Saturday, April 14, 2018

Manfaat Kayu Cendana Bagi Kesehatan





kayu cendana,sandalwood,manfaat kayu cendana
kayu cendana - www.healthnote25.com



 Kayu cendana ialah sejenis kayu yang begitu familiar yang memiliki wewangian begitu khas. Cendana sendiri sebetulnya tumbuhan parasite, dimana hidup pada pohon inangnya, agar tetap tumbuh dan hidup. Kayu cendana memiliki wewangian wangi yang khas, sampai-sampai memiliki pesona tersendiri. Jadi lumrah bila kayu cendana memiliki nilai jual tinggi.

Penggunaan Kayu Cendana

Kayu cendana dapat dibilang paling langka. Kayu cendana berbobot | berbobot | berkualitas baik, umumnya dapat menyimpan wangi sampai berabad-abad. Di negara Indonesia sendiri, cendana biasa dijumpai di Provinsi Nusa Tenggara Timur, terlebih di Pulau Timor. Namun, ketika ini kayu cendana dapat ditemukan pun di lokasi pulau jawa. Kayu dengan warna kuning laksana belerang itu mempunyai tidak sedikit manfaat. Dimana salah satunya, dimanfaatkan sebagai tasbih, dikenal pun sebagai tasbih cendana.


Berdasarkan hasil penelitian, mengindikasikan kayu cendana mempunyai khasiat dapat mengilangkan sekian banyak  masalah laksana gelisah, kegelisahan serta menghilangkan stress. Di samping itu, masih ada tidak sedikit kegunaan dan guna lainnya pada kayu cendana, laksana bahan dasar furniture dan bahan dasar kerajinan tangan. Kayu cendana juga dapat dimanfaatkan sebagai obat alami, sebagai minyak wangi yang berkhasiat guna kesehatan tubuh dan kecantikan.

Manfaat Kayu Cendana Bagi Kehidupan Manusia

Ada sekian banyak  macam guna kayu cendana yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan manusia, diantaranya :



kayu cendana,sandalwood,manfaat kayu cendana
kayu cendana - www.healthnote25.com


1. Bagi Kecantikan

Selain dipakai untuk wewangian, kayu cendana berfungsi untuk kecantikan. Adapun manfaatnya yakni untuk menangkal timbulnya jerawat, menanggulangi minyak berlebih di wajah dan menghilangkan flek hitam di wajah.


2. Mengendalikan Depresi dan Stress

Kayu cendana berfungsi untuk mengendalikan depresi dan stress. Hal tersebut diakibatkan minyak cendana mempunyai efek sebagai anti depresan untuk mengurangi serta menanggulangi depresi dan cemas.


3. Sebagai Antiseptik

Kayu cendana pun memiliki guna sebagai anti mikroba atau antiseptic. Hal itu berarti bahwa kayu cendana dapat berkhasiat untuk ketahanan tubuh guna menghalau bakteri maupun kuman penyebab penyakit.


4. Bahan Baku Obat Herbal

Manfaat kayu cendana berikutnya yaitu dapat dijadikan sebagai bahan baku obat herbal. Umumnya unsur pohon cendana yang diaplikasikan guna obat herbal, yaitu dipungut kulit kayu dan minyak pohon cendana tersebut. Adapun khasiat obat tradisional pohon cendana, yakni sebagai anti peradangan, dapat dijadikan pembersih ketika menstruasi dan menangkal terjadinya disentri. Pengolahan bahan baku daun cendana pun paling mudah, dengan memblender kulit dari kayu cendana hingga halus kemudian mengonsumsi air hasil dari saringan bubuk kayu cendana tadi.


5. Sebagai Lambang Prestise

Tak dapat dipungkiri, melewati kualitas kayu tinggi beserta proses budidaya lumayan sulit, maka harga dari kayu cendana dibanderol paling tinggi. Sehingga urusan itu akan berdampak pada perlengkapan yang memakai bahan baku kayu cendana. Harga kerajinan, meubel, harga perlengkapan dari kayu cendana menjadi lebih tinggi. Hal itu menjadikan sekian banyak  peralatan yang memakai bahan baku kayu cendana berkesan mahal dan mewah, serta dapat meningkatkan prestise.


6. Melancarkan Buang Air Kencil

Minyak yang berasal dari pohon cendana juga dapat menolong melancarkan proses buang air kecil. Dimana minyak cendana dapat menekan rasa nyeri saat mengerjakan ekskresi atau buang air kecil. Dengan begitu, kayu cendana sangat bermanfaat untuk penderita gangguan buang air kecil.


7. Bahan Dasar Kerajinan Tangan

Disamping sebagai bahan dasar meubel atau furniture, kahu cendana pun bisa dijadikan sebagai bahan dasar kerajinan tangan beserta hiasan, diantaranya ukiran dan keris. Manfaat kayu cendana ini tentu menciptakan pohon cendana paling diperlukan.

0 Comments: