Friday, April 20, 2018

Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan



daun serai,manfaat daun serai,herbs


 Serai atau Sereh adalahtanaman yang sering dipakai sebagai bumbu dapur. Batang ini begitu khas sampai-sampai sering pun dimanfaatkan sebagai bahan alami pengusir nyamuk. Tanaman ini seringkali ditanam oleh Masyarakat sebagai tumbuhan obat di pekarangan rumah.

Secara fisik, Serai serupa dengan rumput tetapi mempunyai ukuran yang lebih besar. Daunnya mempunyai tekstur kasar dan tajam pada unsur sampingnya. Ketika daun disobek, wangi khasnya bakal segera menyerebak. Bagian Serai yang biasa dipakai sebagai bumbu masak ialah batangnya. Batangnya berwarna putih dan mempunyai struktur yang tidak terlampau keras.

daun serai,manfaat daun serai,herbs



Tak hanya berfungsi sebagai bumbu dapur saja, ternyata terdapat ragam manfaat dan khasiat batang Serai guna kesehatan. Oleh sebab itulah, tidak sedikit orang yang mengkonsumsi batang tumbuhan ini dalam format wedang serai atau mengolahnya terlebih dahulu sebagai minyak atsiri. Beberapa guna dan khasiat batang serai yang barangkali belum kita ketahui ialah sebagai inilah :

1. Anti Kanker
Manfaat batang serai yang kesatu ialah sebagai anti kanker. Batang ini berisi senyawa citral yang dapat membunuh sel bobrok atau sel yang berkembang secara abnormal. Uniknya lagi, senyawa citral akan tidak mempedulikan sel sehat tetap hidup tanpa memprovokasi kinerjanya.

2. Mengatasi Diabetes
Meminum teh yang tercipta dari batang serai secara tertata dapat menormalkan kembali faedah pankreas dalam memproduksi insulin. Oleh sebab itu, mengkonsumsi teh dari batang ini bisa menurunkan kadar gula darah.

3. Mengobati Anemia
Anemia adalahpenyakit yang ditandai dengan tubuh lemah, lesu dan nampak pucat. Anemia seringkali disebabkan oleh kelemahan zat besi dalam darah, yakni zat yang bertanggung jawab dalam sintesa Hemoglobin.
Batang serai dinamakan sebagai bahan alami yang ampuh menanggulangi anemia sebab berisi tidak sedikit zat besi. Oleh sebab itu, mengkonsumsi wedang batang ini secara tertata lebih ampuh menanggulangi anemia dikomparasikan dengan konsumsi obat kimia.

4. Mengatasi Bakteri dan Jamur
Batang serai mempunyai sifat antiseptik sehingga dapat membunuh jamur dan bakteri. Hampir seluruh jeis jamur dapat diatasi, khususnya jamur penyebab penyakit kulit. Cara memanfaatkannya ialah dengan menumbuk batang ini dan menggunakannya sebagai obat oles.

5. Mengatasi Masuk Angin dan Perut Kembung
Teh yang tercipta dari gabungan batang sereh dan gula merah mempunyai sifat menghangatkan tubuh. Oleh sebab itu, meminum teh serai bisa mengobati masuk angin, perut kembung dan fenomena yang menyertainya. Di samping batangnya bisa diminum sebagai wedang, daun serai pun dapat diekstrak menjadi minyak atsiri yang pun dapat menghangatkan tubuh.

6. Mengeluarkan Racun Dari Dalam Tubuh
Batang tumbuhan ini pun dapat menghilangkan racun dari dalam tubuh. Kandungan dalam batang serai dapat menetralisir racun. Sedangkan antioksidan dan Antiseptik di dalamnya akan menolong organ hati dan ginjal pulang bersih. Efek yang dimunculkan jika Anda memakai batang tumbuhan ini sebagai media detoksifikasi ialah sering buang air kecil. Hal ini disebabkan batang serai mempunyai sifat diuritik. Adapun air seni yang terbit adalahair seni yang bercampur luruhan racun dalam tubuh.

7. Menurunkan Kolesterol Jahat
Batang serai diandalkan  mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) tanpa menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Di samping itu, anti-kolesterol yang terdapat pada batang tumbuhan serai akan merintangi penyerapan kolesterol di usus besar sampai-sampai kadar kolesterol dalam darah tetap terjaga. sifat anti-aterosklerosis pada batang tumbuhan serai pun kan menghambat proses pembentukan plak darah oleh lemak sampai-sampai resiko jantung koroner bisa diminimalisir.

8. Menguatkan Sistem Saraf
Batang serai berisi magnesium, fosfor dan folat yang bermanfaat menjaga kesehatan saraf. Jika kesehatan saraf terjaga, tubuh bakal lebih mudah mengerjakan aktivitas, menilik sesuatu serta mengubah informasi.

9. Mengobati Penyakit Kulit
Sifat anti jamur dan antiseptik pada batang serai dapat mengobati penyakit kulit secara tuntas. Caranya, ambil batang serai kemudian gosokkan pada lokasi kulit yang ditumbuhi jamur. Mungkin akan tidak banyak terasa perih, namun teknik ini akan mencuci penyakit kulit secara total tanpa meninggalkan noda.


10. Menurunkan Tekanan Darah
Saat diubah menjadi teh, batang serai bakal menghasilkan potasium dalam jumlah besar. Potasium ini nantinya akan merangsang tubuh mengerjakan proses diurisis, yakni proses penurunan desakan darah dengan teknik mengeluarkan natrium melewati urine.

0 Comments: