Monday, April 30, 2018

Manfaat Bawang Bombay Bagi Kesehatan

manfaat-bawang-bombay-bagi-kesehatan,www.healtnote25.com
manfaat bawang bombay bagi kesehatan - www.healthnote25.com



Bawang bombay (Allium Cepa Linnaeus) adalah jenis bawang yang paling tidak sedikit dibudidayakan sebagai bumbu maupun bahan masakan, berbentuk bulat besar dan berdaging tebal. Berikut tulisan mengenai sejumlah manfaat bawang bombay guna kesehatan.

manfaat_bawang_bombay_bagi_kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat bawang bombay bagi kesehatan - www.healthnote25.com

Bawang bombay memiliki wewangian yang khas bilamana dibandingkan dengan bawang merah biasa, Umbi dari bawang bombay terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan menyatu. 

Pohonnya tumbuh tegak ke atas, akarnya serabut dan tidak terlampau panjang, daunnya bebentuk laksana pipa tetapi pipih berwarna hijau tua dan berukuran lebih banyak dibanding daun bawang merah biasa.

Asal Usul Bawang Bombay

Bawang bombay tidak hanya dipakai sebagai dekorasi tetapi pun bagian dari masakan sebab bentuknya yang besar dan dagingnya yang tebal. Disebut bawang bombay sebab dibawa oleh pedagang-pedagang yang berasal dari kota Bombai (Mumbai sekarang) di India ke Indonesia.

manfaat-bawang-bombay-bagi-kesehatan,www.healtnote25.com
manfaat bawang bombay bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Bawang bombai dipercayai berasal dari Asia Tengah, bisa jadi Palestina, kemudian menyebar ke Eropa dan India. Bawang bombai masuk ke Indonesia bisa jadi seiring masuknya semua pedagang dari India atau penjajah dari Belanda.

Orang Belanda pernah mengupayakan membudidayakan bawang bombai di Padang, namun gagal. Pada tadinya bawang bombai populer digunakan sebagai masakan Cina dan Eropa, tetapi belakangan makanan Indonesia pun sudah tidak sedikit menggunakannya.

Berikut 12 guna bawang bombay untuk kesehatan :

1. BAIK UNTUK KESEHATAN MULUT

Bawang bombai sering dipakai untuk mencegah kehancuran gigi dan infeksi mulut. Mengunyah bawang mentah sekitar 2 hingga 3 menit berpotensi bisa membunuh seluruh kuman yang terdapat di wilayah mulut dan tempat-tempat sekitarnya laksana tenggorokan dan bibir.

2. MENINGKATKAN SISTEM KEKEBALAN TUBUH

Bawang bombai pun berisi vitamin C yang berfungsi untuk menngkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mengayomi tubuh dari racun dan sekian banyak  bakteri yang dapat mengakibatkan penyakit.

3. KESEHATAN JANTUNG

Bawang bombai beraksi sebagai antikoagulan yang dikenal sebagai pengencer darah, yang dapat menangkal sel-sel darah merah dari penggumpalan. Karena bilamana terjadi penggumpalan darah dapat mengakibatkan gangguan jantung atau penyakit kardiovaskular.


4. MENGELOLA DIABETES

Bawang bombai berisi kromium yang adalahmineral yang relatif susah ditemukan secara alami dalam makanan. Kromium menolong tubuh menata kadar gula darah dan meyakinkan glukosa secara bertahap atau secara lambat menyebar ke otot dan sel-sel tubuh. Oleh sebab itu, santap bawang bombai dapat menolong mengatur tingkat gula darah Anda, yang paling penting untuk pasien diabetes.

5. MENGOBATI LUKA AKIBAT SERANGAN SERANGGA

Anda bisa mengkonsumsi jus bawang bombai untuk meminimalisir rasa sakit yang diakibatkan karena sengatan lebah madu dan sengatan kalajengking juga. Bau bawang bombai pun dapat dipakai sebagai penolak serangga.

6. PENCEGAHAN KANKER
manfaat-bawang-bombay-bagi-kesehatan,www.healtnote25.com
manfaat bawang bombay bagi kesehatan - www.healthnote25.com

Bawang bombai kaya bakal quercetin yang sukses menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker. Quercetin ialah senyawa antioksidan yang paling kuat yang sudah secara konsisten dapat menangkal dan meminimalisir penyebaran kanker. Selain tersebut kandungan vitamin C pun dapat mengurangi eksistensi dan akibat radikal bebas di semua tubuh.


7. MENGOBATI SAKIT TELINGA

Beberapa tetes jus bawang bombai bisa bermanfaat untuk individu yang menderita sakit telinga akut. Suara dering di telinga bisa disembuhkan dengan merealisasikan jus bawang bombai melewati sepotong kapas.

8. MENGOBATI MASALAH KULIT

Jus bawang bombai dibaur dengan madu atau minyak zaitun bisa mengobati fenomena atau firasat jerawat. Bawang bombai pun terkenal sebagai sayuran anti-inflamasi, sampai-sampai senyawa aktif dalam bawang bombai dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan yang umumnya berhubungan dengan situasi kulit laksana jerawat. Selain tersebut juga menolong mengurangi rasa sakit yang sehubungan dengan peradangan.

9. MEMBANTU MENGOBATI BATUK

Mengkonsumsi jus bawang bombai dan madu dapat meminimalisir sakit tenggorokan dan fenomena batuk.


10. MENCEGAH ANEMIA

Bawang bombai berisi mineral khususnya zat besi, yang adalahbagian urgen untuk memproduksi sel darah merah baru sampai-sampai sangat berfungsi untuk menangkal anemia.

11. MEREDAKAN NYERI PERUT

Bawang mempunyai sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang bisa meredakan sakit perut dan sindrom lambung lainnya. Hal ini diakibatkan adanya kandungan saponin pada bawang bombai yang memiliki keterampilan anti-spasmodic yang menangkal gangguan perut dan memperlancar faedah perut.

12. ANTI PENUAAN DINI

manfaat-bawang-bombay-bagi-kesehatan,www.healtnote25.com
manfaat bawang bombay bagi kesehatan - www.healthnote25.com

Bawang memiliki guna anti-penuaan yang paling besar. Vitamin A, C dan E pada bawang bombai bisa melawan kehancuran yang diakibatkan oleh sinar UV yang riskan serta mencegah kehancuran radikal bebas yang dapat mengakibatkan penuaan dini. Bawang ialah salah satu sumber dari quercetin, yang dapat mengawal kulit kita bebas kerut.

0 Comments: