Tuesday, April 17, 2018

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

sirsak,buah sirsak,manfaat buah sirsak, khasiat buah sirsak,fruit
manfaat buah sirsak untuk kesehatan - www.healthnote25.com




Sirsak adalah buah berwarna hijau dengan rasa manis bercampur tidak banyak asam. Kadang buah ini sering dipakai untuk menciptakan es jus segar. Sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 biji buah, dan 4 persen inti buah yang terdiri dari karbohidrat tinggi.


Sebetulnya sirsak bukan berasal dari Nusantara, tetapi dari area Amerika. Di Indonesia sendiri buah sirsak dinamakan dengan sekian banyak  macam sebutan. Ada yang menyebutnya dengan nangka landa/walanda (Jawa), nangka buris (Madura), boh lona (Aceh), durio ulondro (Nias), dan masih tidak sedikit lagi.


Penelitian Tentang Manfaat Buah Sirsak


Sirsak telah ada semenjak jaman dulu kala. Nenek moyang mengonsumsi buah sirsak sebagai obat herbal sekian banyak  macam penyakit. Sebut saja laksana sembelit, ambeien, luka, dan lainnya yang konon dapat sembuh dengan buah ini. Khasiat buah sirsak spektakuler inilah yang lantas mendorong para berpengalaman untuk mengerjakan riset riset lebih mendalam.


Dalam suatu studi riset yang sudah diterbitkan oleh Journal of Ethnopharmacology, diperlihatkan bahwa ekstrak buah sirsak dapat mencegah perkembangan virus herpes. Di samping itu, Pusat Kanker Dunia pun mengatakan bahwa buah sirsak berisi senyawa anti-kanker yang bisa menghambat perkembangan sel abnormal dalam tubuh.


Manfaat sirsak yang spektakuler itupun semakin diperkuat lagi dengan suatu studi yang diterbitkan oleh Journal of Medicinal Chemistry pada tahun 1997. Dimana mereka dapat membuktikan bahwa ekstrak buah sirsak bisa melawan kanker payu-dara 250 lipat lebih baik dari kemoterapi.


Manfaat Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh Kita


Berbeda dengan buah pada umumnya, sirsak berisi lebih tidak sedikit nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi berikut yang diandalkan  membuat khasiat sirsak untuk kesehatan paling besar. apa sajakah itu? inilah info selengkapnya.

sirsak,buah sirsak,manfaat buah sirsak, khasiat buah sirsak,fruit
manfaat buah sirsak untuk kesehatan - www.healthnote25.com




1. Mencegah kanker

Seperti yang telah dilafalkan diatas tadi, guna sirsak salah satunya ialah mampu menangkal kanker. Ternyata dalam buah sirsak terdapat senyawa fitokimia mempunyai nama Annonaceous acetogenins.

Senyawa ini bermanfaat menghambat perkembangan virus dalam tubuh yang mengkibatkan mutasi genetik (kanker). Menariknya lagi, sekian banyak  jenis kanker dapat dicegah dengan konsumsi buah sirsak berkala.

2. Menurunkan kolesterol jahat

Tubuh anda terdiri dari kolesterol jahat dan kolesterol baik. Bila kolesterol jahat dalam tubuh anda lebih banyak, maka akan paling buruk untuk kondisi kesehatan. Sebaliknya, bilamana kolesterol baik dalam jumlah lebih tidak sedikit maka akan paling bagus guna hidup sehat.

Buah sirsak berisi nutrisi serat tinggi yang terbukti lumayan ampuh guna mengikat kolesterol jahat kemudian membuangnya terbit dari tubuh. Dengan kata lain, guna sirsak guna menurunkan kolesterol jahat sangatlah luar biasa.

3. Mencegah sembelit dan merawat pencernaan

Tak hanya berfungsi menurunkan kolesterol saja, namun kandungan serat tersebut juga baik guna sistem pencernaan tubuh. Bagi anda yang merasakan sembelit, diare, atau masalah pencernaan lainnya konsumsilah buah ini.

Meski kandungan serat tak setinggi buah pepaya, namun dengan konsumsi rutin paling tidak 50 gram sehari pencernaan anda akan lebih baik. Jangan tak sempat olah buah sirsak bareng dengan buah lain agar hasilnya maksimal ya.


4. Mengobati bisul, wasir, ambeien, dan sejenisnya

Bisul, wasir, ambeien, eksim, keloid, dll bisa muncul diakibatkan karena adanya gangguan pada permukaan kulit. Misalnya laksana kolagen dalam jumlah besar, radang, timbunan lemak, dan sebagainya. Meski sepele, tapi andai kamu biarkan benjolan itu akan pulang menjadi kanker mematikan.

Sebelum semuanya terlambat, atasi dengan memakai buah sirsak. Kamu dapat mengonsumsi secara teratur atau mengoleskan halusan sirsak ke unsur yang bermasalah. Caranya gampang kok, anda tinggal tempelkan sirsak sekitar 30 menit ke unsur benjolan. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan bersih.

5. Mengatasi sakit kepala

Penyebab sakit kepala paling beragam, tergolong salah satunya ialah kekurangan nutrisi vitamin B2. Nah untuk kamu yang sering merasakan sakit kepala terdapat baiknya guna lebih waspada, meski melulu sekedar migrain saja.

Bila belum parah, kamu dapat mengonsumsi buah sirsak guna meredakan sakit kepala tersebut. Buah sirsak diperkaya dengan kandungan riboflavin dan vitamin B2 yang telah terbukti dapat menghilangkan sakit kepala apapun.

6. Menjaga sistem imun tubuh

Manfaat buah sirsak berikutnya ialah menjaga sistem imun (kekebalan) tubuh. Kualitas kesehatan seseorang sangat diprovokasi oleh imun. Untuk menambah sistem kekebalan ini, kamu dapat mengonsumsi buah sirsak.

Mengapa buah sirsak baik guna kekebalan? Karena buah ini berisi vitamin C tinggi. Seperti anda ketahui bersama, vitamin C dapat beraksi sebagai antioksidan pencegah radikal bebas penyebab penyakit.


7. Baik guna tulang

Kalsium, fosfor, dan vitamin D adalahjenis-jenis nutrisi yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan perkembangan tulang, khususnya pada anak-anak. Sedangkan pada lansia, kandungan itu sangat bermanfaat untuk menangkal osteoporosis.

Kamu tak perlu melakukan pembelian susu mahal guna mendapatkan nutrisi tersebut. Dalam 100 gram daging buah sirsak terdapat 14 miligram kalsium dan 27 miligram 27 gram fosfor. Oleh karena itu, tidak boleh lewatkan buah ini bila hendak tulang sehat dan kuat.

8. Mengobati dan menangkal anemia

Anemia adalahgangguan kesehatan yang muncul dampak tubuh mengalami kelemahan sel darah merah. Penyebab anemia sendiri lumayan beragam, salah satunya ialah defisiensi zat besi. Sirsak tergolong buah yang berisi sumber zat besi terbaik.

Cukup dengan konsumsi 50 gram sehari saja fenomena anemia bakal hilang dengan sendirinya. Di samping baik guna penderita, buah sirsak pun ampuh untuk menangkal anemia untuk kamu yang belum mengalaminya.

9. Menjaga kelembaban dan kesehatan kulit alami

Apakah anda mempunyai kulit kering dan kusam? Jika benar demikian, konsumsilah buah sirsak secara berkala. Berbeda dengan buah pada umumnya, sirsak berisi pelembab alami yang lebih tinggi.

Kandungan mineral alami dalam sirsak berikut yang diandalkan  dapat melembabkan kulit. Jangan lupa pakai juga masker wajah alami supaya hasilnya semakin maksimal.

10. Mengobati hipertensi dan asam urat

Tingginya kadar asam urat dalam tubuh kadang menciptakan tekanan darah menjadi naik (hipertensi). Apabila situasi hipertensi dan asam urat tidak dipedulikan dalam masa-masa yang lama, maka akan paling buruk untuk kesehatan.

Untuk mengobati asam urat dan hipertensi, kamu dapat mengonsumsi buah sirsak. Buah ini diperkaya dengan kandungan kalium yang telah terbukti dapat melarutkan asam urat berlebih dalam tubuh.

Penting! Aturan Konsumsi Buah Sirsak

Anggapan “berlebihan tersebut tidak baik” nampaknya paling pas guna buah sirsak. Memang betul guna sirsak untuk kesehatan paling luar biasa. Akan tetapi, konsumsi buah sirsak secara berlebihan malah sangat tidak baik guna kesehatan.

Berdasarkan keterangan dari para ahli, kandungan senyawa alkaloid berlebih dalam sirsak dapat mengakibatkan fenomena neurologis serupa dengan penyakit Parkinson. Maka dari itu, usahakan konsultasikan dulu ke dokter mengenai takaran yang tepat sebelum mengonsumsinya.

Itulah informasi seputar guna buah sirsak guna kesehatan tubuh yang dapat kita dapatkan. Apabila terdapat khasiat sirsak yang belum jelas, silahkan sampaikan melewati kolom komentar. Semoga bermanfaat!

0 Comments: