Wednesday, May 2, 2018

, , , , , , , , , , , ,

Terasi


 
terasi-www.healthnote25.com
terasi - www.healthnote25.com





 Terasi atau belacan ialah bumbu masak yang diciptakan dari ikan dan/atau udang rebon yang difermentasikan, berbentuk laksana adonan atau pasta dan berwarna hitam-coklat, kadang diperbanyak dengan bahan pewarna sampai-sampai menjadi kemerahan. 

Terasi adalah bumbu urgen di area asia tenggara dan china selatan. Terasi mempunyai bau yang tajam dan seringkali digunakan untuk menciptakan sambal terasi, tetapi pun ditemukan dalam sekian banyak  resep tradisional Indonesia.

Di Malaysia, kadang-kadang belacan dihanguskan untuk lebih enak tetapi ingin menimbulkan bau yang tajam.

Di wilayah Bangka, ada sejumlah daerah yang eksklusif menjadi penghasil belacan yang terkenal laksana Toboali, Bangka Selatan. Pembuatannya dengan teknik udang rebon dipungut nelayan dari laut, lantas langsung direbus di pinggir pantai, sesudah matang, ditumbuk dan dibaur garam memakai lesung kayu, dijemur kembali supaya kadar airnya rendah, lantas ditumbuk pulang sampai dapat dibentuk, yang jadi ciri khas format terasi.

terasi,www.healthnote25.com
terasi - www.healthnote25.com




Di Malaysia, bumbu masak ini dinamakan belacan, dan di Thailand dinamakan kapi. Di Indonesia, terasi tidak jarang dikaitkan dengan sejarah berdirinya kota Cirebon yang ditilik dari penamaannya dalam bahasa Sunda yang berupa lakuran dari kata ci (air) dan udang rebon.

0 Post a Comment:

Follow by Email