Tuesday, April 17, 2018

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

tomat,manfaat tomat
tomat - www.healthnote25.com


Tomat atau Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum tergolong tumbuhan dari family Solanaceae, yang tanaman ini pun adalahtumbuhan pribumi Amerika Tengah dan Amerika Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat ini sendiri adalahtumbuhan siklus hidup singkat, yang bisa tumbuh setinggi 1 - 3 meter.


Tomat adalah buah yang identik dengan warna merah menyala. Tomat bisa dimakan secara langsung ataupun ditambahkan pada masakan favorit. Tomat tergolong jenis buah-buahan dan buah itu berisi sekian banyak  nutrisi yang tentunya dibutuhkan oleh tubuh.


Buah tomat adalahsumber vitamin A, C, K, B6, folat, kalium thiamin, fosfor, niacin, magnesium, tembaga serta rendah sodium, lemak jenuh, kalori ataupun kolesterol. Hal ini yang menciptakan tomat menjadi buah yang mesti dikonsumsi sehari-hari. Berikut ini guna tomat.





tomat,manfaat tomat
tomat - www.healthnote25.com


Manfaat tomat 

   1.    Menjaga kesehatan kulit
Tomat dapat menciptakan kulit menjadi lebih sehat dan tetap indah. Beta-karoten yang terdapat dalam tomat dan berfungsi untuk mengayomi kulit dari kehancuran yang diakibatkan oleh penyampaian sinar matahari. Tomat pun berisi likopen, di mana senyawa likopen dapat mengayomi kulit dari kehancuran yang diakibatkan karena sinar UV, penyebab utama garis-garis halus dan adanya kerutan pada kulit.


   2.    Mengatasi jerawat
Manfaat tomat salah satunya bisa untuk menanggulangi jerawat. Hal ini disebabkan buah tomat berisi vitamin A, C, serta vitamin K yang dapat menolong mengatasi masalah jerawat.


   3.    Menjaga tulang tetap kuat
Vitamin K serta kalsium yang terdapat dalam tomat berfungsi untuk memperkuat dan membetulkan tulang. Likopen yang terdapat dalam tomat pun diketahui dapat menolong untuk menambah massa tulang yang pada kesudahannya dapat menangkal osteoporosis.


   4.    Melancarkan sistem pencernaan
Salah satu guna tomat yakni tomat adalahsumber serat yang tentunya dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi buah tomat, maka sistem pencernaan bakal tetap sehat dan lancar.


   5.    Mencegah diabetes
Manfaat tomat bisa untuk menangkal diabetes. Hal ini sebab kandungan kromium yang ada dalam buah tomat dapat untuk dapat menolong menyeimbangkan kadar gula darah. Sehingga bakal lebih stabil dan tidak membahayakan kesehatan.



   6.    Membantu melawan kanker
Kandungan likopen dalam tomat dinilai dapat meminimalisir risiko sejumlah jenis kanker tergolong diantaranya : kanker prostat, serviks, faring, lambung, tenggorokan, mulut, kerongkongan, dubur, usus besar, dan kanker ovarium. Tomat mempunyai kandungan vitamin A dan C serta antioksidan yang berperan urgen dalam melawan serangan radikal bebas yang adalahpenyebab kehancuran sel.


   7.    Menyehatkan rambut
Tomat adalahsumber vitamin A yang dapat untuk bisa menyehatkan rambut serta memperkuat rambut dari ujung hingga akarnya.


   8.    Mempertajam penglihatan
Vitamin A yang terdapat di dalam tomat dapat berfungsi untuk mengawal kesehatan mata serta dapat untuk mempertajam daya lihat organ mata seseorang terhadap benda di sekitarnya.


   9.    Mencegah batu ginjal
Tomat dapat menolong mencegah terjadinya batu ginjal serta batu empedu dalam tubuh. Pada sejumlah penelitian mengindikasikan bahwa batu ginjal serta batu empedu jarang ditemukan pada orang yang teratur mengkonsumsi buah tomat tanpa bijinya.


   10. Membantu menurunkan berat badan
Libatkanlah tomat ke dalam menu makanan harian, bilamana sedang menjalankan program diet. Hal ini sebab tomat berisi tidak sedikit air serta serat yang dapat menyerahkan rasa kenyang yang duratif tanpa menambahkan tidak sedikit kalori. Hal berikut yang menciptakan buah tomat bisa ikut menolong dalam menjalankan program diet unuk menurunkan berat badan.


   11. Meredakan peradangan
Manfaat tomat pun dapat guna meredakan peradangan. Penyakit yang sehubungan dengan peradangan laksana artritis atau nyeri punggung, mengkonsumsi buah tomat secara tertata dapat menjadi di antara solusinya. Tomat sudah diandalkan  dapat menolong meredakan rasa nyeri atau sakit yang berada di alami. Hal ini disebabkan buah tomat kaya bakal bioflavonoid dan karotenoid yang adalahagen anti-inflamasi.


   12. Meningkatkan nafsu makan
Dengan mengkonsumsi jus tomat 1 jam sebelum santap dan masing-masing hari dapat menambah nafsu santap pada si anak yang merasakan susah makan.

tomat,manfaat tomat
tomato - www.healthnote25.com


Itulah 12 guna tomat untuk kesehatan tubuh. Mengkonsumsi tomat masing-masing hari bisa menyehatkan tubuh. Anda bisa mengkonsumsi tomat sebagai camilan sehat atau penambah pada menu makanan, laksana salad, sup, dan sebagainya.

0 Comments: