Sunday, April 29, 2018

, , , , , , , , ,

Manfaat Talas Bagi Kesehatan



 Talas tidak sedikit ditanam untuk mendapat  umbinya atau akar yang adalahsumber karbohidrat. Di sejumlah daerah di Indonesia, dimana padi ( menghasilkan beras ) tidak bisa tumbuh, laksana di wilayah Kepulauan Mentawai dan Papua, talas ditanam sebagai makanan pokok. Berikut tulisan mengenai guna umbi talas untuk kesehatan.

manfaat-talas-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat talas bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Umbi talas bisa dikonsumsi dengan teknik dipanggang, dikukus atau dimasak dalam tabung bambu. Umbi talas memiliki tidak sedikit nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, bahkan bila dikomparasikan dengan kentang putih, umbi talas mempunyai tiga kali jumlah serat, dan pun adalahsumber yang kaya kalium, zat besi, vitamin C, dan vitamin A.

manfaat-talas-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat talas bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Asal Usul Umbi Talas

Umbi talas berasal dari tumbuhan talas ( Colocasia esculenta L. ). Talas atau talas bogor adalahtumbuhan penghasil umbi yang diperkirakan berasal dari Asia Tenggara atau Asia Tengah unsur selatan. Kini, talas sudah menyebar ke sekian banyak  belahan dunia, laksana India, China, Afrika Barat dan Utara dan Hindia Barat.


MANFAAT UMBI TALAS

Berikut 10 khasiat umbi talas guna kesehatan.

1. KESEHATAN PENCERNAAN

Salah satu faedah yang sangat penting dari umbi talas ialah perannya dalam pencernaan. Tingginya serat yang ditemukan pada umbi talas (satu porsi mengandung 27% dari keperluan harian serat makanan) membuatnya sangat urgen untuk menyokong kesehatan pencernaan kita.

Serat menolong untuk buang air kita, sehingga menolong makanan bergerak melewati saluran pencernaan dan memfasilitasi penambahan pencernaan. Hal ini dapat menolong mencegah situasi tertentu seperti keunggulan gas, kembung, kram, sembelit, dan diare.

2. MEMPERLAMBAT PROSES PENUAAN

Umbi talas ialah makanan yang paling bergizi yang berisi tidak sedikit vitamin A, vitamin B, vitamin C, mineral laksana tembaga, mangan, seng, magnesium, kalsium, zat besi, selenium, kalium, beta-karoten dan cryptoxanthin. 

Semua zat itu adalahantioksidan yang bermanfaat untuk mengayomi tubuh dari sekian banyak  macam penyakit penyakit dan memperlambat proses penuaan.

3. MENCEGAH KANKER

Berbicara mengenai kanker, umbi talas pun berperan urgen bagi kegiatan antioksidan dalam tubuh kita. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan sekian banyak  antioksidan fenolik beda yang ditemukan pada umbi talas dapat menambah sistem kekebalan tubuh dan menolong menghilangkan radikal bebas berbahaya. Cryptoxanthin yang ditemukan dalam umbi talas bermanfaat menjaga kesehatan paru-paru dan menangkal kanker mulut.

4. MENGOBATI DIABETES

Serat yang terdapat dalam umbi talas pun dapat menolong menurunkan bisa jadi terkena diabetes sebab mengatur pelepasan insulin dan glukosa dalam tubuh.



5. MENJAGA KESEHATAN JANTUNG

Umbi talas berisi kalium yang adalahmineral urgen yang berfungsi untuk tubuh kita. Kalium tidak melulu memfasilitasi transfer cairan yang sehat antara membran dan jaringan di semua tubuh, tetapi pun membantu meringankan stres dan desakan pada pembuluh darah.

6. MENJAGA KESEHATAN MATA

Seperti dilafalkan di atas, umbi talas berisi sekian banyak  antioksidan, tergolong beta-karoten dan cryptoxanthin. Antioksidan ini dapat menolong menjaga kesehatan mata dengan menangkal radikal bebas yang menyerang sel-sel mata dan mengakibatkan degenerasi makula atau katarak.

7. KESEHATAN KULIT

Viitamin E dan vitamin A paling baik untuk mengawal kesehatan kulit kita. Vitamin tersebut menolong mengurangi keriput, menyembuhkan luka dan menciptakan kulit lebih berseri.

8. MENINGKATKAN SISTEM KEKEBALAN TUBUH

Manfaat yang sangat penting dari umbi talas merupakan perannya dalam sistem kekebalan tubuh. Umbi talas kaya bakal vitamin C yang bermanfaat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menciptakan sel darah putih lebih tidak sedikit sehingga akan mengawal tubuh dari serangan sekian banyak  macam penyakit.

9. MEMBANTU MENCEGAH ANEMIA

Kandungan mineral, zat besi dan tembaga pada umbi talas, membuatnya menjadi makanan yang sangat urgen untuk menangkal anemia. Zat besi dan tembaga sangat urgen untuk buatan sel darah merah dan menambah aliran darah ke semua tubuh. Di samping itu, pun dapat mempercepat metabolisme, perkembangan sel-sel baru, dan oksigenasi tubuh.

10. MENGURANGI KELELAHAN

Umbi talas berisi indeks glikemik yang rendah sampai-sampai dapat menjaga energi guna waktu yang lebih lama.

0 Post a Comment:

Follow by Email