Friday, April 27, 2018

Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan


 
manfaat-daun-katuk-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat daun katuk bagi kesehatan - www.healthnote25.com

Daun katuk sudah tidak sedikit dikonsumsi secara luas di sekian banyak  negara. Nama beda daun katuk ialah sauropus androgynus adalahtumbuhan sayuran yang tidak sedikit ada di asia tenggara. 

Tumbuhan ini tergolong dalam suku menir-meniran (phyllantheae), dan masih berkerabat dengan tanaman menteng, buni, dan cermai. Tumbuhan ini pun termasuk dalam tibus phyllanteae dan subtibus flueggeinae. Daun katuk berisi sejumlan guna sayur-sayuran yang baik guna tubuh, inilah ini sejumlah diantaranya :

  1. Daun katuk dapat menangkal osteoporosis, kalsium yang ada di dalamnya lumayan baik, sesuai untuk dikonsumsi oleh kaum wanita yang tidak hendak terkena osteoporosis. kalsium sampai 2,8%, besi kalium, bisa di olah seperti guna kangkung atau guna bayam.
  2. Efektif guna melancarkan ASI untuk ibu yang tengah menyusui. Senyawa minyak esensial (saponin, flavooid, tanin, triterpenoid) sebanyak asam amino, vitamin a, b, dan c, mineral (kalsium, fosfor, zat besi) serta tujuh senyawa aktif lainnya.
  3. Mengandung efedrin yang paling baik untuk penderita influenza. Kandungan zat besi yang lumayan tinggi tentunya bisa mengatasi fenomena pemyakit anemia.
  4. Terdapat tujuh senyawa aktif yang memicu produksi hormon-hormon steroid dan senyawa eiksonoid
  5. Sebagai sumber guna vitamin A yang dibutuhkan untuk menangkal penyakit mata, perkembangan sel, sistem kekebalan tubuh, dan reproduksi.
  6. Daun katuk bisa berisi nyaris 7% protein dan serat kasar hingga 19%. Daun ini pun kaya bakal vitamin K. Di samping pro-vitamin a (beta karoneta), b, dan c.
  7. Kandungan kalori, protein dan karbohidrat daun katuk nyaris setara dengan guna daun pepaya dan guna daun singkong. Sedangkan kandungan zat besi dan proteinnya lebih tinggi dari pada kedua jenis daun tadi.
  8. Daun katuk pun kaya bakal vitamin a, b1 dan c. Senyawa fitokimianya laksana tanin, saponin, dan alkaloid papaverin berpotensi sebagai bahan obat alami.
  9. Menyehatkan mata, kandungan betakarotin yang tinggi dan vitamin a yang di percaya menolong mencegah gangguan mata.
  10. Baik guna kesehatan pria. Dalam katuk ada zat aktif yang dapat merangsang sintesis hormon steroid laksana progestron, dan testoteron sehingga membangunkan vitaslitas seksual, dan memacu kualitas dan kuantitas sperma.
  11. Kalsium yang paling rendah dapat mengakibatkan naikknya desakan darah tinggi. Bagi mengatasinya, usahakanlah mengkonsumsi daun katuk yang lumayan baik kadar kalsiumnya.



Cara Memilih dan Menyimpan Daun Katuk

manfaat-daun-katuk-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat daun katuk bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Di habitat alaminya, daun tumbuhan ini dipanen andai diperlukan. Namun, mayoritas daun ini pun tersedia di pasar yang tumbuh di bawah situasi rumah kaca atau minimal dalam pertanian yang diawasi. Jika tumbuhan tumbuh sendiri di halaman belakang, ambil daun yang mempunyai batang pendek untuk dipakai dengan segar.

Secara umum daunnya yang segar dapat dijemur, dapat ditabung dalam wadah kedap udara untuk pemakaian masa depan. Di toko, daun katuk dapat tempatkan dalam lemari es, gelap, lembab dan ditempatkan secara bebas laksana yang dilaksanakan untuk sayuran lainnya laksana bayam dan kangkung.

0 Comments: