Saturday, April 14, 2018

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan





kemangi,daun kemangi,manfaat daun kemangi
daun kemangi - www.healthnote25.com



 Kemangi (Ocimum sanctum) memang bukan tumbuhan yang asing untuk kita, sebab selain gampang dijumpai di halaman rumah, kebun atau ladang, kadang tidak sedikit juga ditemukan di pinggiran jalan.Sampai ketika ini, barangkali kita melulu tahu bahwa kemangi hanya dipakai sebagai lalapan segar, ditambahkan pada masakan-masakan ikan, ayam atau dipakai pula sebagai obat tradisional


Kemangi dan tanaman semacamnya yaitu selasih atau basil (Ocimum basilicum) mempunyai sejarah yang menarik, tumbuhan jenis ini pernah menjadi tumbuhan kerajaan di Prancis dan Italia. Bunga dari tumbuhan ini dipilih untuk mengaku cinta, sementara di India tumbuhan ini adalahsalah satu tumbuhan disucikan yang dipakai untuk upacara-upacara keagamaan.


Di negara Cina, tumbuhan ini dipakai sebagi obat infeksi, sakit perut, gigitan ular, serangga, obat deman dan sebagai obat kanker. Banyak negara lainnya yang pun memanfaatkan tumbuhan in sebagi obat tradisioal, laksana Yunani, Filipina, Tanzania, Meksiko, dan negara-negara Amerika dan Eropa.


Terlepas dari pembuktian secara ilmiah, kemangi dan selasih secara pengalaman telah dipakai dalam penyembuhan tradisional untuk sekian banyak  macam penyakit, baik di Indonesia ataupun negara-negara lain.


Kemangi kaya bakal betakaroten dan magnesium, mineral urgen yang bermanfaat menjaga dan merawat kesehatan jantung. Aroma wangi daun kemangi memang mengundang selera makan. Wajar saja andai orangpun mengkonsumsi daun ini sebagai lalapan mentah, gabungan pepes, karedok atau terancam. Di samping melezatkan hidangan, daun kemangi berisi senyawa arginine yang terbukti dapat memperkuat masa hidup sperma, menangkal kemandulan dan menurunkan gula darah. Kemangi pun berisi zat yang dapat merangsang terbentuknya hormon androgen dan estrogen.

kemangi,daun kemangi,manfaat daun kemangi
daun kemangi - www.healthnote25.com


Daun kemangi yang seringkali dijadikan lalapan bareng sambel, daun kubis serta irisan mentimun ternyata mempunyai manfaat untuk kesehatan. Seringnya orang yang tidak tertarik menciptakan daun kemangi pun tidak digemari oleh sejumlah orang karena dalil tertentu, laksana mereka tidak suka dengan baunya atau sebatas tidak suka saja.


Padahal daun kemangi memiliki guna yang baik guna kita, sehingga tidak boleh abaikan daun kemangi yang melulu sekedar menjadi lalapan tersebut. Yang kesatu daun kemangi bermanfaat untuk orang yang merasakan masalah bau mulut atau bau badan, daun kemangi yang dikonsumsi secara langsung dan teratur bisi menangkal dan meminimalisir bau mulut dan badan. Dan apa bila kamu tidak suka dengan baunya kamu juga dapat membaut air perasan daun kemangi yang dibaur dengan kunyit dan daun beluntas kemudian meminumnya secara rutin masing-masing hari.

kemangi,daun kemangi,manfaat daun kemangi
daun kemangi - www.healthnote25.com



Bahkan John Henry M. dalam bukunya berjudul ”A Dictionary of Practical Material Medical” menuliskan bahawa khasiat dari daun kemangi atau sari daun kemangi dapat untuk menanggulangi penyakit diare, gangguan pada vagina, nyeri payudara, sampai mengatasi batu ginjal dan albuminaria.


Sedangkan menurut riset yang dilaksanakan oleh Center for New Crops and Plant Products, Purdue University, AS , memperlihatkan bahwa daun kemangi terbukti berkhasiat ampuh menanggulangi keluhan flu, diare, sakit kepala, cacingan, sembelit, sampai penyakit ginjal.


Di samping itu, riset tersebut pun membuktikan guna daun kemangi guna mengobati perut kembung, maag, badan lesu, masuk angin, sampai mengatasi kejang. Aroma dari daun kemangi pun dapat dipakai sebagai obat nyamuk.


Dari sejumlah penjelasan tadi tak diragukan lagi bahwa memang daun kemangi mempunyai khasiat yang bermanfaat, sebenarnya kita tahu daun kemangi melulu sekedar guna lalapan saja. Daun kemangi tidak jarang disuling sebab berisi minyak atsiri kelompok tinggi dimana wewangian kemangi bakal hilang dalam masa-masa 24 jam sesudah dioleskan ke tubuh. 


Minyak atsiri tersebut dapat membuat tubuh lebih segar dan meringankan rasa sakit sehingga paling baik dipakai sebagai minyak pijat aroma. Namun, andai Anda ialah Ibu hamil tidak boleh menggunakan minyak ini sebab dapat mengakibatkan resiko keguguran.


Tak melulu itu saja guna daun kemangi untuk kesehatan, daun kemangi masih memiliki guna untuk menanggulangi masalah pencernaan, infeksi usus, muntah, sakit kepala, demam, sampai radang lambung. Dan bila ada yang mempunyai keluhan enjakulasi, daun kemangi mempunyai kandungan zat Eugenol dan Apigenin fenkhona yang dapat menolong membuat ereksi lebih mudah, dan zat arginin untuk menangkal kemandulan.

0 Comments: