Manfaat Bekatul Bagi Kesehatan

2:15 PM


 Mungkin tidak sedikit orang yang tidak tahu mengenai apa guna dedak bekatul untuk kesehatan tubuh dan bagaimana teknik mengkonsumsi bekatul yang benar? Yuk cari tahu manfaatnya di tulisan ini.

Perbedaan Dedak dan Bekatul

Karena banyak sekali orang tahu bahwa dedak ini adalahmakanan fauna yang paling bau tengik atau makanan yang kotor guna hewan. Namun perlu kamu ketahui bahwa dedak dan bekatul ini memiliki makna yang bertolak belakang yaitu, dedak merupakan sisa dari penggilingan atau penumpukan padi yang kesatu, sementara bekatul merupakan sisa penggilingan atau penumpukan padi kedua.

manfaat-bekatul-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat bekatul bagi kesehatan - www.healthnote25.com



Saat padi di giling, maka kulit padi atau biasa sebut dengan gabah bakal memisah dari bulirnya. Butiran nasi ini di sebut endosperma beras, sementara bekatul merupakan lapisan yang melapisi endosperma. Bubu bekatul ini mempunyai rasa yang agak manis dengan warna kecoklatan.

Manfaat Bekatul untuk Kesehatan Tubuh

Bermanfaat guna Menurunkan Kadar Kolestrol

Kandungan tokotrienol yang terdapat dalam bekatul bisa menurunkan kadar kolestrol jahat. Tokotrienol ini bermanfaat untuk menimbun kadar kolestrol dalam tubuh dengan menghambat kerja enzim. Di samping itu, bekatul ini paling baik guna memperlancar pencernaan.

Bermanfaat sebagai Metabolisme

Pecahan lemak pada bekatul ini dapat menurunkan jumlah lemak darah, dan ini telah terbukti baik pada insan maupun hewan.

Bermanfaat guna Menjadikan Pencernaan Jadi Sehat

Kandungan kaya bakal serat pangan pada bekatul bisa memperlancar pencernaan, sehingga paling baik untuk kesehatan tubuh.

Bermanfaat guna Mengatasi Pengapuran pada Pembuluh Darah

Kandungan Vitamin B15 yang terdapat dalam bekatul ini dapat mengatasi pengapuran pada pembuluh darah.

Bermanfaat guna Melawan Radikal Bebas

Kandungan Antioksidan yang terdapat dalam bekatul ini dapat mengatasi radikal bebas yang dapat mengakibatkan penuaan dini pada kulit. Di samping itu, kandungan Vitamin E yang terdapat pada bekatul dapat mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan resiko penyakit kanker.

Bermanfaat guna Mengatasi Pegal-pegal Otot

Jika asupan Vitamin B15 laksana yang ada dalam kandungan bekatul memadai dalam keperluan harian kita, maka sumber Vitamin itu akan menjadi oksigen untuk tubuh kita. Di samping itu, kandungan Vitamin B15 bisa menetralkan asam laktat.

Bermanfaat guna Kesehatan Jantung

Vitamin B atau B15 yang terdapat dalam bekatul bermanfaat untuk pembentukan asam amino yang bisa mengatasi kelemahan oksigen pada otot, tergolong otot jantung.

Bermanfaat guna Memperbaiki Fungsi Hati

Kandungan Vitamin B15 yang terdapat dalam bekatul dapat menanggulangi penyakit hati. sebab di negara Rusia sendiri bekatul iniseriong di konsumsi sebagai obat guna mengobati penyakit hati.

Bermanfaat guna Mengatasi Beri-beri

Kandungan Vitamin B1 yang terdapat dalam dedak bekatul ini pun dapat mengobati penyakit beri-beri. Dalam urusan ini telah terbukti pada fauna (ayam) yang tidak jarang mengkonsumsi beras yang di giling tetapi masih ada bekatul, tidak akan terpapar beri-beri.

Bermanfaat guna Mencegah Gangguan Saraf

Kandungan Vitamin B1, dan B2 yang terdapat pada bekatul bermanfaatuntuk menangkal gangguan saraf serta dapat menanggulangi gangguan pada saraf, sampai-sampai saraf anda terjaga kesehatannya.


Bermanfaat guna Mengobati Asma

Kandungan Vitamin B15 yang terdapat dalam bekatul berfungsi untuk menanggulangi penyakit asma. Di samping itu, bekatul juga bermanfaat sebagai Zat Anti Asma.

Bermanfaat guna Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan Antioksidan yang terkandungdalam bekatul ini mencegah radikal bebas yang bisa menyerang kesehatan tubuh. Mengkonsumsi dengan benar secara tertata dapat menjadikan energi sebagai kekebalan pada tubuh.

Sangat Baik guna Penderita Diabetes

Kandungan serat yang terdapat dalam bekatul ini paling baik untuk bagi seseorang yang merasakan masalah diabetes. Berdasarkan keterangan dari para penelitian menyarankan untuk di konsumsi secara teratur dan tertata untuk menanggulangi penyakit diabetes.

Pada masa-masa mula mengkonsumsi efek yang dirasaakan timbul diare, tetapi ini melulu sementara jadi tidak butuh khawatir.

Sangat Baik guna Penderita Autis

Kandungan Vitamin B15 yang terdapat dalam berkatul, baik tersebut bekatul jagung, havermut, bekatul gandum, maupun beras. Dalam ilmu studi menyatakan andai mengkonsumsi secara teratur dapat menyerahkan pagamic yakni sumber Vitamin B15 sejumlah 50 – 100 mg perhari, sampai-sampai dapat mengobati penyakit autis.

Sangat Ramah di Tubuh

Bekatul ini sangan aman untuk tubuh dan pastinya tidak berisi bahan yang riskan seperti bahan pengawet, pemanis, maupun pewarna, dan bahan riskan yang lainnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Popular Posts