Kemenyan

1:56 PM


kemenyan,www.healthnote25.com
kemenyan - www.healthnote25.com



Kemenyan, sering juga disebut Olibanum , adalah aroma wewangian berbentuk kristal yang digunakan dalam dupa dan parfum. Kristal ini diolah dan diperoleh dari pohon jenis Boswellia dalam keluarga tumbuh-tumbuhan Burseraceae, Boswellia sacra (Sinonim B. carteri, B. thurifera, B. bhaw-dajiana), B. frereana dan B. serrata (kemenyan India).


Kemenyan ini juga termasuk dalam ordo Ebenales, familia Styracaceae dan genus Styrax. Selain itu terdapat 7 (tujuh) jenis kemenyan yang menghasilkan getah tetapi hanya 4 jenis yang secara umum lebih dikenal dan bernilai ekonomis yaitu:

  • Kemenyan Durame (Styrax Benzoine Dryand)
  • Kemenyan Bulu (Styrax Benzoine var. Hiliferum),
  • Kemenyan Toba (Styrax sumatrana J.J.Sm) dan
  • kemenyan Siam (Styrax Tokinensis).


Tetapi jenis kemenyan yang paling umum dibudidayakan secara luas di Sumatera Utara adalah jenis kemenyan toba dan kemenyan durame . Styrax sumatrana J.Sm adalah jenis pohon kemenyan yang pada umumnya tumbuh di daerah kabupaten Tapanuli Utara dan Tapanuli Tengah yang hasilnya dikenal dengan nama daerah “Haminjon” atau "kemenyan toba" . Kemenyan toba biasa dikenal juga dengan Styrax Paralleloneurum.

kemenyan-www.healthnote25.com
kemenyan - www.healthnote25.com


Ada empat spesies utama Boswellia yang menghasilkan kemenyan asli dan getahnya (Resin), masing-masing empat spesies tersedia dalam berbagai kelas. Kualitas tergantung pada waktu panen dan juga keterampilan tangan pengolahnya.





sumber

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Popular Posts