Bandeng

7:41 PM
bandeng-www.healthnote25.com
bandeng - www.healthnote25.com



Ikan bandeng (Chanos chanos) ialah ikan pangan populer di Asia Tenggara. Ikan ini adalahsatu-satunya spesies yang masih terdapat dalam suku Chanidae (bersama enam genus tambahan dilaporkan  pernah ada tetapi sudah punah). Dalam bahasa Bugis dan Makassar dikenal sebagai ikan bolu, dan dalam bahasa Inggris milkfish)


Mereka hidup di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik dan ingin berkawanan di dekat pesisir dan pulau-pulau dengan terumbu koral. Ikan yang muda dan baru menetas hidup di laut sekitar 2–3 minggu, lalu beralih ke rawa-rawa bakau berair payau, dan kadangkala danau-danau berair asin. Bandeng baru pulang ke laut bila sudah dewasa dan dapat berkembang biak.


Ikan muda dinamakan nener (IPA : nənər ) dikumpulkan orang dari sungai-sungai dan dibesarkan  di tambak-tambak. Di sana mereka dapat diberi makanan apa saja dan tumbuh dengan cepat. Setelah lumayan besar (biasanya selama 25–30 cm) bandeng dipasarkan segar atau beku. Bandeng diubah dengan cara digoreng, dibakar, dikukus, dipindang, atau diasap.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Popular Posts