Thursday, May 3, 2018

Singkong



singkong,www.healthnote25.com
singkong - www.healthnote25.com


Umbi-umbian Singkong dengan nama latin Manihot esculenta adalahtumbuhan jenis umbi akar atau akar pohon yang panjang jasmani rata-rata bergaris tengah 2-3 cm dan panjang 50-80 cm, tergantung dari jenis singkong yang ditanam. Daging umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan.

Ketela pohon , atau yang lebih dikenal dengan Singkong atau ubi kayu, adalahpohon tahunan tropika dan subtropika dari family Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.

singkong,www.healthnote25.com
singkong - www.healthnote25.com


Umbi singkong tidak tahan ditabung meskipun di tempatkan di lemari pendingin. Gejala kehancuran ditandai dengan keluarnya warna biru gelap dampak terbentuknya asam sianida yang mempunyai sifat racun untuk manusia.

Klasifikasi tumbuhan ketela pohon ialah sebagai berikut:
Kingdom : Plantae atau tumbuh-tumbuhan
Divisi : Spermatophyta atau tanaman berbiji
Sub Divisi: Angiospermae atau berbiji tertutup
Kelas : Dicotyledoneae atau biji berkeping dua
Ordo : Euphorbiales
Famili : Euphorbiaceae
Genus : Manihot
Spesies : Manihot utilissima Pohl.; Manihot esculenta Crantz sin.

Tumbuhan singkong (Manihot esculenta) adalah tumbuhan yang dapat dipakai sebagai obat alternative di samping sebagai sayuran atau makanan yakni sebagai yakni obat rematik, sakit kepala, demam, luka, diare, cacingan, disentri, rabun senja, beri-beri, bisul, dan dapat meningkatkan stamina.


Kandungan Singkong dan Daun Singkong
singkong,www.healthnote25.com
singkong - www.healthnote25.com

Berdasarkan keterangan dari Prof. Hembing Wijayakusuma, pakar tumbuhan obat efek farmakologis dari singkong ialah sebagai antioksidan, antikanker, antitumor, dan meningkatkan napsu makan. Bagian yang umum digunakan pada tumbuhan ini ialah daun dan umbi.

Umbi singkong mempunyai kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C, dan amilum. Daun singkong berisi vitamin A, B1 dan C, kalsium, kalori, forfor, protein, lemak, hidrat arang, dan zat besi. Sementara kulit batang, berisi tannin, enzim peroksidase, glikosida, dan kalsium oksalat.

Karena kandungannya itulah tumbuhan singkong semenjak zaman dahulu dijadikan sebagai tumbuhan obat pilihan untuk mengatasi sekian banyak  keluhan penyakit.

0 Comments: