Wednesday, April 25, 2018

, , , , , , , , , ,

Manfaat Daging Domba Bagi Kesehatan


 Domba merupakan fauna yang masih satu kerabat dengan kambing. Sama laksana kambing, daging kambing juga dimanfaatkan sebagai di antara bahan pangan. Namun, ketika ini daging domba lebih tidak sedikit dikonsumsi karena dalil harga dan pun minimnya peternak yang menernak domba.

manfaat-daging-domba-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat daging domba bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Secara fisik, kambing sebenarnya nyaris serupa dengan kambing. Hanya saja, kambing mempunyai bulu super tebal. Bulu kambing inilah yang kemudian diubah menjadi kain wool. Di samping bulunya, daging domba seringkali diolah menjadi ragam olahan laksana kebab, barbeque, sate dan gulai.

manfaat-daging-domba-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat daging domba bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Dari segi rasa, daging domba memang dinilai lebih nikmat sebab lebih beraroma. Namun, khasiat yang terdapat pada daging kambing tidak kalah tidak sedikit jika dikomparasikan dengan khasiat pada daging kambing. 

Bahkan, khasiat antara dua jenis daging ini nyaris sama sebab memang kandungan di dalamnya tak jauh beda. Adapun khasiat dan guna daging kambing antara lain :

1. Sumber energi

Salah satu khasiat daging kambing yang tidak sedikit diincar ialah sebagai sumber energi. Setiap 100 gram daging kambing berisi selama 206 kkal. Jumlah kalori ini lumayan untuk memadai 20% keperluan energi harian. Oleh karenanya, mengkonsumsi daging fauna ini dapat menolong memberikan kekuatan tubuh serta menghindarkan dari kepayahan.

2. Membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh dikontrol oleh enzim yang diproduksi hati. Kekurangan protein menciptakan kinerja enzim itu menurun sehingga dominan  pada menurunnya sistem kekebalan tubuh guna melawan zat toksik. Padahal, andai sistem kekebalan tubuh melemah, tubuh akan paling rentan terserang penyakit.

3. Membentuk dan meningkatkan massa otot

Manfaat beda dari protein yang terdapat dalam daging domba ialah untuk menyusun dan meningkatkan massa otot. Hal ini disebabkan protein mempunyai andil dalam pembentukan jaringan baru serta meregenerasi sel-sel yang sudah rusak. Oleh karenanya, daging kambing juga paling baik untuk Anda yang memiliki kegiatan berat.


4. Meningkatkan stamina

Daging kambing termasuk dalam daging merah yang kaya bakal protein. Bahkan, kandungan di dalamnya lebih tidak sedikit jika dikomparasikan dengan kandungan protein pada udang windu. 

Setiap 100 gram dagingnya berisi selama 17.1 gram protein. Protein dalam kadar ini lebih dari lumayan untuk menambah stamina dan menyerahkan kekuatan pada tubuh.

5. Menjaga kesehatan dan menguatkan tulang

Manfaat daging kambing lainnya ialah untuk mengawal kesehatan dan menguatkan tulang. Hal ini sehubungan dengan kandungan kalsium di dalamnya yang lumayan tinggi. Setidaknya, masing-masing 100 gram daging kambing berisi selama 10 mili gram kalsium.

Tak melulu kalsiumnya saja yang dapat menjaga kesehatan tulang, kandungan fosfor dalam daging fauna ini pun terbilang tinggi. Setiap 100 gram berat daging berisi selama 1,91 mili gram fosfor. Jumlah ini lebih dari lumayan untuk menangkal terjadinya osteoporosis.

6. Mencegah terjadinya anemia

Kandungan kobalamin atau vitamin B12 dalam daging domba diandalkan  mampu menambah produksi sel darah merah. Oleh sebab itu, mengkonsumsi olahan domba diandalkan  mampu menangkal dan menghilangkan fenomena yang menyertai anemia laksana lemah, lesu, letih, pucat dan pun pusing.

7. Menangkal radikal bebas

Kandungan selenium pada daging kambing mampu memberikan guna antioksidan dalam tubuh. Adapun manfaatnya yang sangat besar ialah untuk mencegah radikal bebas sampai-sampai menghindarkan sel dan DNA dari kerusakan.

8. Menjaga kesehatan syaraf

Di samping berisi vitamin B1, daging kambing juga berisi vitamin urgen lain laksana halnya vitamin B2. Kandungan vitamin B2 berikut yang memiliki sekian banyak  khasiat penting untuk tubuh. 

Salah satu diantaranya ialah untuk menjaga keawetan dan kesehatan syaraf. Kinerja vitamin B2 ini pun didukung oleh kinerja vitamin B12 atau yang biasa dinamakan sebagai kobalamin.

9. Membantu proses oksidasi

Siapa yang bilang andai daging merah tidak berisi vitamin? Buktinya, daging kambing mempunyai kandungan vitamin B1 meskipun dalam porsi kecil dalam 100 gram dagingnya berisi selama 0,15 mg. Jumlah yang termasuk kecil ini dapat membantu proses oksidasi dan menambah keawetan tubuh terhadap penyakit.

10. Mampu menambah kolestrol baik

Mungkin kita sudah tidak jarang mendengar andai daging kambing mempunyai kolesterol tinggi. Tapi, Anda butuh tahu bahwa kolesterol yang terdapat pada fauna ini adalahjenis kolesterol baik HDL. 

Kolesterol baik berikut yang lantas mampu melawan eksistensi kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh.

0 Post a Comment:

Follow by Email