Wednesday, May 23, 2018

Bingka



bingka - www.healthnote25.com

 Bingka  ialah kue yang menjadi ciri khas Suku Banjar, Kalimantan Selatan. Rasanya paling manis, lemak, dan lembut. Bingka adalahsalah satu kue yang digunakan dalam tradisi Banjar guna menyajikan 41 jenis kue guna acara-acara istimewa seperti  pernikahan. Meski bisa ditemukan sepanjang tahun, bingka menjadi primadona pada bulan Ramadhan sebab dianggap sesuai berbuka puasa.


Bingka diciptakan dari bahan-bahan sebagai berikut: tepung terigu, telur, santan, gula pasir, dan garam. Sebagai kelaziman, bingka dipanggang dengan cetakan berbentuk bunga. Ada bermacam-macam perisa bingka laksana bingka tapai, bingka kentang, bingka labu, bingka pandan, dan lain sebagainya.


Di samping itu, terdapat jenis bingka lain yang menjadi kesayangan orang Banjar dalam bulan puasa, yaitu "bingka barandam" yang sebetulnya agak berbeda cara pembuatannya.


bingka-www.healthnote25.com



Di samping menjadi kue khas Suku Banjar, bingka pun terkenal di provinsi-provinsi tetangga seperti  Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah, bahkan ke mancanegara seperti Malaysia dan Brunei Darussalam.

0 Comments: