Sunday, April 29, 2018

, , , , , , , , , ,

Beras Basmati



 Beras yang berasal dari India dan Paskistan ini bulirannya langsing panjang. Aromanya paling harum meskipun tidak terlampau pulen. Enak dicicipi dengan siram kuah kari yang pedas gurih hangat. Hmm..bagaimana teknik menanak nasi yang wangi ini?

Beras_basmati,www.healthnote25.com
Beras Basmati - www.healthnote25.com

Sesuai dengan namanya 'basmati' yang dalam bahasa Sanskerta berarti harum atau wangi., beras ini memang aromanya paling harum. Keistimewaan lainnya, butiran atau buliran beras ini panjang dan kecil melebihi ukuran beras yang seringkali agak pendek dan montok.

Seperti beras umumnya, basmati pun mempunyai dua jenis, beras putih dan merah. Setelah dimasak menjadi nasi barulah keanehan beras ini terlihat. Beras ini bakal melar memanjang butiran, tidak banyak pera, gampang terurai butiran berasnya dan aromanya paling harum.

Aroma harum beras basmati bukan tanpa alasan. Berdasarkan uji laboratorium, beras basmati berisi 0.09 unsur 2- acetyl-1-pyrroline per juta, yakni 12 kali lebih dari konsenstrasi pada beras biasa. Karena secara alami wangi santap beras ini tak dapat ditandingi aromanya dengan beras lain.

Berdasarkan keterangan dari konsep Ayurverda mempunyai aspek jasmani dan spiritual guna tubuh. Basmati berarti 'saatic' atu murni sebab itu berfungsi untuk tubuh dan gampang dicerna. Merupakan teknik pemulihan yang baik untuk ekuilibrium vata (metabolism) dan pitta (produksi energi). Karenanya ayurveda tidak menyarankan beras instant atau separuh masak sebab kurang energi hidupnya.

Di Jakarta dan kota besar lainnya, beras basmati mudah didapatkan di toko bahan makanan India atau pasar swalayan besar. Bagi memasak beras ini pun tidak sulit. Hampir sama dengan beras biasa. Sebelum dimasak, cuci beras basamati supaya lapisan kotoran dan kanjinya larut llau tiriskan.

Agar beras lebih lembut, rendam dalam air dingin sekitar ½ jam – 1 jam sebelum dimasak. Bagi pemakiaan air, sesuaikan dengan tingkat kelembekan yang diinginkan. Bagi nasi agak pera dapat dipakai komparasi 1: 1.3 antara beras dan air. Jika hendak agak pulen buat komparasi 1:1.5.

Tambahkan tidak banyak mentega dan tidak banyak air jeruk lemon/nipis supaya nasi terurai dengan baik. Jangan lupa pakai panci besi atau berlapisan antilengket supaya nasi tidak berkerak dan matang sempurna. Tak terdapat salahnya sekali-sekali menyantap beras wangi dari India ini. Apalagi dicicipi dengan kari yang pekat dan wangi kuahnya

0 Post a Comment:

Follow by Email