Sunday, May 20, 2018

Mual

mual,www.healthnote25.com
mual - www.healthnote25.com



Mual adalah perasaan tidak menyenangkan yang ada sebelum muntah. Ini biasa disertai berkeringat, bertambahnya air liur, dan kontraksi ritmisn otot-oto dinding perut. Dalam sumber lain Mual adalah suatu kondisi di mana seseorang mempunyai perasaan yang menekan dan tidak nyaman sebelum muntah, tetapi tidak selalu menyebabkan muntah.


Mual setelah makan bisa disebabkan karena berbagai keadaan, misalnya sehabis makan makanan tertentu. Hal ini bisa terjadi baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Muntah, yang biasanya mengikuti mual, adalah tindakan tidak terkontrol dan merupakan semburan hebat isi perut. Ini terjadi jika otot sfingter di bagian bawah esofagus melemas dan otot-otot dinding perut mendadak mengerut menekan lambung.


Mual dihasilkan oleh rangsang sekelompok sel saraf dalam tak, disebut pusat muntah. Jika rangsangan cukup hebat, mual akan diikuti oleh muntah. Kadang-kadang merasa mual adalah hal yang tidak perlu dikhawatirkan. 


Namun, bila sering mual atau berkali-kali mual tanpa alasan yang jelas harus mencari bantuan medis. Pada banyak kasus, mual kadang tidak perlu diobati. Namun, jika mual terus dirasakan atau diikuti gejala-gejala lain, seperti rasa sakit atau penurunan berat badan, penting bagi penderita untuk berkonsultasi dengan dokter.

mual,www.healthnote25.com
mual - www.healthnote25.com


Juga penting untuk menemukan penyebab mual dan muntah. Pada banyak kasus, seperti masa hamil atau mabuk perjalanan, penyebabnya jelas. Namun, ada penyebab lain untuk mual yang sering. Kadang-kadang mual adalah satu-satunya gejala langsung kondisi yang membahayakan. Sejumlah kondisi yang menyenangkan dapat menyebabkan mual, salah satu yang paling sering adalah kebanyakan makan.



0 Comments: