Wednesday, April 25, 2018

Soto



 Soto, sroto, sauto, tauto, atau coto ialah makanan khas Indonesia laksana sop yang tercipta dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang sangat sering digunakan ialah daging sapi dan ayam, namun ada pula yang memakai daging babi atau kambing. 

Berbagai wilayah di Indonesia mempunyai soto khas daerahnya setiap dengan komposisi yang berbeda-beda, contohnya soto Madura, soto Kediri, soto pemalang , soto Lamongan, soto Jepara, soto Semarang, soto Kudus, soto Betawi, soto Padang, soto Bandung, sroto Sokaraja, soto Banjar, soto Medan, dan coto Makassar. 

Soto pun diberi nama cocok isinya, contohnya soto ayam, soto babat, dan soto kambing. Ada pula soto yang diciptakan dari daging kaki sapi yang dinamakan dengan Soto Sekengkel.


soto,www.healthnote25.com


Cara penyajian soto berbeda-beda cocok kekhasan di masing-masing daerah. Soto biasa dihidangkan dengan nasi, lontong, ketupat, mi, atau bihun disertai sekian banyak  macam lauk, contohnya kerupuk, perkedel, emping, sambal, dan sambal kacang. Ada pula yang menambahkan telur puyuh, sate kerang, jeruk limau, dan koya.

0 Comments: