Thursday, April 19, 2018

Manfaat Daun Ketumbar Bagi Kesehatan



ketumbar,daun ketumbar,manfaat daun ketumbar,herbs
manfaat daun ketumbai bagi kesehatan  - www.healthnote25.com


Daun ketumbar memang masih kalah pamornya jika dibandingkan dengan biji ketumbarnya. Hampir semua masakan baik itu mulai dari sayur, gorengan, dan segala macamnya hampir semuanya menggunakan ketumbar. Akan tetapi daun ketumbar itu sendiri justru memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga mengobati penyakit.

ketumbar,daun ketumbar,manfaat daun ketumbar,herbs
manfaat daun ketumbar bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Jika dilihat dari bentuknya daun ketumbar ini hampir sangat mirip dengan daun seledri, akan tetapi ada beberapa bagian yang membedakannya. Salah satu perbedaannya adalah daun ketumbar sedikit lebih bulat jika dibandingkan dengan daun seledri. Selain itu dari kandungan yang ada di dalamnya pun juga sudah pasti sangat berbeda.

Kandungan daun ketumbar :

  • ·         Beberapa vitamin ; vitamin A, vitamin B1, vitamin C
  • ·         Lemak
  • ·         Karbohidrat
  • ·         Protein
  • ·         Fosfor
  • ·         Kalsium
  • ·         Sabinene
  • ·         Linallol
  • ·         Asam caffeic
  • ·         Ferulic

Dan masih banyak lagi

Dan ternyata daun ketumbar memiliki kandungan vitamin yang cukup banyak dan hampir sama dimiliki oleh beberap buah. Jadi sungguh tidak heran jika daun ini akhirnya dibuat sebagai obat herbal untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Mulai dari penyakit yang ringan hingga penyakit berat. Dan berikut ini cara mengolah daun yang kaya akan manfaat agar bisa dijadikan obat herbal.

Cara membuat obat dari daun ketumbar dengan merebus ;
Ambil beberapa daun ketumbar serta batangnya yang masih segar dan jangan memilih yang masih layu atau sudah berwarna kecoklatan
Lalu kamu cuci daun tersebut agar terbebas dari pupuk kimia atau pupuk kompos
Selanjutnya kamu tuangkan air 1 hingga 3 gelas ke dalam panci pemanas
Dan juga masukkan daun yang sudah kamu cuci bersih
Diamkan hingga air benar-benar mendidih dan hanya menyisakan air satu gelas saja
Lalu saring dan ambil airnya saja dan tuangkan ke dalam gelas
Kamu bisa memberikannya campuran seperti gula batu atau madu muri sedikit saja, agar semakin enak kamu meminumnya
Kamu bisa mengkonsumsinya 1 hingga 3 kali dalam sehari tergantung pada penyakit atau kegunaannya
Cara lainnya kamu bisa membuatnya dengan sedikit berbeda, dan membiarkan daun ketumbar sedikit lebih mentah. Dan sisi positifnya menggunakan cara yang kedua atau dengan menyeduhnya adalah tidak menghilangkan kandungan atau nutrisi yang ada di dalamnya.
Cara membuat obat dari daun ketumbar dengan menyeduh ;

Ambil beberapa daun ketumbar yang masih segar secukupnya untuk satu gelas

Lalu kamu cuci hingga benar-benar bersih dan tidak ada lagi sisa kotoran di daunnya

Selanjutnya kamu iris kecil-kecil dan masukkan ke dalam gelas

Lalu ambil air yang benar-benar panas dan masukkan ke dalam gelas yang sudah berisi daun ketumbar

Lalu diamkan hingga air berubah warna menjadi kehijauan dan semakin hangat untuk diminum
Kamu bisa meminumnya secara langsung tanpa campuran bahan lainnya, atau bisa kamu campuri dengan madu murni atau menggunakan gula batu

Jika dilihat memang lebih baik dengan memakai cara yang kedua karena dengan menyeduh nutrisi yang ada di dalam daun ketumbar tidak menguap atau hilang. Dan kamu juga bisa meminumnya sehari sekali untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Dan berikut ini macam-macam penyakit yang bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi ekstrak dari daun ketumbar.

1. Mencegah kanker
Daun ketumbar memiliki sifat antibiotik dan antioksidan alami, dan kandungan yang ada di dalamnya mampu mencegah timbulnya sel kanker di dalam tubuh. Jadi dengan meminumnya secara teratur maka sangat memungkinkan akan terhindar dari kanker. Mulai dari kanker payudara hingga kanker-kanker lainnya.

2. Sebagai antibiotik
Tidak diragukan lagi bahwa daun ketumbar memang memiliki sifat antibiotik secara alami. Jadi dengan mengkonsumsinya dan menjadikannya sebagai minuman keseharian maka akan membunuh baik itu bakteri maupun virus yang ada di dalam tubuh kita.

3. Sebagai antimikroba
Selain antibiotik atau antioksidan, daun ketumbar juga memiliki kandungan minyak atsiri. Dan fungsinya adalah sebagai antimikroba atau membunuh sel-sel bakteri yang hidup di dalam tubuh kita. Karena jika dibiarkan bisa menimbulkan berbagai infeksi, seperti infeksi jamur.

4. Menyehatkan kulit
Untuk mengolah daun ketumbar agar menjadi obat herbal tidak hanya dalam bentuk minuman saja, akan tetapi juga bisa kamu gunakan sebagai lulur atau masker. Caranya hanya dengan menumbuk daunnya hingga benar-benar lembut, dan berikan sedikit air saja lalu tinggal kamu balurkan ke semua bagian kulit, mulai dari kaki hingga wajah.

5. Mengobati jerawat
Kandungan seperti antioksidan, antibiotik, dan juga sebagai anti jamur maka sudah pasti masker wajah yang terbuat dari daun ketumbar bisa menghilangkan jerawat di wajah. Caranya tinggal kamu haluskan daunnya dan kamu beri sedikit air lalu oleskan ke seluruh wajah kamu terutama pada bagian yang berjerawat. Gunakan setidaknya 3 kali dalam seminggu agar jerawat kamu mulai kering.

6. Mengobati peradangan kulit
Peradangan pada kulit bisa disebabkan oleh berbagai macam hal seperti memar atau lebam. Kandungan minyak atsiri yang ada di dalam daun ini sangat mampu meredam rasa sakit dan juga mengempeskan. Cara tinggal kamu tumbuk hingga lembut lalu balurkan ke bagian kulit kamu yang meradang. Ulangi beberapa kali dalam sehari agar rasa sakitnya cepat hilang.

7. Mengobati jamur kulit
Minyak atsiri yang ada di dalam daun ketumbar yang memiliki sifat seperti antimikroba akan mengobati beragai macam jamur pada kulit. Misalnya seperti penyakit kulit panu, kadas, kurap, hingga eksim juga bisa disembuhkan. Tinggal kamu lembutkan saja daun ketumbar lalu oleskan pada bagian kulit kamu yang terkena jamur, dan ulangi beberapa kali dalam sehari.

8. Mengobati anemia
Dengan meminum esktrak dari daun ketumbar secara rutin setiap harinya maka akan menyembuhkan penyakit anemia. Zat besi yang ada di dalam daun ini mampu mengatasi berbagai masalah seperti sesak nafas, kelelahan, dan kurangnya fungsi kognitif. Jadi dengan tercukupinya zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh maka akan menguatkan organ tubuh dan juga akan memberikan energi.

9. Menurunkan kolesterol
Kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh dapat dikurangi jika tubuh kita memiliki zat asam yang cukup. Dengan meminum air rebusan atau jus daun ketumbar yang memiliki kandungan zat asam, seperti asam palmitat, asam stearat, asam karbonat, dan asam linoleat. Maka akan menurunkan kadar kolesterol yang terlalu tinggi.

10. Menurunkan tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi bisa mengakibatkan serangan jantung dan juga stroke. Dengan mengkonsumsi daun ketumbar yang sudah diolah menjadi ramuan herbal maka akan menurunkan tekanan darah tinggi. Setidaknya meminum sekali dalam sehari, dan bisa juga kamu jadikan sebagai terapi setiap harinya.

11. Mengobati diare
Beberapa penyebab timbulnya penyakit diare adalah adanya mikroba dan juga jamur di dalam sistem pencernaan. Sifat dasar dari daun ketumbar yang anti mikroba dan juga anti jamur, maka akan segera menyembuhkan penyakit ini. Sistem kerjanya akan menekan rasa mual dan juga mengatasi masalah pencernaan.

12. Menyehatkan fungsi hati
Daun ketumbar memiliki kandungan minyak esensial seperti borneol dan linalool dan zat-zat seperti inilah yang akan kembali menyehatkan fungsi hati.

13. Mengatasi masalah pencernaan
Tidak hanya untuk penyakit diare saja, akan tetapi seperti penyakit lambung, kandungan asam lambung yang terlalu tinggi, dan juga masalah pencernaan akan mampu diatasi hanya dengan meminum air rebusan atau jus dari daun ketumbar.

14. Detoksifikasi alami
Tidak hanya mampu menyehatkan fungsi hati dan mengeluarkan racun yang ada di hati karena efek dari makanan dan lain-lain. Tapi daun ketumbar juga bisa mengeluarkan racun dari tubuh atau berfungsi sebagai detoksifikasi secara alami.

15. Menyehatkan tulang
Kandungan dari daun ketumbar yang tinggi akan zat besi akan berdampak positif untuk kesehatan tulang. Dan tidak hanya pada orang dewasa yang sudah berumur 50 tahun an ke atas saja, akan tetapi juga membantu pertumbuhan tulang pada anak-anak

16. Mengobati sariawan
Tidak hanya kandungan vitamin C saja yang bisa mengobati sariawan. Akan tetapi kandungan seperti minyak atsiri yang ada di dalam daun ketumbar juga berfungsi sebagai antiseptik yang sangat mujarab. Kamu bisa menggunakannya hanya untuk berkumur pada malam hari atau bisa juga di pagi hari untuk menyembuhkan sariawan.

17. Menyehatkan mata
Jadi tidak hanya sayuran seperti wortel saja yang kaya akan vitamin A, tapi daun ketumbar juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Dengan meminumnya sehari sekali saja sudah bisa membuat mata kamu terlihat lebih cerah. Dan juga mampu meningkatkan daya penglihatan.

18. Mengobati diabetes
Manfaat dari mengkonsumsi daun ketumbar salah satunya adalah akan merangsang kelenjar endokrin. Dengan demikian maka akan meningkatkan insulin yang ada di dalam darah yang pada akhirnya akan menyerap gula yang ada di dalam darah. Jadi dengan mengkonsumsinya secara teratur maka akan menurunkan gula yang ada di dalam darah.

19. Menyehatkan fungsi ginjal
Tidak hanya untuk menyehatkan fungsi hati saja, akan tetapi efek dari mengkonsumsi daun ketumbar juga akan menyehatkan ginjal. Dan penyakit seperti infeksi atau batu ginjal akan bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi ekstrak daun ini. Kandungan yang ada di dalamnya akan menghancurkan batu ginjal dan juga memperlancar buang air kecil.

20. Mengobati insomnia
Daun ketumbar memiliki sifat yang sangat menenangkan ketika dikonsumsi. Hal ini karena daun tersebut memiliki kandungan fitonutrien yang fungsinya akan membantu untuk menyeimbangkan kimia yang ada di dalam tubuh.

21. Mengatasi rasa sakit menstruasi
Tidak sedikit wanita yang selalu mengalami rasa sakit ketika sedang menstruasi. Dengan mengkonsumsi air rebusan atau jus daun ketumbar maka akan mengurangi rasa sakit ketika menstruasi. Dan sebaiknya diminum ketika sebelum menstruasi atau disaat menstruasi.

22. Mengatur siklus menstruasi
Salah satu keunikan dari daun ketumbar adalah mampu mengatur siklus menstruasi yang terkadang sangat tidak teratur. Hal ini karena efek dari daun tersebut akan memberikan stimulus pada kelenjar endokrin yang akan memperlancar menstruasi lebih teratur.

23. Melancarkan peredaran darah
Salah satu penyebab dari serangan jantung atau sakit pada jantung adalah tidak lancarnya peredaran darah. Setidaknya meminum 1 kali dalam sehari akan membuat peredaran darah yang ada di dalam tubuh menjadi lancar, dan juga akan mencegah terjadinya penggumpalan darah atau bahkan serangan jantung.

24. Mengatasi rasa cemas
Daun ketumbar memiliki aroma yang cukup khas dan kandungannya juga bersifat sangat menenangkan. Jadi hanya meminum air rebusan atau jus dari daun ketumbar akan membantu mengurangi rasa cemas hingga stres karena berbagai hal.

25. Mencegah osteoporosis
Salah satu zat yang dimiki oleh daun ketumbar adalah zat besi dan zat besi ini yang membantu menyehatkan tulang. Jadi tidak hanya untuk pertumbuhan tulang pada anak-anak sajawa, tapi pada orang dewasa juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari pengeroposan tulang.

26. Mencegah penyakit Alzheimer
Alzheimer adalah salah satu gangguan atau kelainan pada otak dan ada sebagian sel-sel saraf di otak tersebut mati, atau biasa disebut sebagai demensia atau pikun. Dengan mengkonsumsi air rebusan atau membuatnya menjadi jus daun ketumbar maka akan mencegah penyakit ini. Setidaknya ada pencegahan di awal dengan mengkonsumsinya sekali dalam sehari.

27. Mengobati rematik
Rasa sakit yang disertai peradangan pada tulang yang biasanya di bagian persendian ini mampu kamu obati dengan daun ketumbar. Kandungan zat besi akan membantu menyehatkan kembali fungsi tulang terutama pada bagian persendian.




sumber

0 Comments: