Sunday, April 8, 2018

, , , , ,

cara mengobati radang tenggorokan



cara-mengobati-radang-tenggorokan,www.healthhnote25.com
radang tenggorakan  - www.healthnote25.com



Bisa dialami di segala usia, radang tenggorokan biasanya terjadi pada anak-anak usia 5 hingga 15 tahun. Kondisi ini dapat disertai dengan demam, sakit kepala juga sulit menelan. Karenanya, kenali cara mengatasi radang tenggorokan berikut!


Radang tenggorokan adalah infeksi bakteri yang menyebabkan sakit dan bengkak di tenggorokan. Kelompok bakteri Streptococcus umumnya menjadi penyebab infeksi ini.


Penderita radang tenggorokan disarankan memperbanyak waktu istirahat karena dapat membantu tubuh melawan bakteri. Jika memungkinkan, izin dari sekolah atau kantor selama sakit karena bersin dan batuk penderita dapat menularkan infeksi.


Selain istirahat, beberapa cara mengobati radang tenggorokan berikut juga dapat kamu lakukan.

Perbanyak Minum Air

Air membantu menjaga kelembapan di tenggorokan sehingga membantumu menelan dan mencegah dehidrasi. Selain itu, minum banyak air putih juga membantu meredakan demam yang mungkin terjadi.

Berkumur dengan Air Garam

Coba untuk mencampurkan seperempat sendok teh garam meja dalam sekitar 250mL air mineral. Kemudian berkumurlah dengan campuran ini dan buang, jangan diminum.


Air garam dapat meringankan gejala radang tenggorokan seperti rasa gatal, serta membantu membunuh bakteri. Bila kombinasi ini terlalu asin, kamu dapat menambahkan madu untuk membantu meredakan infeksi.


Selain madu, cuka apel juga bisa ditambahkan. Cuka ini dipercaya memiliki sifat antibakteri. Tetapi, cuka apel cukup asam dan bisa berbahaya bagi enamel gigi. Jadi, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.


Memilih Sajian yang Memberi Efek Menenangkan

Gejala seperti sulit menelan mungkin kamu rasakan selama radang tenggorokan. Oleh karena itu, santaplah makanan yang mudah ditelan seperti kentang tumbuk, kaldu, sup, yoghurt, ataupun telur rebus.


Mengonsumsi minuman hangat seperti teh baik dari dedaunan maupun herbal bermanfaat meringankan gejala dan memberi efek menenangkan.


Minum teh dianggap cara tepat karena dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh sekaligus menjauhkan diri dari infeksi. Hindari menyantap sajian pedas atau asam. Tipe makanan ini justru dapat memperberat gejala yang dirasakan.


Permen Pelega Tenggorokan (Lozenges)

Permen pelega tenggorokan membantu melembapkan tenggorokan serta mengurangi rasa sakit. Sebaiknya, permen ini bisa diberikan pada anak di atas usia 4 tahun karena anak-anak yang lebih kecil lebih berisiko tersedak.


Menggunakan Pelembap Udara dan Menjauhi Zat Iritan (Penyebab Iritasi)

Kamu bisa mencoba menggunakan pelembap udara di rumah atau kamarmu. Udara yang lembap akan mencegah mulut dan tenggorokan kering, sehingga meringankan gejala radang.


Agar manfaat terserap maksimal, bersihkanlah alat pelembap udara setiap hari untuk mencegah perkembangan bakteri dan jamur.


Selain itu, hindari paparan dari zat di dalam rokok yang akan memperparah kondisi, misalnya asap rokok, bau dari produk pembersih, dan cat. Zat-zat tersebut dapat meningkatkan reaksi peradangan pada tenggorokan juga paru-paru.



Obat Penghilang Rasa Sakit dan Antibiotik

Untuk meredakan radang tenggorokan sekaligus menurunkan demam, kamu bisa minum obat-obatan penghilang rasa sakit yang dijual bebas, seperti ibuprofen dan paracetamol.


Bila tidak membuahkan hasil, radang tenggorokan dapat diobati dengan antibiotik karena kondisi ini disebabkan oleh bakteri. Antibiotik hanya bisa kamu dapatkan melalui resep dokter.


Antibiotik dapat menghambat pertumbuhan bakteri serta membunuh bakteri yang menginfeksi. Hal ini memperkecil kemungkinan timbulnya komplikasi seperti sinusitis, hingga demam rematik.


Jenis antibiotik yang biasa diberikan adalah penisilin dan amoksisilin. Saat mengonsumsi antibiotik, pastikan untuk mengikuti petunjuk yang diberikan dan habiskan obat meskipun gejala telah mereda.


Tidak menghabiskan antibiotik dapat memicu kambuhnya penyakit karena bakteri tidak ditangani dengan sempurna. Dan bila kondisi tidak membaik dalam 1 hingga 2 hari setelah meminum obat ini, silakan kembali ke dokter.


Umum terjadi pada anak-anak, cara mengobati radang tenggorokan sangat beragam mulai dari penanganan mandiri hingga obat-obatan dengan resep dokter.



Agar kondisi ini tidak terjadi kembali, sebaiknya kamu menjaga kebersihan tangan dan selalu menutup mulut saat bersin ataupun batuk. Tak hanya itu, hindari pemakaian pemakaian bersama barang pribadi seperti peralatan makan.







0 Post a Comment:

Follow by Email