Thursday, May 31, 2018

Makarel



makarel-www.healthnote25.com
makerel - www.healthnote25.com



 Makerel atau makarel (dari bahasa Inggris, mackerel) ialah sebutan untuk sekelompok ikan laut yang terdiri dari sejumlah marga anggota famili Scombridae. Dalam peristilahan bahasa Inggris, sebutan mackerel pun mencakup kumpulan ikan tenggiri dan kembung.


Makerel ialah ikan pelagis, lazimnya hidup jauh di laut lepas, meski sejumlah jenisnya juga dapat didapati di perairan teluk yang tak jauh dari pantai. Jenis-jenis ikan ini tersebar di beragam lautan tropis dan ugahari. Sebagian jenisnya dapat menyelam sampai kedalaman lebih dari 1.000 meter.


Beberapa spesies makerel yang lebih besar, laksana makerel sirip biru (bluefin mackerel), dapat menaikkan  suhu darahnya di atas suhu air dengan kegiatan ototnya. Hal ini mengakibatkan mereka bisa hidup di air yang lebih dingin dan bisa bertahan dalam situasi yang beragam.


Makerel ialah ikan yang mempunyai nilai komersial sedang. Ikan ini sesuai digunakan sebagai makanan dihidangkan dengan saus cabe atau saus tomat. Sebagaimana sarden, makerel pun sering dikalengkan.

0 Comments: