Sunday, April 29, 2018

Manfaat Pare Bagi Kesehatan



 Siapa suka santap pare? Sayuran hijau dengan nama ilmiah Momordica Charantia ini memang ingin dihindari orang sebab rasanya yang pahit. Namun, tahukah kita di balik rasa getirnya, pare ternyata pun menyimpan sejuta guna untuk kesehatan dan keelokan manusia?

manfaat-pare-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat pare bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Melihat kandungannya laksana vitamin A, vitamin C, vitamin B1, serat, protein, karbohidrat, fosfor, serta zat-zat lain, kira-kira apa saja sih guna pare yang dapat kita peroleh? Simak daftarnya inilah ini!

manfaat-pare-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat pare bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Terapi Diabetes Terbaik

Anda yang mempunyai penyakit atau riwayat diabetes, di samping mengonsumsi obat-obatan atau obat herbal guna diabetes, usahakanlah memilih pare sebagai menu selingan mulai sekarang. 

Kandungan Polipeptida-p yang ada pada biji dan daging buah pare ternyata mempunyai efek hipoglikemik yang paling bagus guna menurunkan kadar gula dalam darah penyebab diabetes. Tak heran bila sayuran ini tidak sedikit direkomendasikan oleh pakar kesehatan guna dikonsumsi mereka yang bermasalah dengan gula darah.


Memerangi Kolesterol Jahat

manfaat-pare-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat pare bagi kesehatan - www.healthnote25.com

Kolesterol jahat yang bersarang di tidak sedikit jaringan tubuh, khususnya darah, adalahsatu dari sekian tidak sedikit penyebab munculnya penyakit riskan dan mematikan laksana serangan jantung.

Nah, kandungan zat tertentu dalam pare ternyata paling ampuh dalam menambah produksi apolipoprotein A-1 yang adalahkomponen utama kolesterol baik. Makin tidak sedikit kadar apolipoprotein A-1 dalam tubuh, dengan kata lain makin tidak banyak jumlah kolesterol jahat dalam darah. Jadi, tidak boleh malas mengonsumsi pare, ya!

Anti-Kanker

Mencegah datangnya penyakit kanker ternyata semudah mengonsumsi sayur pare, lho. Tidak percaya? Di samping berisi zat antioksidan yang aktif mencegah radikal bebas, pare pun menyimpan zat lektin yang aktif menghambat sintesis protein dan DNA pada limfosit leukemia. Kandungan protein dalam buah berkulit gerigi ini pun dirasakan ampuh menangkal pertumbuhan tumor prostat pada laki-laki dewasa.

Mencegah Obesitas

Anda yang sedang giat merealisasikan program diet guna menurunkan berat badan rasanya mesti mulai rajin mengonsumsi pare. Sayuran ini terbukti dapat meningkatkan pemakaian glukosa dan menghanguskan lemak guna kemudian diolah menjadi energi.

Meningkatkan Produksi ASI

Bunda sedang menjalani fase menyusui? Cobalah secara teratur mengonsumi pare. Sayuran yang di sejumlah daerah dinamakan paria ini ternyata berisi zat likopen, fitokimia, serta vitamin K yang paling bagus untuk memicu produksi air susu ibu.

Mengonsumsinya pun dapat dilakukan dengan sekian banyak  cara, baik dimasak dengan bumbu cocok selera atau diciptakan jus pare murni. Jika tidak powerful dengan rasa pahitnya, tambahkan saja gula atau madu secukupnya.

Menghilangkan Jerawat

Punya masalah dengan jerawat, tapi tak mau memakai krim dokter sebab takut ketergantungan? Tak usah khawatir, karena pare dapat jadi solusinya. Kandungan beta-karoten dan antioksidan dalam sayur ini terbukti paling ampuh menangkal bakteri penyebab jerawat.

Buat saja masker dari pare. Caranya, sisihkan pare dari biji-bijinya, kemudian blender hingga halus dengan menambahkan tidak banyak air. Jika telah menjadi pasta, oleskan pada wajah yang sudah dimurnikan air hangat. Lakukan perawatan ini secara teratur sampai wajah benar-benar bebas jerawat.

Meringankan Asma

Asma adalahpenyakit yang disebabkan tidak sedikit faktor, salah satunya ialah cuaca dingin yang ekstrem. Beruntung, peneliti dari University of Massachusetts mengejar kandungan zat anti-histamin, anti inflamasi, supresan, ekspektoran, dan antivirus dalam pare yang sangat berfungsi dalam meredakan asma, demam, atau bahkan bronchitis.
Lebih baik konsumsilah pare sesaat sebelum tidur supaya waktu tidur Anda tak terganggu sebab sesak napas.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

manfaat-pare-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat pare bagi kesehatan - www.healthnote25.com

Daging buah dan biji pare mempunyai kandungan antivirus yang paling baik untuk mengawal dan menambah kekebalan tubuh. kita yang hendak mempunyai tubuh yang senantiasa bugar, tak terdapat salahnya teratur mengonsumsi pare mulai sekarang.

0 Comments: