Thursday, May 3, 2018

, , , , , , , , , ,

Kopi Arabika



kopi-arabika,www.healthnote25.com
kopi arabika - www.healthnote25.com


                Kopi Arabika (Coffea arabica) diperkirakan kesatu kali diklasifikasikan oleh seorang ilmuan Swedia mempunyai nama Carl Linnaeus (Carl von LinnĂ©) pada tahun 1753. Jenis Kopi yang mempunyai kandungan kafeina sebasar 0.8-1.4% ini tadinya berasal dari Brasil dan Etiopia. 

Arabika atau Coffea arabica adalah Spesies kopi kesatu yang ditemukan dan dibudidayakan manusia sampai sekarang. Kopi arabika tumbuh di wilayah di elevasi 700–1700 m dpl dengan suhu 16-20 °C, beriklim kering tiga bulan secara berturut-turut.
kopi-arabika,www.healthnote25.com
kopi arabika - www.healthnote25.com


Jenis kopi arabika paling rentan terhadap serangan penyakit karat daun Hemileia vastatrix (HV), khususnya bila ditanam di wilayah dengan ketinggian kurang dari 700 m, sehingga dari sisi perawatan dan pembudayaan kopi arabika memang perlu perhatian lebih dibanding kopi Robusta atau jenis kopi lainnya. Kopi arabika ketika ini sudah menguasai mayoritas pasar kopi dunia dan harganya jauh lebih tinggi daripada jenis kopi lainnya.

kopi-arabika,www.healthnote25.com
kopi arabika - www.healthnote25.com



 Di Indonesia saya dan anda bisa menemukan mayoritas perkebunan kopi arabika di wilayah pegunungan toraja, Sumatera Utara, Aceh dan di sejumlah daerah di pulau Jawa. Beberapa varietas kopi arabika memang sedang tidak sedikit dikembangkan di Indonesia antara beda kopi arabica jenis Abesinia, arabika jenis Pasumah, Marago, Typica dan kopi arabika Congensis.

0 Post a Comment:

Follow by Email