Thursday, May 31, 2018

Kenanga




kenanga-www.healthnote25.com
kenanga - www.healthnote25.com



 Kenanga (bahasa Latin: Cananga odorata) ialah nama untuk sejenis bunga dan pohon yang menghasilkannya. Ada dua forma kenanga, yakni macrophylla, yang dikenal sebagai kenanga biasa, dan genuina, dikenal sebagai kenanga filipina atau ylang-ylang. Di samping itu, masih dikenal pula kenanga perdu (Cananga odorata fruticosa), yang tidak sedikit ditanam sebagai dekorasi di halaman rumah.


Cananga odorata fa. macrophylla tumbuh dengan cepat sampai lebih dari 5 meter masing-masing tahun dan dapat mencapai tinggi rata-rata 12 meter. Batang pohon kenanga lurus, dengan kayu keras dan sesuai untuk bahan peredam suara (akustik).


Memerlukan sinar matahari sarat atau sebagian, dan lebih menyenangi tanah yang mempunyai kandungan asam di dalam habitat aslinya di dalam hutan tadah hujan. Daunnya panjang, halus dan berkilau. Bunganya hijau kekuningan (ada pun yang bersemu dadu, namun jarang), menggelung seperti format bintang laut, dan berisi minyak biang, cananga oil yang wangi.


Ylang-ylang pun berupa pohon, namun tidak setinggi pohon kenanga biasa. Kenanga perdu yang biasa ditanam di halaman rumah, hanya dapat tumbuh sangat tinggi tiga meter.


Kenanga biasa adalahtumbuhan asli di Indonesia dan ylang-ylang tanaman asli Filipina. Kenanga lazim pula ditanam di Polinesia, Melanesia, dan Mikronesia. Di Indonesia, bunga kenanga tidak sedikit menempati peran di dalam upacara-upacara khusus contohnya dalam upacara perkawinan.


Kenanga ialah flora identitas Aceh dan Provinsi Sumatera Utara.


0 Comments: