Wednesday, May 16, 2018

, , , , , , , , , , , , ,

Manfaat Jamur Maitake Bagi Kesehatan



manfaat-jamur-maitake-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat jamur maitake bagi kesehatan - www.healthnote25.com



 Jamur memiliki banyak  jenis,  terdapat yang dapat dimakan dan dijadikan obat, ada pun yang tidak. Salah satu jenis jamur yang bisa dimakan ialah jamur maitake. Bisa diprediksi namanya, jamur ini memang tumbuh di Jepang. Sejak dahulu, jamur ini dikenal dengan manfaatnya yang melimpah. Apa saja guna jamur maitake? Berikut manfaatnya berdasakan riset yang dilakukan.


Apa itu  jamur maitake?

Jamur maitake atau dikenal dengan nama ilmiah Grifola frondosa, berasal dari pegunungan di unsur timur laut Jepang. Dalam bahasa Jepang, kata “maitake” berarti jamur menari. Orang Jepang menamai jamur itu dengan maitake sebab mereka merasa paling senang sampai hendak menari-nari saat mengejar jamur ini di alam liar. 

Jamur ini dipercayai sebagai di antara adaptogen, yaitu tumbuhan yang dapat membantu tubuh melawan penyakit dan menata sistem tubuh yang tidak seimbang sampai-sampai sering dijadikan obat.


Jamur maitake tumbuh di unsur bawah pohon oak, elm, atau maple. Walaupun tumbuh baik di alam liar, jamur ini juga dapat dibudidayakan di halaman rumah. Sayangnya, jamur ini melulu tumbuh berkembang sekitar musim gugur berlangsung. Oleh karena itu, jamur ini menjadi di antara makanan kesayangan di Jepang sekitar musim tersebut.

manfaat-jamur-maitake-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat jamur maitake bagi kesehatan - www.healthnote25.com




Kandungan nutrisi jamur maitake

Berdasarkan keterangan dari penelitian, jamur maitake baik guna dikonsumsi maupun dijadikan obat sebab bebas lemak, rendah bakal kandungan natrium, kolesterol, dan kalori, serta kaya bakal nutrisi, seperti:

  • antioksidan
  • beta-glukan
  • vitamin B dan vitamin C
  • tembaga
  • kalium
  • serat
  • mineral
  • asam amino

Manfaat jamur maitake menurut keterangan dari penelitian
jamur maitake


Penelitian mempercayai bahwa kandungan nutrisi jamur maitake dapat berfungsi baik guna tubuh manusia. Namun, riset yang dilaksanakan masih berbasis pada fauna sehingga memerlukan penelitian lebih lanjut.

Dilansir dari Very Well Fit, semua ilmuwan mengejar bahwa jamur maitake berisi beta-glukan, yakni zat yang dapat mengaktifkan dan menambah produksi sel sistem kekebalan tubuh tertentu, laksana makrofag, sel T, sel pembunuh alami, dan neutrofil. 

Sel-sel tersebut menolong meningkatkan tubuh guna lebih cepat dan efektif melawan penyakit dan mempercepat pemulihan dari kehancuran jaringan.

Lebih jelasnya, simak sekian banyak  manfaat jamur maitake untuk kesehatan inilah ini.


1. Menangkal kanker

Penelitian mengindikasikan bahwa D-fraction dalam jamur maitake dapat meningkatkan efektivitas protein dan menghambat perkembangan sel kanker sehingga menangkal dan mengobati kanker payudara. 

Di samping itu, sel darah putih yang salah satunya ialah makrofag pun membantu menghancurkan sel-sel tumor, meminimalisir efek samping pemakaian obat antikanker, laksana mual, muntah, dan rambut rontok.


2. Membantu menurunkan desakan darah

Nutrisi jamur maitake bisa menurunkan desakan darah dan peradangan pada hewan. Para berpengalaman cukup yakin efek yang serupa juga dapat dialami manusia. Sayangnya, riset soal khasiat jamur ini guna mengobati hipertensi belum dapat jadi patokan yang tepat.


3. Mengendalikan kolesterol tinggi dan penyakit jantung

Ekstrak bubuk maitake terbukti menambah asam lemak yang baik untuk tubuh dan menurunkan kadar total kolesterol yang tinggi sehingga mengawal pembuluh arteri tetap sehat. Dengan begitu, risiko penyakit jantung dampak kolesterol tinggi juga semakin jauh dari Anda.


4. Mendukung penyembuhan diabetes

Jamur maitake meminimalisir risiko terjadinya resistensi insulin saat tubuh tidak berhasil  merespon insulin dengan benar pada tikus. Ini mengindikasikan adanya potensi jamur guna mengobati diabetes.


5. Menurunkan berat badan

Kandungan serat dan dan rendah kalori dari jamur maitake, dapat membuat kita kenyang lebih lama sehingga meminimalisir asupan makanan yang tinggi lemak serta kalori. Karena itu, berat badan juga menurun lebih cepat daripada bila Anda memilih makanan yang tinggi kalori laksana daging berlemak.

0 Post a Comment:

Follow by Email