Wednesday, May 16, 2018

, , , , , , , , , , , , ,

Manfaat Jamur Shitake Bagi Kesehatan



manfaat-jamur-shitake-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat jamur shitake bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Jamur shitake ialah salah satu jenis jamur yang bisa dikonsumsi dan telah terkenal sekitar ribuan tahun. Kebiasaan konsumsi jamur shitake berawal pada wilayah Asia Timur di mana di samping sebagai bahan makanan, jenis jamur ini juga dipakai sebagai bahan obat-obatan. Jamur shitake pada lazimnya dikenal mempunyai efek antiviral dan antibakterial serta dapat membetulkan inflamasi.

Kandungan nutrisi pada jamur shitake

Satu butir jamur siitake pada lazimnya mempunyai ukuran 5-10 cm dengan berat selama empat gram. Setiap 15 gram jamur shitake berisi empat kalori yang berasal dari serat dan gula, serta berisi satu gram protein. Dengan jumlah dosis yang sama, jamur shitake pun membantu memenuhi keperluan harian dari vitamin dan mineral di antaranya:

  • Vitamin B2 – mencukupi 11% keperluan harian
  • Vitamin B3 – mencukupi 11% keperluan harian
  • Vitamin B5 – mencukupi 33% keperluan harian
  • Vitamin B6 – mencukupi 7% keperluan harian
  • Vitamin D – mencukupi 6% keperluan harian
  • Selenium – mencukupi 10% keperluan harian
  • Tembaga – mencukupi 39% keperluan harian
  • Mangan – mencukupi 9% keperluan harian
  • Zinc – mencukupi 8% keperluan harian
  • Folat – mencukupi 6% keperluan harian


Manfaat jamur shiitake untuk kesehatan
manfaat-jamur-shitake-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat jamur shitake bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Manfaat kesehatan utama dari konsumsi jamur shiitake berasal dari kandungan nutrisi penting dan sejumlah komponen senyawa yang terdapat di dalamnya. Berikut sejumlah manfaat kesehatan dari konsumsi jamur shiitake:

Menjaga kesehatan jantung – jamur shiitake mempunyai komponen eksklusif untuk menolong mengontrol kolesterol darah di antaranya eritadenine (menegah pembentukan kolesterol berlebih), sterols (mencegah penyerapan kolesterol) dan beta-glucan (jenis serat yang bisa menurunkan kadar kolesterol).

Memperkuat sistem imun tubuh – hal disebabkan terdapat sejumlah komponen laksana serat dan sejumlah senyawa laksana asam oksalat, lentinan, centinamycin (anti-bakteri) serta eritadenine (antivirus) yang ada dalam jamur. Karena kandungan yang cukup tidak sedikit untuk melawan kuman, semua peneliti juga berasumsi bahwa obat yang berasal dari jamur shitake bisa menjadi pilihan pemakaian antibiotik.

Mencegah kanker – lentinan yang adalahsalah satu kandungan jamur shiitake dikenal sebagai zat anti-inflamasi yang efektif dalam memperbaiki kehancuran tubuh. The American Cancer Society juga berasumsi lentinan bisa menghambat perkembangan sel kanker dan efeknya bakal lebih kuat bilamana sel kanker itu masih dalam fase tumor.

Mencegah obesitas – komponen jamur shiitake laksana eritadenin mempunyai efek meminimalisir lemak, disamping itu, komponen b-glucan pun dapat menambah rasa kenyang dalam meminimalisir penyepan lemak. Salah satu riset pada tikus obesitas menunjukan asupan serbuk jamur shiitake dapat meminimalisir timbunan dan masa lemak pada tubuh tikus tersebut sampai 35%.

Menjaga kesehatan benak – jamur shiitake mempunyai kandungan vitamin B yang lumayan tinggi sehingga lumayan mengatasi gangguan kognitif dampak defisiensi vitamin B. Konsumsi jamur shitake bisa membantu ekuilibrium hormon benak dan menolong otak dalam berkonsentrasi.

0 Post a Comment:

Follow by Email