Thursday, May 3, 2018

Kopi


 
kopi,www.healthnote25.com
kopi - www.healthnote25.com
                  Kopi ialah minuman hasil seduhan biji kopi yang sudah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi adalahsalah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yakni Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

kopi,www.healthnote25.com
kopi - www.healthnote25.com


Pemrosesan kopi sebelum bisa diminum melewati proses panjang yakni dari pemanenan biji kopi yang sudah matang baik dengan teknik mesin maupun dengan tangan kemudian dilaksanakan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. 


Proses selanjutnya yakni penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi. Setelah penyangraian biji kopi digiling atau dihaluskan menjadi bubuk kopi sebelum kopi bisa diminum.

kopi,www.healthnote25.com
kopi - www.healthnote25.com


Sejarah menulis bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi kesatu kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika selama 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi lantas terus berkembang sampai saat ini menjadi di antara minuman sangat populer di dunia yang dikonsumsi oleh sekian banyak  kalangan masyarakat. 


Indonesia sendiri telah dapat memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya. Disamping rasa dan aromanya yang menarik, kopi pun dapat menurunkan risiko terpapar penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan sekian banyak  penyakit jantung (kardiovaskuler)

0 Comments: