Sunday, May 13, 2018

UHT


Ultra high temperature atau lebih dikenal UHT ialah metode pengawetan minuman, kebanyakan dipakai pada susu. Ini ialah sebuah pilihan untuk pasteurisasi.

UHT,www.healthnote25.com
UHT - www.healthnote25.com


Metode ini dapat dipakai untuk jus buah , sup kalengan, sup , krim dan cairan lainnya.

Sejauh ini yang sangat umum itu dipakai untuk susu. Susu terlebih dahulu dipanaskan sekitar 2-3 detik di suhu 135 hingga 150° C dan segera didinginkan hingga 4-5° C . 

Waktu pemanasan yang singkat dimaksudkan guna mencegah kehancuran nilai gizi susu serta guna mendapatkan warna, wewangian da rasa yang relatif tidak berubah laksana aslinya. Semua kuman atau mikroorganisme tergolong bakteri patogen (patogen) dihancurkan oleh suhu ultra tinggi. Susu ini dapat disimpan paling tidak enam minggu.

UHT,www.healthnote25.com
UHT - www.healthnote25.com


Ada anggapan bahwa susu UHT lebih baik daripada susu bubuk meskipun urusan ini sebetulnya tidak tepat. Susu bubuk sendiri berasal susu segar yang lantas dikeringkan, umumnya memakai spray dryer atau roller dryer. Secara umum, susu bubuk berisi nutrisi yang sama dengan susu segar sebagai misal kandungan protein dan kalsiumnya yang setara dengan susu segar.



Namun, kandungan sejumlah jenis vitamin (seperti vitamin B dan C) pada susu bubuk memang lebih rendah. Akan namun hal ini bukan masalah sebab proses fortifikasi vitamin dan mineral biasa dilaksanakan guna memastikan kelengkapan nutrisi pada produk akhir susu bubuk. 

Susu bubuk pun memiliki kelebihan dalam hal usia simpan yang panjang (hingga 1 tahun andai kondisi penyimpanan baik) dan lebih gampang ditransportasikan. susu bubuk.

Kelebihan susu UHT dibandingkan yang lain adalah:

  • aman guna dikonsumsi, sebab telah bebas dari mikroba pembusuk dan mikroba penyebab penyakit,
  • mempunyai warna, rasa dan penampakan yang serupa susu sapi segar,
  • susu bersifat tahan lama dan tanpa bahan pengawet,
  • sangat praktis guna dikonsumsi dan tidak memerlukan kulkas,
  • berisi zat gizi yang paling bermanfaat untuk pemeliharaan kesehatan tubuh yang optimal


0 Comments: