Monday, May 21, 2018

, , , , , , , , , , , , , ,

Sapo Tahu


 
sapo-tahu,www.healthnote25.com
sapo tahu - www.healthnote25.com
 Sapo tahu ialah salah satu jenis masakan yang berasal dari Tiongkok. Sapo tahu ini tadinya dikenal sebagai masakan untuk para vegetarian sebab bahan-bahannya tidak memakai daging atau ikan, melainkan melulu sayur dan rempah-rempah. 


Namun, pertumbuhan selanjutnya, ada evolusi pada masakan sapo tahu dengan masuknya bahan-bahan laksana udang, ikan, dan daging. Dalam acara-acara pesta, sapo tahu termasuk sebagai hidangan pembuka.


Nama sapo berasal dari pemakaian panci sapo atau claypot yang dipakai untuk memasak hidangan ini. Claypot berbeda  dengan mangkok lainnya sebab terbuat dari bahan keramik. Keunggulannya bisa menyimpan panas lebih lama dibanding panci biasa sampai-sampai hidangan dapat tetap hangat sampai tetes terakhir. 


Sapo memiliki banyak  jenisnya seperti  sapo tahu, sapo seafood, sapo ayam, dan lain-lain. Sapo seringkali langsung dimasak dalam claypot dengan memakai egg tofu alias tahu tiongkok yang bertekstur halus dan lembut. Agar tofu tak hancur mesti digoreng terlebih dahulu.


Beberapa bahan yang dibutuhkan dalam penciptaan sapo tahu antara lain  tahu jepang, jamur merang, wortel, sawi putih, bakso ikan, daging ayam, daun bawang, seledri, bawang bombay, bawang putih, cabe merah, saus tiram, kecap ikan, kaldu ayam, minyak wijen, dan tepung maizena.

sapo-tahu,www.healthnote25.com


Di sejumlah restoran, sapo tahu disajikan dengan sangat unik di atas mangkuk keramik khas Tiongkok. Hal ini bertujuan supaya sapo tahu tetap terjaga kehangatannya agar tetap nikmat dicicipi saat masih hangat.

0 Post a Comment:

Follow by Email