Wednesday, April 25, 2018

Sate


Sate atau satai (KBBI) (/[unsupported input]ˈsæteɪ/, /[unsupported input]ˈsɑːteɪ/ sah-tay) ialah makanan yang tercipta dari potongan daging kecil-kecil yang ditusuk sedemikian rupa dengan tusukan lidi tulang daun kelapa atau bambu lantas dipanggang memakai bara arang kayu. 

Sate disajikan dengan sekian banyak  macam bumbu yang bergantung pada variasi resep sate. Daging yang dijadikan sate antara beda daging ayam, kambing, domba, sapi, babi, kelinci, kuda, dan lain-lain.

Sate diketahui berasal dari Jawa, Indonesia, dan bisa ditemukan di mana saja di Indonesia dan telah dirasakan sebagai di antara masakan nasional Indonesia.Sate pun populer di negara-negara Asia Tenggara lainnya laksana Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Sate pun populer di Belanda yang diprovokasi masakan Indonesia yang dulu adalahkoloninya.

sate,www.healthnote25.com
sate - www.healthnote25.com


Sate ialah hidangan yang paling populer di Indonesia, dengan sekian banyak  suku bangsa dan tradisi seni memasak (lihat Masakan Indonesia) sudah menghasilkan sekian banyak  jenis sate. 

Di Indonesia, sate dapat didapatkan dari saudagar sate keliling, saudagar kaki lima di warung tepi jalan, sampai di restoran ruang belajar atas, serta sering disajikan dalam pesta dan kenduri. 

Resep dan teknik pembuatan sate beraneka aneka bergantung variasi dan resep setiap daerah. Hampir segala jenis daging dapat diciptakan sate. Sebagai negara asal awal sate, Indonesia mempunyai variasi resep sate yang kaya.

sate,www.healthnote25.com
sate - www.healthnote25.com


Biasanya sate diberi saus. Saus ini dapat berupa bumbu kecap, bumbu kacang, atau yang lainnya, seringkali disertai acar dari irisan bawang merah, mentimun, dan cabai rawit. Sate dimakan dengan nasi hangat atau, bila di sejumlah daerah disajikan dengan lontong atau ketupat.

sate,www.healthnote25.com
sate - www.healthnote25.com


Hidangan internasional yang serupa sate antara lain yakitori dari Jepang, shish kebab dari Turki, shashlik dari Kaukasia, chuanr dari China, dan sosatie dari Afrika Selatan. Sate tercatat sebagai peringkat ke-14 dalam World's 50 most delicious foods (50 Hidangan Paling Lezat di Dunia) melewati jajak pendapat pembaca yang dilangsungkan oleh CNN Go pada 2011.

0 Comments: