Sunday, May 20, 2018

Audiologi



audiology,www.healthnote25.com

Audiologi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari segala hal tentang indra pendengaran, yaitu tentang cara mengukur kepekaan, sebab-sebab yang menimbulkan gangguan, dan cara mengatasi gangguan itu.

 Audiologi berkonsentrasi pada diagnosa, penanganan, dan pencegahan penurunan fungsi pendengaran yang mengakibatkan pusing dan ketidakseimbangan tubuh bagi individu dari semua umur.

Dalam dunia kedokteran Audiologi termasuk dalam bagian THT atau Telinga, Hidung dan Tenggorokan. Gangguan pendengaran konon termasuk gejala yang masih banyak muncul dan diderita oleh rakyat Indonesia secara umum, yang masih bisa disebut sebagai penyakit rakyat.

Gangguan pendengaran bisa disebabkan oleh dua hal, yaitu sebab internal dan sebab eksternal. Yang disebut sebab internal misalnya, gangguan pendengaran yang disebabkan oleh genetika, yang dalam bahasa populernya dikenal dengan sebab keturunan. Gejala kelainan ini biasanya sudah ada sejak baru lahir atau sejak masa bayinya.

Bisa terjadi ayah dan ibu si bayi pendengarannya normal, namun secara genetika mereka punya bibit ketulian, sehingga bayinya menderita gangguan pendengaran berat. Sedang sebab eksternal bisa diakibatkan oleh keadaan-keadaan yang berkaitan dengan kemajuan ilmu dan teknologi. Misalnya orang yang bekerja di pabrik-pabrik atau pusat industri yang ribut dan bising.




sumber

0 Comments: