Sunday, April 29, 2018

Manfaat Umbi Gembili Bagi Kesehatan



Gembili adalah salah satu jenis tumbuhan umbi yang menjadi di antara makanan hobi di pedesaan. Ia mempunyai buah serupa dengan ubi jalar yang berukuran satu kepalan orang dewasa. Kulitnya yang tipis dan berwarna coklat muda. Jenis umbi yang satu ini enak andai dimakan dengan teknik direbus atau dikukus dan menghasilkan tekstur yang gembur.


 Tidak laksana gadung yang beracun atau talas yang dapat menciptakan gatal sampai-sampai aman guna dikonsumsi. Ada pelbagai jenis di Indonesia yang lumayan terkenal laksana gembili gajah, gembili ketan, srewot, dan wulung. 


Dia tumbuh secara merambat dengan batang berduri dan daun yang bewarna hijau. Meski tidak sedikit masyarakat yang menyenangi gembili tetapi tanaman ini ditanam dengan jumlah yang terbatas sebab umur panennya agak lama serta bibit yang tersedia pun terbatas.

manfaat-umbi-gembili-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat umbi gembili bagi kesehatan - www.healthnote25.com

 Umbi ini tidak sedikit ditemukan di Papua dengan masa panen 7 sampai 9 bulan. Penggunaannya pada suku Kanum bahkan dipakai sebagai mas kawin dalam mengerjakan pernikahan. Dengan fungsinya sebagai mas kawin itu maka gembili adalahsebuah tumbuhan yang begitu penting untuk suku kanum.

Menanam gembili sama seperti mengerjakan budidaya pada ubi jalar yakni pada guludan. Benihnya berupa umbi yang berukuran kecil atau sedang. Umbi yang bakal ditanam seringkali ditanam dulu pada lokasi yang terhindar dari cakupan sinar matahari dan lokasi yang sejuk.

Ketika telah mulai ditanam dan disemai, bakal mulai hadir tunas saat musim penghujan. Tanaman gembili telah dapat tampak menyembul dari tanah antara 1 minggu sampai 10 hari. Jika telah menyembul petani mulai menyiapkan ajir yakni belahan bambu atau bisa pula yang berasal dari ranting kayu dengan panjang tidak cukup lebih 3 meter. Ajir dipasang dengan arah oleng kesamping dengan format segitiga.



Nutrisi yang Terkandung dalam Gembili

Berikut ini kandungan yang ada pada gembili per 100 gram dengan unsur yang bisa dimakan 85%.


  • Protein 1,5 gram
  • Lemak 0,1 gram
  • Energi 95 kilokalori
  • Karbohidrat 22,4 gram
  • Fosfor 49 miligram
  • Zat besi 1 miligram
  • Kalsium 14 miligram
  • Vitamin A sejumlah 0 IU
  • Vitamin C 4 miligram
  • Vitamin B1 0,,05 miligram
Perlu diingat  jika hasil penelitain pada tiap gembili dapat bertolak belakang satu dengan yang lain sebab ada sejumlah faktor yang mempengaruhi.

Banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan keseharian manusia sebab berisi zat-zat penting. Dengan adanya senyawa alami yang penting untuk kesehatan itulah, menciptakan Umbi ini semakin tidak sedikit dicari. Berikut sejumlah manfaat dan khasiat gembili guna kesehatan…

1. Bahan penciptaan produk makanan

Gembili dapat dipakai sebagai bahan penciptaan mie instan, kerupuk atau bahkan kue. Selain tersebut gembili pun dapat dipakai sebagai makanan ekstra dan guna diekstrak menjadi tepung. 

Diekstrak dari tepung mempunyai serat yang halus sehingga gampang untuk dipahami dan bagus untuk semua penderita pencernaan. Makanan ini pasti lebih sehat bila dikomparasikan dengan jenis makanan praktis yang tidak sedikit beredar sekarang.

Berbeda dengan produk makanan tradisinal yang lain, makanan sekarang tidak sedikit berisi pelbagai bahan kimia riskan dan bisa menginvasi kesehatan kita. Tidak heran andai orang kini lebih tidak sedikit terkena penyakit bila dikomparasikan dengan warga yang masih memakai bahan santap tradisional pada jaman dahulu. 

Gembili sendiri adalahjenis makanan tradisional yang tidak sedikit dianggap sebagai makanan desa sehingga tidak sedikit yang merasa gengsi guna memakannya. Namun walau demikian, ia mempunyai begitu tidak sedikit manfaat untuk kesehatan kita sampai-sampai tidak bakal merugikan untuk mereka yang gemar mengonsumsinya.

2. Mengenyangkan Perut

Umbi ini tidak melulu enak dipakai sebagai bahan penciptaan makanan melainkan pun dapat memberi efek kenyang pada pengonsumsinya. Meskipun rasanya termasuk pahit tetapi nyatanya, dapat dipakai sebagai pengganti makanan pokok yang menyehatkan. 

Kandungan karbohidrat serta kalori di dalam gembili menciptakan Anda dapat merasa kenyang seperti ketika mengonsumsi singkong ataupun ubi.

3. Mengandung zat glucomannan

Zat yang satu ini menyatu dengan guna protein yang berperan untuk meminimalisir kolesterol jahat dari dalam tubuh. Bukan melulu itu, eksistensi zat ini pun dapat dipakai meningkatkan kolesterol baik yang berguna untuk tubuh. Jadi, umbi ini dapat dikonsumsi untuk penderita kolesterol sebab juga bermanfaat untuk menetralkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.

4. Pupuk hijau

Bukan melulu berisi tidak sedikit khasiat yang baik untuk kesehatan, tetapi daunnya pun dapat dipakai untuk menyuburkan tumbuhan lain dengan diciptakan pupuk hijau. Daunnya dapat dipakai sebagai media tanam pada tumbuhan rimpang laksana lengkuas, jahe atau bisa pula pada tumbuhan hias laksana pakis, begonia dan wijayakusuma.

5. Menyehatkan pencernaan

Ternyata umbi ini pun berisi serat tinggi yang dapat membuat pencernaan lebih sehat. Dengan mengonsumsi gembili system pencernaan bakal lebih lancer.

6. Menyehatkan Mata

Gembili berisi vitamin A yang dapat membuat mata lebih sehat.

0 Comments: