Wednesday, May 2, 2018

Bakwan

bakwan,www.healthnote25.com
bakwan - www.healthnote25.com


             Bakwan ialah makanan gorengan yang tercipta dari sayuran dan tepung terigu yang lazim ditemukan di Indonesia. Bakwan seringkali merujuk untuk kudapan gorengan sayur-sayuran yang biasa dipasarkan oleh penjual keliling gorengan.

Bahannya terdiri dari taoge, irisan kubis (kol) atau irisan wortel, dibaur dalam adonan tepung terigu dan digoreng dalam minyak goreng yang lumayan banyak. Di Jawa Barat bakwan dinamakan 'bala-bala'. Bakwan serupa dengan masakan Jepang yasai tenpura (tempura sayur).

Bakwan sebetulnya berasal dari Cina yang tampak jelas pada kata Bak () yang berarti Daging. Hal ini serupa dengan makanan beda yang mempunyai asal yang sama laksana Bakpao (Roti isi Daging), Bakso (Bola Daging), Bakmi (Mie Daging), Bakpia (Kue daging kacang hijau), Bacang (Makanan Daging Cacah).

Pada ketika terjadi perniagaan dan pertukaran kebiasaan di Indonesia, resep makanan juga saling berbaur sehingga memprovokasi masakan tradisional ketika itu. pemakaian kata Bak sendiri sampai kini masih digunkan meskipun Bakwan bukan lagi mengandung daging / udang.

Ada pun pendapat bahwa Bakwan ialah nama beda dari Bakso, andai dipahami makna kata "bak" ialah daging sementara "wan " berarti bulat jadi Bakwan dengan kata lain daging bulat. sementara Bakso makna kata pada "bak" ialah daging dan "so" ialah dibuat bulat. Jadi Bakso dengan kata lain daging yg sedang diciptakan bulat. 


Contohnya pemakaian kata bakwan guna bakso ialah Bakwan Malang. Mereka berasumsi penyebutan kata Bakwan pada gorengan bala bala tsb ialah salah kaprah yg lama dipakai oleh masyarakat.

0 Comments: