Monday, May 21, 2018

Samosa

samosa,www.healthnote25.com
samosa - www.healthnote25.com 




 Samosa, samsa (bahasa Kirgiz: самса and bahasa Kazak: самса, IPA: [sɑmsɑ́], bahasa Punjabi: Samasa,bahasa Hindi: Samusa) atau somsa (Uzbek: somsa, IPA: [sɒmsá]) ialah pastri goreng berbentuk segitiga. 

Isi berupa kentang rebus berbumbu rempah-rempah dibaur kacang kapri, bawang bombay, daun ketumbar, dan kadang-kadang paneer. Makanan ringan  ini populer di Asia Tengah, Asia Selatan, Malaysia, Singapura, dan Semenanjung Arab.

samosa,www.healthnote25.com
samosa - www.healthnote25.com


Samosa vegetarian khas India diciptakan dari terigu (tepung maida), kentang, bawang bombay, rempah-rempah, dan cabai hijau. Bawang bombay digantikan asafetida (hing) untuk  orang yang pantang bawang. 


Samosa dimakan dengan saus cocol berupa chutney, sepert  chutney daun mint, chutney daun ketumbar, atau chutney asam jawa. Versi nonvegetarian mengandung daging cincang (keema) atau kadang-kadang daging ikan. Di Asia Tengah, isi berupa daging domba dan bawang bombay, labu, atau kentang.


Nama samosa berasal dari bahasa Persia sanbosag. Sebutan lain untuknya di sekian banyak  negara pun berakar dari kata yang sama: sambusac(sanbusak) yang berbentuk bulan sabit, sanbusaj di negara-negara berbahasa Arab, sambosa di Afganistan, samboosa di Tajikistan, samsa di negara-negara bahasa Turki, sambusa di sejumlah wilayah di Iran, dan chamuça di Goa dan Portugal.

0 Comments: