Monday, May 7, 2018

Manfaat Buah Kelubi Bagi Kesehatan



manfaat-buah-kelubi-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat buah kelubi bagi kesehatan - www.healthnote25.com


 Buah kelubi memiliki tidak sedikit nama diantaranya asam kelubi,asam paya atau salak hutan adalahdiantaranya.sejenis tanaman ini termasuk dalam family pokok palma yang ada di Asia Tenggara.

Tumbuhan mempunyai nama ilmiah Eleiodoxa conferta.Pokok buah kelubi ini nyaris sama rupanya dengan pokok buah nipah namun lebih kecil.Tumbuh di area hutan.Dengan rasa buah yang paling masam.


Buah kelubi tidak sedikit atau tidak jarang dijumpai di propinsi sumatra,Lebih tepat nya di wilayah bangka,riau,jambi dan lampung.Warga-warga disana biasa mengunakan buah kelubi sebagai pengganti asam atau jeruk yang sering dipakai dalam bahan masakan.

Tanaman ini serupa seperti buah salak,bahkan pohon dan format buah nya serupa sekali,Perbedaan melulu terletak pada ukuran buah nya serta warna dari isi buah.Ukuran buah kelubi kisaran 4 -5 cm saja lebih kecil dari buah salak.




Buah kelubi mempunyai rasa yang berpengaruh asam,Jauh dari rasa buah salak yang banyak sekali manis.Rasa asam buah kelubi terbilang segar sampai-sampai buah ini tidak sedikit diolah menjadi makanan yang enak.Seperti asinan buah kelubi di antara oleh-oleh khas dari bangka.


khasiat buah kelubi :

Rasa asam yang menyegarkan lidah pada buah kelubi menjadi satu dalil mengapa buah ini tidak sedikit disukai kaum wanita,Rasa asam yang dimunculkan membuat mata melek andai dimakan secara langsung atau dikumpulkan sebagai bumbu rujak dan olahan asinan.

Sejak zaman dahulu buah kelubi telah dikonsumsi secara langsung begitu dipanen dari pohon nya.Belum ada riset yang menyatakan dengan rinci akan bagian nutrisi serta vitamin yang terdapat di dalam buah kelubi yang satu ini.

Akan namun menurut keterangan dari pernyataan dosen-dosen pertanian di wilayah bangka,lampung dan jambi.Buah kelubi ini mempunyai rasa asam yang kuat.Di balik rasa asam buah kelubi seringkali terkandung vitamin C yang tinggi.dan identik dengan kandungan asam askorbat.

Yang mana anda ketahui bareng vitamin C mempunyai peran dan guna yang baik guna tubuh,Salah satunya sebagai antioksidan alami.Antioksidan yang didapatkan dari vitamin C berfungsi untuk mengawal daya tahan tubuh,menangkal radikal bebas,mencegah perkembangan sel kanker sampai menjaga kesehatan kulit tubuh.

Jadi benang merah nya,Buah kelubi di samping enak dimakan dan diubah menjadi sekian banyak  makanan laksana asinan dan manisan serta gabungan masakan dan sambal,juga kaya kandungan vitamin C yang mana berfungsi untuk kesehatan tubuh.

Maka tidak salah andai buah kelubi menjadi di antara buahan khas yang tidak sedikit di budidayakan petani di wilayah bangka.Karena di balik rasa asam nya yang menyegarkan paling bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

0 Comments: