Sunday, April 29, 2018

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan



manfaat-bawang-merah-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat bawang merah bagi kesehatan - www.healthnote25.com

 Bawang merah ialah bawang yang mempunyai warna kulit merah ungu dan daging berwarna putih berbentuk laksana cincin. Bawang merah pun adalahsalah satu tumbuhan yang sangat penting dan dapat dipakai sebagai bumbu masakan di masing-masing bagian dunia. 

Bawang merah seringkali digunakan untuk menciptakan acar dengan cuka dan memiliki tidak sedikit manfaat kesehatan untuk tubuh. Berikut tulisan mengenai guna bawang merah guna kesehatan.

Bawang merah mempunyai rasa yang ringan, sedangkan teksturnya yang renyah. Bawang merah bisa dimakan mentah dan pun dapat panggang, goreng atau tumis sekitar proses memasak. Disamping itu, kandungan nutrisi dalam bawang merah pun sering dipakai sebagai penyembuhan alami yang tidak tidak sedikit menimbulkan efek berbahaya.

manfaat-bawang-merah-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat bawang merah bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Asal Usul Bawang Merah

Bawang merah dipercayai berasal dari Asia Tengah terutama Iran dan Pakistan. Orang telah mengerjakan budidaya bawang merah semenjak jaman kuno selama 5000 tahun yang lalu. 

Mesir kuno memakai bawang merah untuk menunaikan pekerja yang membina piramida dan menanam bawang merah di makam raja mereka tergolong makam Tutankhamen. Sejak abad ke-6 bawang merah paling populer sebagai bumbu di India dan lantas menyebar ke Eropa dan unsur dunia lainnya.

manfaat_bawang_merah_bagi_kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat bawang merah bagi kesehatan -www.healthnote25.com



Berikut 15 guna bawang merah untuk kesehatan :

1. MENGURANGI KOLESTEROL

Bawang merah berisi quercetin yang mempunyai efek menurunkan kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein) dengan menambah tingkat lemak baik yang dikenal sebagai HDL (High Density Lipoprotein). Quercetin ialah komponen dari flavonoid yang dikenal sebagai antioksidan yang kuat.

2. MENGURANGI PERADANGAN

Quercetin pada bawang merah tidak melulu mengurangi kadar kolesterol, tetapi pun mempunyai efek anti-inflamasi yang kuat sampai-sampai dapat meminimalisir peradangan dan menangkal tubuh dari sejumlah penyakit yang diakibatkan oleh peradangan.

3. MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH

Kandungan antioksidan dalam bawang merah secara signifikan dapat mengayomi sel-sel tubuh dari kehancuran yang diakibatkan oleh radikal bebas sampai-sampai dapat memperkuat faedah sistem kekebalan tubuh dan membuatmya bekerja lebih efisien.

4. DETOKSIFIKASI TUBUH

Bawang merah berisi sulfur yang dapat menolong detoksifikasi tubuh. Bawang merah pun berisi vitamin C yang dapat menolong memurnikan darah dengan menghapus timbal, kadmium dan arsenik dari tubuh.

5. MENURUNKAN TEKANAN DARAH

Bawang merah dapat menangkal pembekuan darah dan mempunyai efek yang sama dengan obat pengencer darah. Banyak berpengalaman jantung yang menganjurkan pasien mereka guna memasukkan bawang merah ke resep atau diet mereka sebab bawang merah memiliki guna yang besar dalam mengawal sistem kardiovaskular

6. MENCEGAH KANKER

Banyak riset telah memperlihatkan bahwa antioksidan dalam bawang merah dapat menangkal kanker dengan mengurangi kehancuran DNA yang diakibatkan oleh radikal bebas. Penelitian pun menemukan bahwa bawang merah bisa menghancurkan sel tumor dan sel kanker khususnya dalam permasalahan leukemia.

7. MENYEMBUHKAN ASMA

Bawang merah telah dikenal semenjak lama bisa mengobati dan menyembuhkan asma sebab bawang merah berisi senyawa aktif yang bisa menghambat zat yang merangsang kejang otot bronkus dan pun mempunyai efek mendinginkan otot pernapasan.

8. MENGOBATI INFEKSI

Bawang merah berisi tidak sedikit zat aktif yang mempunyai sifat antibakteri. Hal ini efektif guna melawan infeksi bakteri Salmonella dan E.Coli yang bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan dalam tubuh insan termasuk diare.


9. MENGHILANGKAN JERAWAT DAN BINTIK GELAP DI KULIT

Flavonoid dan antioksidan di dalam daging bawang merah dapat meminimalisir munculnya bintik gelap pada kulit. Manfaat bawang merah guna wajah. Bawang merah pun dapat menangkal jerawat sebab berisi efek anti-bakteri dan pun menyingkirkan lokasi gelap yang diakibatkan oleh bekas jerawat.

10. MERINGANKAN SAKIT GIGI

Bawang merah berisi sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang bisa membunuh bakteri yang mengakibatkan sakit gigi dan pun menenangkan saraf di dalam gusi.

11. MENINGKATKAN FUNGSI OTAK

Bawang merah tinggi bakal kandungan sulfur yang dapat menambah asam amino yang dibutuhkan dalam benak dan faedah sistem saraf. Mengkonsumsi bawang merah dapat menolong menjaga sel benak dan menambah memori.

12. MEREDAKAN MASALAH PERUT

Jika Anda menikmati sakit di dalam perut Anda, Anda bisa mengkonsumsi bawang merah mentah untuk menambah pencernaan kita dan menambah produksi asam lambung. Gosokkan bawang merah ke permukaan perut guna menyembuhkan masalah perut khususnya pada anak-anak.

13. MENJAGA KESEHATAN TULANG

Bawang merah berisi Gamma L glutamyl yang dapat menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dengan menghambat kegiatan osteoklas (sel yang memecah tulang).

14. MENINGKATKAN NAFSU MAKAN

Bawang merah berisi asam glutamat yang dapat menambah rasa pada hidangan. Zat aditif makanan alami ini dapat menambah nafsu santap pada orang yang tidak cukup nafsu makan.

15. PENGOBATAN DIABETES

manfaat-bawang-merah-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat bawang merah bagi kesehatan - www.healthnote25.com

Penelitian terbaru pun menuliskan bahwa bawang merah bisa dimungkinkan dapat menjadi obat diabetes. Uji utama mengenai efek hipoglikemik bawang merah dilaksanakan pada pasien penderita diabetes tipe-1 dan diabetes tipe-2. 

Terbukti bahwa bawang merah dapat menolong hiperglikemia pada kedua kumpulan pasien tersebut, dan pun dapat meminimalisir insulin pada pasien diabetes tipe-1.

0 Comments: