Sunday, April 29, 2018

, , , , , , , , , , ,

Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan


 
manfaat-ubi-jalar-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat ubi jalar bagi kesehatan - www.healthnote25.com
 Ubi jalar adalah tanaman rambat yang tidak sedikit dibudidayakan di Indonesia. Bahkan di wilayah tertentu, telah dijadikan makanan pokok sehari-hari. Karena, bila dikomparasikan dengan nasi dari beras putih, ubi ini memiliki tidak sedikit keunggulan dan guna untuk kesehatan. Tanaman ini tidak susah untuk dibudidayakan. 

Bahan makanan ini pun mudah didapat di pusat-pusat perbelanjaan. Sebagian orang telah mengetahui guna dari ubi ini, namun sebagian lainnya masih tidak sedikit yang meremehkannya.

manfaat-ubi-jalar-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat ubi jalar bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Ubi jalar mempunyai jenis dan warna yang berbeda-beda, laksana warna putih, oranye, kuning, dan ungu. Tetapi diantara sejumlah varian itu yang sangat menonjol ialah ubi ungu, sebab mempunyai kandungan gizi yang lebih tidak sedikit dari jenis ubi lainnya. 

Di samping itu, sebab kepopulerannya ubi ungu tidak sedikit dijadikan olahan makanan seperti, puding, es krim, jus segar, dan camilan ubi ungu. Berikut sederet guna dan khasiat Ubi Jalar guna kesehatan:

manfaat-ubi-jalar-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat ubi jalar bagi kesehatan - www.healthnote25.com


1. Sebagai Sumber Energi

Zat besi yang terdapat pada ubi jalar dapat memberikan ekstra energi guna tubuh. Karena zat besi berperan urgen untuk menambah oksigen ke semua tubuh.

2. Baik guna Kesehatan Mata

Kandungan beta karoten yang ada pada ubi jalar mempunyai keterampilan untuk menyehatkan penglihatan mata. Beta karoten pada ubi akan terlihat warna jingga namun pada ubi ungu pun mempunyai kadar beta karoten yang tidak kalah tidak sedikit dari ubi berwarna jingga. Jika semakin pekat warna yang dihasilkan, semakin tinggi pula kandungan betakarotennya.

3. Bisa Menstabilkan Kadar Gula Dalam Darah

Kalori yang berasal dari tepung kanji tergolong karbohidrat kompleks. Kandungan kanji akan menambah kadar gula secara perlahan. Di samping itu, ubi jalar pun berisi indeks glikemiks yang paling rendah, sampai-sampai dijadikan sebagai suplemen makanan sehat untuk penderita diabetes.

4. Baik guna Pencernaan

Ubi jalar mempunyai kandungan serat yang paling tinggi. Kandungan seratnya lebih tinggi bila dikomparasikan dengan kentang. Serat paling baik guna pencernaan. Meski kaya serat namun ubi ini mempunyai tekstur yang gampang dicerna. 

Di samping itu, kandungan nutrisi lainnya laksana vitamin B kompleks, betakaroten, kalium, vitamin C, kalsium yang terdapat ubi jalar paling baik untuk menolong meringankan radang perut.

5. Baik Bagi Kesehatan Tulang

Ubi jalar memiliki kandungan mineral yang dapat membantu melawan sekian banyak  penyakit sendi dan tulang. Selain tersebut juga mempunyai kandungan zat mangan yang dapat menyumbangkan hingga 44 % dari AKG. 

Mangan ialah salah satu mineral yang dapat menjaga kekuatan tulang. Oleh karena itu, konsumsilah secara tertata untuk menangkal penyakit osteoporosis.

6. Sebagai Sumber Karbohidrat Diabetes

Pasien diabetes mempunyai aturan santap yang paling ketat, khususnya makanan manis. Akan tetapi keperluan karbohidrat mesti tetap di penuhi. Sejauh ini ubi jalar masih aman guna dikonsumsi sebab kandungan karbohidrat didalamnya masih paling efektif dalam menolong mengatur kadar gula darah. Tetapi dianjurkan untuk tetap sebanding dan tidak boleh berlebihan.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat ubi jalar pun ampuh untuk mengawal kesehatan jantung. Karena tidak sedikit berisi vitamin, khususnya vitamin B6 yang dapat memenuhi AKG hingga 27 persen pada tubuh. selain tersebut vitamin B6 pun mempunyai peran urgen untuk menangkal penumpukan homosistein yang terjadi di dalam darah.

8. Ubi Jalar Bisa Mengatasi Kecanduan

Ubi jalar ampuh untuk meminimalisir ketergantungan terhadap rokok, kopi, minuman beralkohol, dan minuman beda yang dapat menyebabkan kecanduan. Oleh karena itu, untuk Anda yang hendak berhenti mengisap rokok konsumsilah ubi ini secara berkala.

9. Mengatasi Lingkar Hitam di Bawah Mata
manfaat-ubi-jalar-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat ubi jalar bagi kesehatan - www.healthnote25.com

Tidak melulu timun yang dapat digunakan guna menghilangkan lingkar hitam di bawah mata. Ubi ungu pun mempunyai khasiat guna yang sama.

10. Menghaluskan Tumit
manfaat-ubi-jalar-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat ubi jalar bagi kesehatan  - www.healthnote25.com

Masalah yang tidak jarang timbul pada kaki diantaranya kulit tumit kering dan pecah-pecah. Anda dapat menggunakan air rebusan ubi ungu guna menghaluskannya.

0 Post a Comment:

Follow by Email