Thursday, May 3, 2018

Manfaat Kopi Hijau Bagi Kesehatan



manfaat-kopi-hijau-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat kopi hijau bagi kesehatan - www.healthnote25.com


             Masyarakat Indonesia telah tidak asing lagi dengan kopi. Hampir seluruh lapisan masyarakat khususnya laki-laki tidak bisa lepas dari kopi saat sedang ‘nongkrong’ ataupun sebagai minuman saat santai. 

Kopi lebih dulu populer di negara Arab di Laut Merah, tetapi kopi pun tumbuh subur di Indonesia. Indonesia sebagai negara tropis sangat menyokong tumbuhnya tumbuhan kopi dan menghasilkan sejumlah jenis kopi yang nikmat. 

Ada sekian banyak  macam kopi yang terdapat di Indonesia. Jenis kopi dipisahkan dari wilayah tumbuhnya dan jenis kopi. Pengolahan dan teknik penyajian kopi yang bertolak belakang juga akan membuat cita rasa kopi yang berbeda. Di samping itu, ada pun kopi hijau atau green coffee yang sekarang pun sedang marak dikalangan penyuka kopi.

Perbedaan Kopi Hijau Dengan Kopi Biasa

manfaat-kopi-hijau-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat kopi hijau bagi kesehatan - www.healthnote25.com


Keberagaman jenis kopi dan teknik pengolahannya bakal memperkaya cita rasa kopi. Kopi berasal dari biji kopi yang seringkali dipanggang atau disangrai sebelum diubah menjadi bubuk kopi. 


Namun, kini ini sedang marak adanya kopi hijau atau green coffe. Kopi hijau sebetulnya sama dengan jenis biji kopi pada umumnya, yang memisahkan kopi hijau dengan kopi biasa ialah cara pengolahannya. 

Kopi pada lazimnya dipanggang sebelum dijadikan bubuk supaya kopi bisa diseduh. Sedangkan kopi hijau adalahjenis kopi yang diubah tanpa melewati proses panggang ataupun sangrai.

Pembuatan kopi hijau melewati proses roasting. Proses roasting sendiri ialah proses dimana biji kopi dipanaskan dalam suhu tertentu dengan memakai mesin roasting. Mesin roasting bisa berputar secara terus menerus dengan otomatis sampai-sampai dapat menangkal biji kopi guna hangus. 

Tujuan pengolahan dengan proses roasting pada kopi yaitu untuk mengurangi tingkat keasaman pada kopi. Mengolah kopi dengan proses roasting pun dapat menghilangkan rasa pahit pada biji kopi. 

Pengolahan biji kopi melewati proses roasting pun bertujuan untuk mengawal kandungan asam klorogenat yang terdapat di dalam kopi. Mengolah kopi dengan teknik panggang atau sangrai dapat meminimalisir kandungan asam klorogenat pada kopi.


Kandungan Dalam Kopi Hijau

Kandungan yang ada di dalam kopi hijau sebenarnya nyaris sama dengan biji kopi bubuk pada umumnya. Kandungan utama pada kopi ialah kafein. Di samping itu, kopi hijau pun berisi kandungan lain laksana protein, asam amino, asam klorogenat, mineral, karbohidrat, lipid dan kandungan vitamin. 

Yang sangat memisahkan kandungan kopi hijau dengan kopi biasa yaitu kadar asam klorogenat dari kedua jenis kopi ini. Kandungan asam pada kopi hijau pun lebih rendah, sampai-sampai aman diminum tanpa efek samping pada lambung.


Manfaat Kopi Hijau

Nama kopi hijau sendiri dipungut dari warna biji kopi yang tetap masih hijau sesudah proses roasting yang sudah dilakukan. Kopi hijau diandalkan  memiliki sekian banyak  manfaat, diantaranya:

Meningkatkan Metabolisme

Metabolisme dalam tubuh mesti selalu dipertahankan dan ditingkatkan supaya tubuh tetap terjaga kesehatannya. Menjaga dan menambah metabolisme dapat dilaksanakan dengan terpenuhinya antioksidan dalam tubuh. 

Antioksidan ini dapat didapatkan dari meminum kopi hijau. Kandungan asam chlorogenat pada kopi hijau dapat merangsang tubuh guna memproduksi antioksidan secara alami. Antioksidan yang didapat dari asam chlorogenat dalam kopi hijau, dapat membantu mengawal dan menambah metabolisme dalam tubuh. 

Dengan metabolisme yang terjaga dan meningkat, proses pembakaran dalam tubuh bisa terjaga, sampai-sampai kesehatan tubuh pun dapat terjaga dan bertambah pula.


Membantu Mengurangi Lemak Tubuh

Kopi hijau mempunyai kandungan mineral dan vitamin di dalamnya. Kedua kandungan dalam kopi hijau ini pun dapat menolong meningkatkan metabolisme tubuh. Peningkatan metabolisme tubuh ini dapat menolong proses pembakaran lemak dalam tubuh. 

Pembakaran lemak dengan mengkonsumsi kopi hijau lebih efektif dan lebih cepat dikomparasikan jenis kopi lainnya. Membakar lemak dengan meminum kopi hijau secara teratur lebih ampuh dalam merunkan lemak. 

Dengan pembakaran lemak yang lebih cepat dan lebih ampuh ini, berarti dapat menghanguskan lemak lebih optimal. Pembakaran lemak yang dilangsungkan cepat dapat menolong mengurangi lemak dan menurunkan berat badan dengan cepat pula. Meminum kopi hijau dengan diimbangi olahraga yang cukup, pun sangat baik untuk mengawal lemak dan berat badan tubuh supaya lebih terkontrol.

Mengurangi Kolesterol Jahat

Kolesterol adalahmusuh terbesar dalam tubuh. Kolesterol bisa masuk ke dalam aliran darah, dan mengganggu darah dalam aliran darah tersebut. Kolesterol pun dapat menyumbat pembuluh darah, sampai-sampai aliran darah bisa terhenti dan menyebabkan munculnya sejumlah penyakit. 

Tersumbatnya aliran darah dapat mengakibatkan stroke, jantung dan sejumlah penyakit riskan lainya. Aliran darah yang normal, pun akan menciptakan tubuh sehat dan normal. Bagi menurunkan kadar kolesterol dalam tubu, dapat dilaksanakan dengan menghindari makanan yang berisi kolesterol dan menggandakan minum air putih. 

Sedangkan untuk meminimalisir kolesterol saat kadar kolesterol telah terlanjur tinggi, dapat dilaksanakan dengan meminum kopi hijau. Berdasarkan keterangan dari penelitian yang pernah dilakukan, meminum kopi hijau secara tertata dapat meminimalisir kadar kolesterol dalam darah.

Mengandung Antioksidan

Kopi hijau berisi asam chlorogenat yang dapat memicu pembentukan antioksidan alami dalam tubuh. Di samping antioksidan hasil dari asam chlorogenat, kopi hijau sendiri pun mempunyai kandungan antioksidan yang paling kaya. 

Antioksidan yang terdapat dalam kopi hijau dapat menolong tubuh dalam menggantikan sel tubuh yang rusak diakibatkan oleh adanya radikal bebeas yang menyerang tubuh. Di samping itu, kandungan antioksidan dalam tubuh pun dapat menolong menurunkan dan mengawal kadar gula darah supaya tidak terlalu tinggi atau terlampau rendah. 

Secara umum, dengan adanya kandungan antioksidan yang tinggi dan antioksidan dalam tubuh terpenuhi, maka kesehatan tubuh bakal tetap terjaga dan terhindar dari sekian banyak  jenis penyakit, termasuk sejumlah jenis penyakit yang berbahaya.


Menyeimbangkan Tekanan Darah

Tekanan darah dalam tubuh mesti diseimbangkan supaya tidak terlampau rendah dan pun tidak terlalu tinggi. Tekanan yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan terjadinya hipertensi. Apabila telah terkena hipertensi, maka akan gampang terkena penyakit laksana stroke dan sejumlah penyakit lainnya. 

Bahkan, desakan darah yang paling tinggi dapat menciptakan pembuluh darah menjadi pecah dan berujung pada kematian. Untuk menangkal terjadinya hipertensi bisa dengan meminum kopi hijau secara berkala. Jika kopi hitam dapat menambah teanan darah menjadi tinggi, kopi hijau sebaliknya, yaitu dapat menurunkan desakan darah tinggi.

Mengatasi Penyakit Alzheimer

Kopi hijau diandalkan  efektif untuk menanggulangi penyakit alzheimer. Penyakit alzheimer sendiri ialah penyakit kelainan mental bawaan maupun yang diakibatkan karena rusaknya saraf otak. 

Ada sejumlah cara pilihan pengobatan yang dapat dilaksanakan untuk menanggulangi alzheimer, salah satunya dengan meminum kopi hijau. Kandungan yang terdapat di dalam kopi hijau diandalkan  dapat menanggulangi penyakit alzheimer.

Menangkal Radikal Bebas

Kopi hijau diubah dengan proses roasting, bukan disangrai. Pengolahan dengan proses roasting pada kopi dapat mengawal kadar asam chlorogent dalam biji kopi supaya tidak hilang sekitar proses pengeringan biji kopi. 

Kandungan asam chlorogent berikut yang dapat menolong tubuh dalam mencegah radikal bebas dengan efektif. Jika tubuh terhindar dari radikal bebas, maka kesehatan kulit bakal terjaga dan dari penuaan dini.

Mengatasi Resistensi Insulin

Kekurangan insulin akan mengakibatkan penyakit diabetes. Insulin tidak melulu akan menjaid masalah saat produksinya berkurang, namun pun akan menjadi masalah saat hormone yang diproduksi oleh kelenjar pankreas itu mengalami kehancuran atau biasa dinamakan dengan resistensi insulin. 

Resistensi insulin dapat mengakibatkan gangguan pada proses pengolahan energi dari gula. Gula yang seharusnya dapat diubah menjadi energi, menjadi tidak dapat diubah disebabkan sebab adanya kehancuran pada insulin.


Mencegah Kanker

Kopi hijau mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Zat asam chlorogent yang terdapat di dalam kopi hijau pun sangat efektif dalam mencegah radikal bebas. Makanan yang berisi antioksidan tinggi dan dapat mencegah radikal bebas dapat menangkal kanker berkembang di tubuh manusia. Selain menangkal sel kanker berkembang ke semua tubuh, kopi hijau pun dapat menangkal timbulnya bibit kanker pada tubuh manusia.

Mengatasi Diabetes

Biji kopi hijau mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan dalam kopi hijau dapat mengurangi dan menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Berkurangnya kadar gula darah ini, dapat menangkal terjadinya penyakit diabetes mellitus atau biasa dinamakan diabetes. 

Pencegahan dan pengobatan penyakit diabetes mesti cepat dilakukan, sebab penyakit diabetes dapat menciptakan luka yang dirasakan oleh penderita diabetes bisa bertahan lebih lama dan memperparah luka yang terdapat dalam tubuh. 

Luka yang diakibatkan karena tingginya kadar gula dalam darah dapat mengakibatkan bagian tubuh diamputasi. Untuk menangkal terjadinya urusan tersebut, meminum kopi hijau bisa menjadi salahsatu pilihan pengobatan alami, sebab kopi hijau bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.


Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

manfaat-kopi-hijau-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat kopi hijau bagi kesehatan - www.healthnote25.com

Kopi hijau mempunyai kandungan GABA. Dimana kandungan ini diandalkan  dapat mengawal kesehatan kulit dan menangkal terjadinya penuaan dini. Penuaan dini yang terjadi terlebih pada wanita, dapat meminimalisir rasa percaya diri pada penampilan. 

Bagi itu, supaya penampilan tetap terjaga, masalah penuaan dini pada wajah mesti diatasi. Salah satu teknik yang dapat dilaksanakan yakni dengan meminum kopi hijau secara berkala.

Menekan Rasa Lapar
manfaat-kopi-hijau-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat kopi hijau bagi kesehatan - www.healthnote25.com

Jika jenis kopi hitam biasa dapat menciptakan mudah merasa lapar, meminum kopi hitam justeru dapat mengurangi rasa lapar. Efek yang dimunculkan oleh rasa lapar yang bisa ditekan ini yaitu secara tidak langsung bisa menurunkan berat badan. 


Oleh sebab itu, untuk yang hendak mempunyai berat badan yang terjaga, bisa meminum kopi hijau secara berkala. Dengan meminum kopi hijau, rasa lapar bisa ditekan sampai-sampai porsi makan pun akan berkurang. Dengan demikian, tidak tidak sedikit lemak dan makanan yang masuk kedalam tubuh meningkatkan berat badan.

0 Comments: