Friday, April 27, 2018

Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan


 
manfaat-buah-duku-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat buah duku bagi kesehatan - www.healthnote25.com


 Duku, Buah yang berbentuk bulat kecil ini tidak jarang dikonsumsi melulu sebagai pencuci mulut, tetapi buah ini dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai selai, isian puding, dan lainnya. 

Buah duku yang masih mentah berwarna kehijauan dan rasanya masam, andai warna telah mulai kekuningan, ini adalahtanda bahwa buah duku telah matang dan memiliki rasa yang lebih manis. Terkadang terdapat yang memandang bahwa buah duku pahit, tetapi rasa pahit tersebut didapatkan jika menggigit biji yang terdapat didalamnya.


Berikut ialah beberapa guna buah duku untuk kesehatan yang patut kamu ketahui:

1. Sumber Antioksidan

Buah duku berisi guna vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri adalahsebuah nutrisi yang bermanfaat menghindari tubuh dari kehancuran yang diakibatkan oleh radikal bebas. 

Kerusakan ini seringkali disebabkan oleh proses pencernaan yang mengolah makanan menjadi energi di dalam tubuh. Antioksidan pun berperan guna menghindarkan tubuh dari kehancuran yang disebabkan oleh polusi maupun zat beracun.

2. Mencegah Penuaan Dini

Kegunaan buah duku yaitu lainnya yaitu akan menangkal penuaan dini. Salah satu hal penyebab penuaan dini yaitu sebab radikal bebas. Seperti yang dilafalkan diatas, vitamin C dalam buah ini paling efektif untuk mengawal tubuh dari serangan radikal bebas.

Vitmain C juga berfungsi untuk mengayomi protein lipid, asam nukleat, dan karbohidrat dari kehancuran yang diakibatkan oleh radikal bebas maupun polusi atau racun.

3. Menguatkan Gigi

Buah duku berkhasiat guna menguatkan gigi sebab kandungan fosfor yang terdapat didalamnya. Gigi bakal menjadi powerful dan sehat andai sering mengkonsumsi buah ini. Hal ini juga dapat dioptimalkan dengan mengkonsumsi guna strawberrry guna kesehatan gigi.

4. Menjaga Kesehatan Gusi

Kesehatan gusi dapat dirawat dengan mengkonsumsi vitamin C. Seperti yang sudah dilafalkan bahwa buah duku memiliki kandungan vitamin C yang tidak sedikit sehingga berkhasiat untuk mengawal kesehatan gusi. Kandungan vitamin C juga tidak sedikit ada dalam :

5. Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin C paling dibutuhkan untuk semua orang untuk mengawal kesehatan tubuhnya. Kandungan vitamin C dalam buah duku berkhasiat untuk mengawal kekebalan tubuh serta berkhasiat pun untuk orang yang sedang berada dalam masa pemulihan.

6. Menurunkan Berat Badan

Buah duku tidak disangka ternyata juga dapat digunakan guna menurunkan berat badan. Buah duku akan menolong tubuh guna mendapatkan carnitine. Carnitine akan menunjukkan molekul lemak ke suatu jaringan pembakaran lemak. 

Molekul lemak ini mesti diperhatikan untuk siapapun yang sedang menurunkan berat badan karena andai terjadi kelemahan molekul lemak, tubuh bakal terasa lelah dan tidak cukup energi.

Jadi, andai carnitine dalam tubuh berkurang bakal terjadi penimbunan lemak. Buah duku ini juga dapat dikonsumsi bersamaan dengan guna apel untuk yang tengah menjalani program diet.

7. Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah duku berisi serat yang paling tinggi sehingga berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Hal ini laksana yang juga didatangi pada guna buah pepaya. Di samping itu, buah ini pun berkhasiat untuk menangkal kanker pada drainase pencernaan. 

Kandungan kalori, mineral serta zat besi pada buah duku pun lebih tidak sedikit jika dikomparasikan dengan apel atau jeruk manis.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit dapat dipertahankan dengan tidak jarang mengkonsumsi makanan yang berisi guna vitamin E. Buah duku pun mempunyai kandungan vitamin E sampai-sampai efektif untuk mengawal kesehatan kulit laksana :

  • mencegah penuaan dini
  • menghaluskan serta melembutkan kulit
  • menjaga kelembaban kulit
  • menjaga kulit dari sinar UV
  • Membantu pengobatan luka


9. Mengendalikan Kadar Kolesterol

Metabolisme kolesterol pada tubuh bakal menjadi asam empedu. Untuk penderita penyakit kolesterol, urusan ini dapat ditolong dengan tidak jarang mengkonsumsi buah duku.


10. Mengatasi Diare dan Demam

Buah duku berkhasiat secara efektif bisa mengobati diare dan juga berfungsi untuk menurunkan panas atau demam tinggi. Caran membuatnya juga lumayan mudah :

  • Ambil biji buah duku
  • Tumbuk bijinya hingga halus
  • Campurkan dengan air
  • Minum sehari satu kali.


11. Mengusir Nyamuk

Di samping buahnya yang kaya manfaat, ternyata kulit buah duku pun mempunyai guna sebagai pengusir nyamuk atau serangga seperti guna daun salam. Caranya mudah, yakni dengan menghanguskan kulit buah duku saat akan dipakai sebagai pengusir nyamuk atau serangga.

12. Pengobatan Masalah Kesehatan Kulit

Buah duku tidak melulu berkhasiat guna kesehatan, namun juga berfungsi untuk kulit seperti menanggulangi jerawat, menghaluskan kulit, sampai mengobati gatal-gatal dampak gigitan serangga. Caranya yaitu melulu dengan menggosokkan kulit buah duku ke wajah yang berjerawat atau kulit yang gatal-gatal.

Itulah guna buah duku untuk kesehatan kita. Jadi telah tidak dalil lagi guna tidak mengkonsumsi buah yang satu ini.

Kandungan nutrisi Dalam Buah Duku

Buah duku adalah tanaman yang setiap satu tahun sekali berbuah dan tergolong buah yang dapat hidup subur di lokasi yang mempunyai curah hujan tinggi. Duku adalahtanaman dari Asia Tenggara unsur barat sebagai anggota jenis buah Meliaceae. Buah ini mempunyai format hampir sama dengan buah langsat, pisitan, dan lain-lain.

Manfaat buah duku sangat pelbagai ini, berasal dari nutrisinya. Dalam 100 gram buah duku ada :

  • kalori sebesar 7 kkal
  • zat besi 0.9 mg
  • protein 1.0 gram
  • karbohidrat 13 gram
  • lemak 0.2 gram
  • mineral 0.7 gram dan masih tidak sedikit lainnya

Kandungan kalori yang ada pada buah ini ternyata memiliki kadar yang lebih tinggi bila dikomparasikan dengan jeruk manis maupun apel. Buah duku pun berisi vitamin C dan vitamin E yang mempunyai sifat sebagai anti oksidan. 

Buah duku pun berisi lanzones, sehingga dapat memberikan perlindungan terhadap sistem pencernaan.

0 Comments: