Sunday, May 13, 2018

Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan Tubuh


 
manfaat-ikan-lele-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat ikan lele bagi kesehatan tubuh - www.healthnote25.com

 Ikan lele adalah salah satu jenis ikan yang paling banyak digemari masyarakat Indonesia. Baik anak-anak sampai orang dewasa banyak menyukai ikan jenis ini sebab mempunyai rasa yang khas dan gampang diolah. Untuk Anda yang gemar mengonsumsi ikan ini, simak manfaat  ikan lele untuk kesehatan tubuh dalam tulisan ini.


1. Rendah kalori dan lemak

Dalam 100 gram porsi ikan lele melulu berisi selama 122 kalori dan 6,1 gram lemak.

Meski rendah kalori dan lemak, penting untuk Anda untuk menyimak porsi santap sekaligus teknik mengolahnya. Jika tidak, kadar kalori, lemak, serta kolesterol dalam ikan lele malah meningkat.

manfaat-ikan-lele-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat ikan lele bagi kesehatan tubuh - www.healthnote25.com


Untuk menangkal hal tersebut, hindari mengubah ikan lele dengan teknik digoreng. Sebagai gantinya, usahakanlah metode masak dikukus, direbus (dijadikan sup), dihanguskan atau dipanggang. Di samping itu, terdapat baiknya kita memvariasikan opsi lauk pauk Anda masing-masing hari. Semakin bervariasi, semakin kaya dan sebanding pula asupan nutrisi untuk tubuh family Anda.


2. Sumber protein lengkap

Ikan lele berisi protein berbobot | berbobot | berkualitas tinggi sejumlah 15,6 gram dalam tiap ekornya sehingga dapat memenuhi keperluan asam amino yang diperlukan tubuh Anda. Protein berbobot | berbobot | berkualitas tinggi tersebut menolong tubuh Anda membina massa otot tanpa lemak. Tidak melulu itu, kandungan protein dalam ikan lele pun membantu menambah efektivitas faedah kekebalan tubuh Anda.


3. Sumber vitamin B-12

Ikan lele berisi kadar vitamin B-12 yang paling tinggi. Satu ekor ikan lele saja diketahui berisi 40 persen asupan vitamin B-12 yang direkomendasikan masing-masing hari. Sebagai unsur dari vitamin B, vitamin B-12 pada ikan lele sangat urgen untuk menolong memecah makanan yang kita konsumsi sebagai energi. Tidak melulu itu, vitamin yang larut dalam air pun berperan urgen untuk faedah otak, sistem saraf, serta pembentukan darah.


4. Rendah merkuri

Hampir seluruh ikan berisi merkuri. Merkuri ialah sejenis logam berat hasil buangan dari limbah pabrik dan lokasi tinggal tangga. Di dalam air, merkuri pulang menjadi zat yang dinamakan dengan metilmerkuri yang berikatan dengan protein dalam otot ikan.

Jika kita mengonsumsi ikan atau makanan laut lainnya yang berisi merkuri, maka kandungan merkuri dalam daging ikan bakal masuk ke dalam tubuh Anda. Penumpukan merkuri dalam tubuh dalam jangka panjang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan, laksana keracunan merkuri sampai bahkan kehancuran saraf, khususnya pada bayi dan anak-anak.

Kabar baiknya, Environmental Protection Agency menyematkan ikan lele sebagai di antara ikan yang paling banyak dikonsumsi dan rendah merkuri.

Meski demikian, memberi batas konsumsi ikan lele disarankan untuk meminimalisir risiko kita terkena penyampaian merkuri. Terutama bilamana Anda sedang hamil, sebab kadar merkuri yang tinggi bisa membahayakan janin Anda. Pada umumnya, ikan lele aman manfaat  dikonsumsi sejumlah dua hingga tiga kali dalam seminggu.


5. Mengandung asam lemak sehat

Rutin santap ikan lele ialah cara gampang untuk menambah asupan asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam tubuh. Hal ini sebab satu ekor ikan lele meluangkan 220 mg asam lemak omega-3 dan 875 mg asam lemak omega-6. Kedua nutrisi ini berperan dalam kesehatan jantung dan faedah kognitif.

manfaat-ikan-lele-bagi-kesehatan,www.healthnote25.com
manfaat ikan lele bagi kesehatan tubuh - www.healthnote25.com


Meski demikian, riset mengungkap, asam omega 6 bisa memengaruhi proses pembekuan darah dan rentan terhadap proses oksidasi. Karena urusan tersebut, asam omega 6 menambah risiko penggumpalan darah.

Itu sebabnya, manfaat  mengambil manfaat  ikan lele sekaligus mengurangi risikonya, usahakan batasi konsumsi ikan lele sewajarnya saja.

0 Comments: