Thursday, May 3, 2018

Manfaat Bawang Lokio Bagi Kesehatan

manfaat-bawang-lokio-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat bawang lokio bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Lokio mempunyai nama ilmiah Allium schoenoprasum. Lokio memiliki format yang nyaris sama laksana bawang, tetapi mempunyai tangkai yang lebih panjang dan kecil dengan warna yang ingin putih. 

Karena memiliki format yang serupa dengan kucai, terkadang lokio pun disebut dengan kucai muda. Lokio dikenal pun sebagai bawang Batak karena tidak sedikit ditemukan pada masakan-masakan khas Batak.

Meskipun memiliki format yang kecil, lokio memiliki tidak sedikit sekali guna untuk menunjang kesehatan kita. Lokio adalahsalah satu bahan ramuan herbal pribumi di Eropa, Amerika Utara dan beberapa Asia. Namun kini pemakaiannya telah mulai meluas di semua dunia, sebab sering dipakai sebagai bahan ekstra dalam kuliner tertentu.

Umumnya lokio dipakai dalam sekian banyak  jenis masakan, laksana sup, saus, untuk meminimalisir bau amis dari ikan, sekian banyak  masakan ala Meksiko, sekian banyak  hidangan dari kentang dan sekian banyak  jenis makanan lainnya.

Lokio mempunyai rasa yang enteng dan tidak terlampau menyengat bila ditambahkan dalam masakan. Sama laksana bawang, lokio pun memiliki tidak sedikit manfaat dalam bidang kesehatan, meliputi:



1. Mencegah masalah pada system pencernaan

Lokio memiliki sekian banyak  senyawa yang menarik yang mempunyai sifat sama laksana bawang. Mengkonsumsi lokio dapat meringankan sekian banyak  masalah pada system pencernaan. 

Di samping itu, lokio pun mempunyai sifat antibakteri alami yang dapat melawan sekian banyak  bakteri, terutama keluarga salmonella, yang dapat menyebabkan gangguan pada system pencernaan. Dengan begini, maka usus anda akan lebih sehat dan bisa bekerja dengan maksimal.



2. Mencegah kanker

Semua anggota family Allium berisi senyawa quercetin yang dapat mencegah sejumlah jenis penyakit kanker. Dalam sekian banyak  penelitian telah mengindikasikan bahwa quercetin dapat mencegah sekian banyak  macam jenis kanker, laksana kanker prostat, kanker payudara, kanker usus, kanker paru-paru serta kanker ovarium. 

Selain tersebut kandungan vitamin C dan vitamin K dalam lokio pun akan ikut menolong dalam mencegah sekian banyak  jenis kanker, dengan teknik menurunkan kadar radikal bebas dalam tubuh kita. 

Radikal bebas dalam tubuh kita, dapat mempercepat penyebaran maupun memeprcepat perkembangan sel kanker. Lokio pun berisi zeaxanthin serta lutein yang mempunyai sifat antioksidan pun mampu menangkal terjadinya kanker mulut.



3. Menjaga kesehatan jantung

Lokio berisi senyawa allicin yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh, sampai-sampai organ jantung anda akan tetap dalam situasi sehat. Allicin pun mampu menurunkan desakan darah, terlebih lagi dengan adanya kandungan kalium dalam lokio. 


Sehingga allicin dan kalium akan berkolaborasi dalam meminimalisir ketegangan kardiovaskular. Adanya kandungan quercetin dalam lokio pun ikut menurunkan kadar kolesterol dan meminimalisir timbunan plak dalam arteri, sampai-sampai kita bakal terhindar dari atherosclerosis dan menurunkan resiko terserang stroke maupun serangan jantung.



4. Mencegah terjadinya cacat lahir

Lokio pun berisi nutrisi lainnya yang tidak kalah penting, yakni asam folat. Asam folat sangat urgen sekali dengan kata lain bagi ibu-ibu yang sedang hamil. Asam folat bakal meyakinkan pertumbuhan janin. Asam folat dapat mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir.



5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Lokio pun berisi vitamin C yang lumayan tinggi, yang nantinya akan menolong meningkatkan system kekebalan tubuh kita. Semakin bertambahnya system kekebalan tubuh akan menciptakan tubuh anda semakin tidak sedikit memproduksi sel darah putih serta ikut memicu produksi kolagen. Kolagen sangat dibutuhkan untuk menciptakan pembuluh darah, jaringan, sel serta otot yang baru dalam tubuh kita.



6. Menjaga kesehatan mata

Zaexanthin serta lutein adalahantioksidan yang berbasis karoten. Dua senyawa tersebut nantinya bakal ikut bertanggung jawab dalam mengawal kesehatan mata serta meminimalisir ketegangan pada system mata. 

Nantinya urusan ini akan menangkal munculnya katarak pada mata. Dua senyawa tersebut pun mampu menangkal atau memperlambat terjadinya degenerasi macula, sehingga menciptakan mata kamu akan tetap sehat hingga tua.


7. Menjaga kesehatan tulang

Tanpa anda sadari, lokio kaya bakal kandungan vitamin K. Vitamin K bakal ikut mengawal kepadatan tulang serta mengawal kesehatan tulang secara menyeluruh. Ketika umur kita semakin bertambah, maka kepadatan tulang dalam tubuh pun ikut menurun. 

Hal berikut yang mengakibatkan munculnya osteoporosis serta bakal memperburuk peradangan yang diakibatkan oleh arthritis. Vitamin K dalam tubuh nantinya akan diolah menjadi osteocalcin, yang adalahkomponen sangat penting dalam mengawal kepadatan mineral di dalam tulang.


8. Detoksifikasi alami

Lokio mempunyai sifat diuretik alami yang ringan. Dengan adanya sifat diuretic dalam lokio, maka sekian banyak  jenis racun, air, garam bahkan lemak yang berlebihan dalam tubuh sekalipun pun akan ikut terbuang. 

Dengan begitu, maka sekian banyak  system organ dalam tubuh anda akan menjadi lebih bersih dan dapat bekerja dengan optimal. System organ yang bekerja dengan optimal akan menciptakan tubuh anda semakin sehat.

Jarang sekali ada permasalahan alergi terhadap lokio. Namun memakai lokio dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan timbulnya rasa tidak nyaman pada unsur perut. Hal laksana itu seringkali disebabkan oleh senyawa organic yang terlampau kuat.

Bila kamu memang mengidap alergi terhadap bawang dan family bawang lainnya, tergolong lokio, maka usahakan konsultasikan terlebih dahulu pada dokter berpengalaman sebelum memakai lokio untuk mengawal kesehatan anda.

0 Comments: