi yang bisa memberi perasaan yang tenang dan menyenangkan.

3. Batu Empedu

Setiap satu ons kacang tanah atau dua sendok santap selai kacang masing-masing minggu bisa menurunkan resiko dari batu empedu atau penyakit kandung empedu sampai 25%.

4. Kanker Usus Besar

Kacang dapat mengurangi resiko kanker usus khususnya pada wanita. Makan minimal 2 sendok selai kacang dua kali seminggu dapat meminimalisir risiko kanker usus besar pada wanita sampai 58% dan pada pria sampai 27%.

5. Menjaga Berat Badan
manfaat-kacang-tanah-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat kacang tanah bagi kesehatan - www.healthnote25.com

Wanita yang santap kacang atau selai kacang minimal dua kali seminggu ingin rentan terhadap obesitas daripada mereka yang tidak. Memakan selai kacang masing-masing pagi dengan irisan roti, bakal memberikan peluang untuk lebih tidak banyak mengalami eskalasi berat badan.

6. Mencegah Penyakit Jantung

manfaat-kacang-tanah-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat kacang tanah bagi kesehatan - www.healthnote25.com

Konsumsi kacang tanah secara tertata dan dalam jumlah yang dianjurkan, sangat menolong menjaga kesehatan jantung. Pada kacang tanah ada asam oleat yang baik untuk jantung, yang menurunkan resiko kardiovaskuler yang menjadikan terjadinya penyakit jantung koroner. Optimalkan dengan tidak menggoreng kacangnya, sajikan dengan direbus atau dikukus.

Manfaat Kacang Tanah Untuk Kecantikan

Di samping memuaskan rasa lapar, konsumsi kacang pun membuat kulit halus, lembut dan terlihat lebih muda. Beberapa guna dari kacang guna kulit antara lain:

Asam lemak yang terdapat dalam kacang dapat meminimalisir pembengkakan dan kemerahan kulit. Kacang berisi Vitamin E, seng dan magnesium, yang mengawal kulit bercahaya dari dalam dan mengurangi bakteri yang mengakibatkan jerawat. 

Kandungan protein dalam kacang pun membantu regenerasi sel.
Kacang tanah berisi sebanyak asam lemak yang dipercayai penting guna sel-sel saraf otak. Sel benak ini akan menolong mengontorl stres dan evolusi suasana hati, guna mencegah sekian banyak  gangguan kulit laksana keriput, garis halus dan kusam.


Serat dalam kacang-kacangan sangat urgen untuk menerbitkan racun. Racun dalam tubuh mengakibatkan kulit yang kusam dan minyak berlebih. Makan kacang secara teratur menolong membuang keunggulan racun pada tubuh untuk menciptakan kulit yang sehat.


Kacang berisi sekian banyak  nutrisi yang berfungsi untuk mengawal kesehatan rambut. Kacang tanah mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi, guna memperkuat folikel kesehatan kulit kepala dan menambah pertumbuhan rambut.

manfaat-kacang-tanah-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat kacang tanah bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Kacang adalah sumber arginin, yakni asam amino yang sangat menolong untuk mengobati kebotakan pada lelaki dan mendorong perkembangan rambut sehat. Zat ini pun menyehatkan dinding untuk menambah aliran darah. Aliran darah yang fasih ke semua tubuh pun penting guna mendapatkan rambut yang sehat dan kuat.

Meskipun asupan kacang tanah ini memang dianjurkan, tetapi usahakan tidak dilaksanakan dengan berlebihan. Mengkonsumsi sekian banyak  variasi makanan, jauh lebih baik guna mendapatkan guna sayur sayuran dan guna buah buahan yang seimbang.

0 Comments: