Wednesday, May 2, 2018

Kari



kari,www.healthnote25.com
kari - www.healthnote25.com

           Kari atau yang dikenal di Indonesia: Kare ialah nama untuk sekian banyak  jenis hidangan berkuah yang dimasak dengan rempah-rempah sampai mempunyai cita rasa tajam dan pedas. Kari berasal Asia Selatan, khususnya dari India yang sudah meluas ke semua negara di area Asia Pasifik dan Eropa.

Bumbu dan rempah-rempah yang dipakai untuk menciptakan kari sangat pelbagai dan tidak terbatas pada ketumbar, kunyit, merica, cabai, bubuk paprika, jintan, kayu manis, kapulaga, bunga lawang, kelabet, adas manis, daun salam koja, dan cengkeh. 

Jenis rempah-rempah yang dipakai bergantung jenis kari dan negara asal masakan. Bubuk kari (curry powder) atau masala ialah campuran dari sekian banyak  jenis bumbu dan rempah yang kesatu kali diciptakan oleh orang Inggris pada zaman Kemaharajaan Britania sebab rindu dengan kari India.

Dalam bahasa-bahasa Dravida, kari berarti sayuran dalam saus atau saus. Kata kerja karughi dalam bahasa Tamil berarti menggoreng dengan minyak tidak sedikit (atau membakar). 

Dalam bahasa Kannada, kari pun menggoreng atau hidangan gorengan. Dalam beberapa bahasa-bahasa India Selatan, kari secara harfiah berarti lauk (berbagai macam masakan sayuran dan daging) yang dimakan bareng nasi atau roti. 

Di negara-negara Barat, curry sudah menjadi kosakata bahasa Inggris untuk seluruh jenis masakan khas Asia Selatan dan Asia Tenggara yang dimasak dengan sekian banyak  rempah-rempah.

kari,www.healthnote25.com
kari - www.healthnote25.com


Kepopuleran kari sudah menyebar dari anak benua India ke dalam khazanah masakan dunia. Setiap negara mempunyai jenis kari khas yang dicocokkan dengan selera orang di negara itu. Kari sudah menjadi makanan dunia, dan diadopsi ke dalam masakan Thailand, masakan Inggris, dan masakan Jepang.

0 Comments: