Monday, April 30, 2018

Nopia



 Nopia adalah makanan yang tercipta dari adonan tepung terigu yang dipenuhi dengan gula merah serta dipanggang dengan perapian khusus yang tercipta dari tanah liat dan memakai kayu bakar dari pelepah pohon kelapa.

nopia,www.healthnote25.com
nopia - www.healthnote25.com


Memiliki tekstur kulit yang keras dan renyah mengandung adonan gula merah dengan rasa bawang merah goreng. Banyak diproduksi di kota Purbalingga dan Banyumas (18 kilometer arah tenggara Kota Purwokerto). Di samping Nopia, adapula Mino alias mini nopia atau nopia berukuran yang kecil.

Nopia pun ada yang berbentuk laksana telur gajah, besar namun dalamnya kosong & berlapis gula merah yang menempel pada dinding dalam kulit nopia ini. Sebagian orang menuliskan Pia Telur Gajah, terdapat pula yang menyebutnya Ndog Gludhug (telur halilintar).

nopia,www.healthnote25.com
nopia - www.healthnote25.com



 Kulit Nopia laksana kulit pia, melulu saja kulit nopia lebih padat sementara pia berlapis. Nopia rasa orisinilnya ialah rasa brambang goreng tetapi sekarang nopia sudah diciptakan dengan sekian banyak  macam isi dan rasa, laksana isi durian, coklat, nangka, dan lain-lainnya.

0 Comments: